Tulun­ga­gung (25/3), Sab­tu sore Kop­erasi Mar­ket (KOPMART) Al-Kaut­sar menyam­but kedatan­gan Kop­erasi Maha­siswa (KOPMA) Amanah dari Seko­lah Ting­gi Kegu­ru­an Ilmu Pen­didikan Per­sat­u­an Guru Repub­lik Indone­sia (STKIP PGRI) Tulun­ga­gung. Kop­ma Amanah meru­pakan Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM) yang berg­er­ak dalam bidang kop­erasi. Kun­jun­gan ini seba­gai stu­di band­ing usa­ha per­baikan Kop­ma Amanah kedepannya.

Anggota Kop­ma Amanah yang bisa dikatakan pasif, men­ja­di pemicu uta­ma dilak­sanakan­nya kun­jun­gan ini. Tries­na Vera Kofia selaku Ket­ua Umum Kop­ma Amanah maha­siswi semes­ter 4 juru­san Pen­didikan Ekono­mi men­erangkan, “Latar Belakang Kop­ma Amanah STKIP Tulun­ga­gung berkun­jung ke Kop­mart Al-Kaut­sar, saya seba­gai ket­ua angkatan tahun ini meli­hat kon­disi kop­ma di STKIP masih belum bisa dita­ta den­gan benar. Keing­i­nan saya itu tanya-tanya ke IAIN bagaimana kepen­gu­ru­san­nya, transaksinya bagaimana, agar Kop­ma Amanah bisa ikut berkembang”

Shar­ing ilmu dan pen­gala­man dim­u­lai pukul 3 sore di ruang foto­copy Kop­mart Al-Kaut­sar Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung. Kun­jun­gan Kop­ma Amanah meru­pakan kali per­ta­ma dilakukan tahun ini. Kun­jun­gan dalam kesem­patan kali ini dihadiri 10 orang, diantaranya 8 pen­gu­rus dan 2 anggota. “… kami berjum­lah 10 orang. masih ada teman-teman pen­gu­rus yang belum datang…”, ujar Palupi Maha­siswi semes­ter 4 juru­san Pen­didikan Ekonomi.

Fedra Arga Ludi­ka, Ket­ua Umum Kop­mart Al-kaut­sar, dalam diskusi men­erangkan bagaimana mem­ana­je­men Kop­mart,” Bah­wasan­nya dalam seti­ap kepen­gu­ru­san memegang bidan­gnya mas­ing-mas­ing. Seper­ti, Bidang Usa­ha, Bidang Pengem­ban­gan Sum­ber Daya Anggota (PSDA), Bidang Lit­bang, dan Bidang Audit”.
“Pen­jad­walan jaga kami mengam­bil jam kosong anggota dan pen­gu­rus untuk men­dampin­gi anggota. Jadi, sebelum­nya kami men­gadakan perte­muan. Untuk pen­catatan transak­si seti­ap harinya, kami mem­bu­at buku yang isinya nama barang, jum­lah, dan har­ga. Sete­lah men­je­lang sore hari pukul 4 itu diadakan rekap hasil pen­ju­lan hari ini” tam­bah Arga.

Forum  diskusi ber­jalan den­gan lan­car dan ter­li­hat begi­tu men­galir. Rekan-rekan Kop­ma STKIP maupun Kop­mart IAIN tak sungkan sal­ing bertukar pen­gala­man dan jaringan.

Hara­pan atas kun­jun­gan ini dap­at men­gin­spi­rasi Kop­ma Amanah mem­u­lai kem­bali mem­per­bai­ki struk­tur kepen­gu­ru­san. Selain dari pada itu, dap­at men­jalin ker­ja sama den­gan Kop­ma Se-Tulun­ga­gung”, ujar Vera menyam­paikan harapan. []

Ania

penyu­ka sas­tra, trav­el­ing, berkhay­al, pengge­mar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).