Sab­tu, 10 Juni 2023 bedah buku dan pam­er­an arsip atas nama tanah pakel diadakan secara kolab­o­ratif oleh Gigiberkawant dan Puputan Pakel Com­mit­tee (PPC) di Gutuhaus, Boy­olan­gu Tulungagung.

Pam­er­an arsip men­gu­las kro­nik per­juan­gan war­ga Pakel dalam mere­but hak atas tanah­nya. Ada­pun poster tun­tu­tan untuk mem­be­baskan petani Pakel, mengin­gat ada banyak kasus krim­i­nal­isasi ter­hadap petani Pakel.

Pam­er­an arsip dan Bedah buku yang dilakukan secara kolab­o­ratif ini meru­pakan upaya untuk mengin­gatkan dan menum­buhkan tekad sol­i­dar­i­tas kita ter­hadap per­juan­gan war­ga Pakel.

Buku den­gan judul “Atas nama tanah Pakel” ini dis­usun oleh Puputan Pakel Com­mit­tee (PPC) bersama petani yang ter­gabung dalam Rukun Tani Sum­bere­jo Pakel. Men­gu­las sejarah per­juan­gan war­ga Pakel yang ham­pir mema­su­ki 1 abad. Ter­catat, mulai dari zaman Pemer­in­ta­han kolo­nial Belan­da, adanya surat izin mem­bu­ka lahan pada “akta 1929” hing­ga pada tahun 2023 war­ga Pakel tetap mem­per­juangkan hak atas tanahnya.

Acara ini dalam rang­ka men­gu­las sejarah per­juan­gan war­ga pakel, agar masyarakat mema­ha­mi bagaimana per­juan­gan war­ga pakel dalam mem­per­juangkan hak atas tanah­nya. Pun beta­pa pent­ingnya arsip sejarah seba­gai basis per­juan­gan war­ga Pakel.

Penulis: Dafa
Fotografer: Haidar, Vidya
Redak­tur: Danu