Dimensipers.com (09/05). Dalam rang­ka meme­ri­ahkan Dies Natal­is yang ke 3 juru­san Tadris Biolo­gi, Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) Tadris Biolo­gi mengge­lar serangka­ian lom­ba. Di antaranya lom­ba Teknolo­gi Tepat Guna (TTG), Artikel Ilmi­ah, dan Prod­uct Fash­ion. Agen­da terse­but berlang­sung mulai tang­gal 9 sam­pai 10 Mei 2018 bertem­pat di Aula Uta­ma IAIN Tulun­ga­gung. Dies Natal­is kali ini mengam­bil tema “The next young gen­er­a­tion cre­ative and cul­ture cen­ter”.

Lom­ba yang per­ta­ma Teknolo­gi Tepat Guna (TTG) bertemakan “Men­cip­takan teknolo­gi ber­daya guna lingkun­gan”. Sesuai den­gan temanya bahan yang digu­nakan berasal dari bahan bekas daur ulang. Peser­ta lom­ba berasal dari juru­san Tadris Biolo­gi mulai dari semes­ter 2 sam­pai 6. Juri dalam lom­ba terse­but dari dosen Nanang Pur­wan­to, Luq­man Hakim Abbas, dan Gaguk Res­biantoro. Ket­ua Juru­san Eny Sety­owati dan juga dosen Tadris Biolo­gi Haslin­da Yasti Agustin juga turut mem­berikan pen­gara­han kepa­da peser­ta lomba.

Acara dim­u­lai pukul 09.00 ditandai den­gan pemuku­lan gong yang dilakukan oleh salah satu juri Luq­man Hakim Abbas seba­gai per­tan­da dim­u­lainya per­ak­i­tan karya. Peser­ta diberikan wak­tu 2 jam untuk mer­ak­it karya yang sudah dibawa. Para dewan juri mem­berikan peni­la­ian dalam pros­es per­ak­i­tan karya dan mem­berikan pema­haman ter­hadap peser­ta. Sete­lah­nya diadakan sesi pre­sen­tasi dari karya yang sudah dilom­bakan. Para peser­ta maju satu per­satu memamerkan karya yang sudah dibu­at. Dewan juri mem­berikan banyak komen­tar dan pen­gara­han agar kede­pan­nya karya bisa diman­faatkan dan berni­lai ekonomis. Acara sele­sai sek­i­tar pukul 13.00.

Acara ini bagus dap­at mem­ban­gun kreativ­i­tas maha­siswa, saya hara­p­kan untuk HMJ Tadris Biolo­gi untuk men­gadakan ekstra TTG, untuk men­gan­tisi­pasi menumpuknya sam­pah agar dap­at dikelo­la kem­bali men­ja­di barang yang lebih menarik dan dap­at digu­nakan kem­bali,” ujar Azzahra peser­ta lom­ba TTG dari TBio 2B.

Lom­ba yang ked­ua Prod­uct Fash­ion berlang­sung keesokan harinya tang­gal 10 Mei 2018. Acara dim­u­lai pukul 14.00 dan sele­sai pukul 17.00. Pada lom­ba Prod­uct fash­ion, karya yang diten­tukan meng­gu­nakan bahan-bahan bekas yang sudah tidak ter­pakai. Seper­ti plas­tik, ker­tas, bahkan salah satu peser­ta meng­gu­nakan kalep ban bekas. Pro­duk yang dihasilkan diantaranya tas, gelang, topi, kalung, sep­a­tu, dan lain-lain.

Saya ingin menun­jukkan dan men­ga­jak semua orang bah­wa sam­pah-sam­pah teruta­ma plas­tik, terny­a­ta dap­at meng­hasilkan pro­duk-pro­duk fash­ion yang menarik dan ten­tun­ya memi­li­ki nilai lebih,” ujar Bel­la selaku PJ lom­ba Prod­uct Fash­ion.

Peser­ta lom­ba kali ini berasal dari juru­san Tadris Biolo­gi dan juga umum. Satu tim ter­diri dari 2 orang, mas­ing-mas­ing seba­gai design­er dan seba­gai  mod­el. Sedan­gkan jurinya dari dosen di antaranya Desi Kar­tikasari, Haslin­da Yasti Agustin, dan  Choiru Umatin. Dalam lom­ba kali ini  mod­el memamerkan karyanya yang sudah dibu­at dan design­er yang mempresentasikan.

Jadi di sini yang saya tekankan adalah kreativ­i­tas dari para maha­siswa atau peser­ta untuk berkarya sekre­atif mungkin guna menc­etak gen­erasi bangsa kede­pan­nya yang kre­atif ten­tun­ya,” tam­bah Bella.

Lom­ba ter­akhir Artikel Ilmi­ah mengam­bil tema “Kerusakan lingkun­gan hidup”. Peser­ta lom­ba berasal dari juru­san Tadris Biolo­gi sendiri.  Dalam lom­ba ini peser­ta men­gir­im karyanya ke ala­mat email yang sudah dise­di­akan. Tidak ada pre­sen­tasi dalam lom­ba artikel ilmi­ah kali ini.

Baik lom­ba Teknolo­gi tepat guna, Prod­uct fash­ion, dan Artikel ilmi­ah, pengu­mu­man peme­nang pada malam pun­cak Dies Natal­is hari Kamis 10 Mei 2018. Eny Setiy­owati selaku Kajur Tadris Biolo­gi mem­berikan tang­ga­pan­nya men­ge­nai acara ini.

Acara Dies Natal­is ke 3 Tadris Biolo­gi semoga mem­bawa keberka­han bagi Tadris Biolo­gi, FTIK, dan IAIN Tulun­ga­gung,” ujarnya. []