Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan Insti­tut (PBAK‑I) IAIN Tulun­ga­gung pada Kamis 15 Agus­tus 2019 ber­jalan tak jauh seba­gaimana hari per­dana. Maha­siswa Baru (Maba) sejum­lah 5.521 diba­gi ke dalam 70 kelom­pok, den­gan 138 pen­damp­ing ℗ dan Instruk­tur Pen­damp­ing (IP) ser­ta Koor­di­na­tor Lapan­gan (Kor­lap) sejum­lah 24 anggota. 

Dalam rundown res­mi PBAK IAIN Tulun­ga­gung tert­era, bah­wa pukul 05.00 peser­ta mestinya telah melakukan check-in den­gan cara mengam­bil posisi baris berban­jar. Semen­tara Muniri selaku Wak­il Dekan Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja sama Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Kegu­ru­an (FTIK) men­gatakan, bah­wa peser­ta PBAK cukup datang pukul 05.30 atau 06.00, dikare­nakan semakin lama Maba check-in, jalanan pun semakin padat kendaraan.

Peser­ta PBAK yang mem­bawa sepe­da motor diarahkan ke timur Gedung Pas­casar­jana. Namun, di hari ked­ua peser­ta PBAK lebih memil­ih parkir di area sek­i­tar kam­pus. Hal ini dise­babkan peser­ta men­geluhkan sepe­da yang tidak dap­at diam­bil keti­ka isti­ra­hat, salat, dan makan. Bangk­it Aji selaku bagian kea­manan menam­bahkan, “Iya, dari pani­tia itu memang (sen­ga­ja, red.) keti­ka Isama, jam dua itu tidak bisa kelu­ar. Takut­nya nan­ti peser­ta PBAK tidak kem­bali ke acara PBAK.

Usai check-in, peser­ta diarahkan berbaris sesuai den­gan nomor kelom­pok yang telah diten­tukan dan dilan­jutkan den­gan sara­pan. Ada­pun menu PBAK hari ked­ua adalah “makanan para pejuang kemerdekaan” yakni nasi jagung, ikan asin, urap-urap, dan sambal. 

Sete­lah itu, peser­ta diarahkan untuk mem­per­oleh den­gan tema kebangsaan dan kema­ha­siswaan. Mila­tus Sholi­hah selaku P men­je­laskan, bah­wa Dis­cus­sion Small Group (DSG) bertem­pat di Gedung Sai­fud­din Zuhri bagi kelom­pok 1–30, Arief Mus­taqim bagi kelom­pok 31–55, Gedung Leter L FASIH lama bagi kelom­pok 56–59, dan Gedung Sta­si­un bagi kelom­pok 60–70.

Di sisi lain, Lila selaku Maba juru­san PAI men­geluhkan kon­disi lapan­gan saat pem­ber­ian materi. “Ter­lalu lelah, apala­gi den­gan kon­disi tubuh yang kurang fit, ter­lalu panas, kurangnya koor­di­nasi wak­tu yang terke­san molor dari pani­tia sehing­ga kurang kon­dusif.” Di samp­ing itu, Veni selaku PMI KSR meny­atakan, bah­wa jum­lah peser­ta yang jatuh sak­it tidak berbe­da jauh den­gan tahun lalu. “Banyak dari peser­ta men­gala­mi sesak nafas”, tam­bah Bin­ti Nad­hi­fat­ul Ainiyah selaku pani­tia bagian kesehatan. 

Seu­sai pemerole­han materi pada siang hari, penyam­pa­ian orasi yang diberikan sem­bari menyam­but peser­ta kem­bali ke lapan­gan menyu­lut emosi. Para peser­ta berg­erom­bol dan merasa men­da­p­atkan per­lakuan yang menyudutkan dari pani­tia. Bahkan beber­a­pa peser­ta berusa­ha mer­obohkan podi­um. Namun, sebelum ter­ja­di kisruh lebih lan­jut, Res­i­men Maha­siswa (Men­wa), Anggota pra­mu­ka dan beber­a­pa P/IP dap­at mel­erai, hing­ga keadaan kem­bali mem­baik. Di sisi lain, Muiz selaku maha­siswa baru juru­san Man­a­je­men Zakat dan Wakaf (Maza­wa) mengkir­i­tik “Seharus­nya kalau Maba kepanasan yang orasi juga kepanasan, biar sepa­dan.”

Ada­pun pun­cak PBAK‑I meru­pakan isti­gasah akbar mem­peringati HUT RI ke-74 sekali­gus penu­tu­pan. Isti­gasah dihadiri oleh Abad Badruz­za­man selaku Wak­il Rek­tor Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama dan dip­impin oleh Abdul Aziz selaku Wak­il Rek­tor Bidang Akademik dan Pengem­ban­gan Lem­ba­ga IAIN Tulun­ga­gung. (Ria, Nis, Ind)