Tulun­ga­gung (25/3), ram­pung sudah per­he­la­tan akbar Dekan Febi Cup 2017. Fut­sal Com­pe­ti­tion yang diadakan oleh Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis Islam (DEMA FEBI) IAIN Tulun­ga­gung menawarkan hadi­ah jutaan rupi­ah dan trofi juara. “Hadi­ah (uang pem­bi­naan, red) dan trofi”, tegas Indra, ket­ua Dema Febi saat ditanya hadi­ah kom­petisi fut­sal tersebut.

Dekan Febi Cup 2017 meru­pakan kom­petisi fut­sal ked­ua yang diadakan oleh Dema Febi. Edisi sebelum­nya dan yang per­ta­ma kali adalah Dekan Febi Cup 2016, yang dis­e­leng­garakan oleh Dema Febi peri­ode 2015/2016.

Pihak Fakul­tas sendiri san­gat men­dukung event ini. “Iya, men­dukung dan mem­berikan izin, dukun­gan penuh”, ujar Indra meyakinkan kami saat ditanya terkait dukun­gan pihak fakultas.

Ani­mo maha­siswa ter­hadap penye­leng­garaan Dekan Febi Cup 2017 cukup ting­gi. Ter­buk­ti banyaknya jum­lah peser­ta yang berpar­ti­sisi­pasi men­ca­pai 29 tim. Tidak hanya peser­ta dari dalam IAIN Tulun­ga­gung saja, peser­ta dari kam­pus luar turut ambil bagian dalam per­he­la­tan tersebut.

Jum­lah tim 29. Peser­ta dari Uni­ta (Uni­ver­si­tas Tulun­ga­gung) dua tim, STKIP (Seko­lah Ting­gi Kegu­ru­an dan Ilmu Pen­didikan) Tulun­ga­gung dua tim, STIKES (Seko­lah Ting­gi Ilmu Kese­hatan) Huta­ma Abdi Husa­da satu tim, STIKES Karya Put­era Bangsa satu tim, STAI (Seko­lah Ting­gi Aga­ma Islam) Muham­madiyah satu tim”, ujar Indra.

Kom­petisi Dekan Febi Cup dilak­sanakan di Sumeleh Fut­sal, Kau­man Tulun­ga­gung. “Lokasinya yang berbe­da”, Indra menun­jukkan perbe­daan Dekan Febi Cup tahun ini den­gan tahun sebelumnya,”tahun ini di Sumeleh Fut­sal Kau­man, tahun lalu di Karang­waru Fut­sal Cen­ter (KFC)”, tambahnya.

Pelak­sanaan Dekan Febi Cup 2017 ber­jalan sela­ma dua hari, ter­hi­tung sejak tang­gal 24 sam­pai 25 Maret 2017. Sis­tem yang digu­nakan dalam kom­petisi adalah sis­tem knock out, jadi sia­pa yang kalah tim terse­but lang­sung gugur.

Pihak pani­tia sendiri mem­berikan atu­ran ‘boleh BON’ untuk menam­bah semaraknya kom­petisi. Seper­ti yang dikatakan Indra, “Kita mem­per­bolehkan apa­bi­la kam­pus undan­gan berpar­tisi­pasi meng­gan­deng maha­siswa luar kam­pus mere­ka, namun masih kam­pus yang ada di Tulungagung.”

Untuk edisi tahun 2017 ini berhasil menelurkan juara baru yakni tim Geron­i­mo B. dis­usul kemu­di­an oleh El Zab­hir seba­gai juara ke dua, dan Akabocu seba­gai juara ke tiga. Geron­i­mo B men­ja­di tim ter­suk­ses dalam kom­petisi kali ini. Selain men­ja­di juara umum, tim Geron­i­mo B juga berhasil menya­bet gelar top­skor pada diri Irfan.

Agen­da Dekan Febi Cup terse­leng­gara cukup suk­ses. Tidak ada kendala berar­ti sela­ma ber­jalan­nya kom­petisi. Hara­pan­nya semoga Dekan Febi Cup tahun men­datang bisa dilak­sanakan kem­bali dan semakin besar. []