close
Newscamp

Diesnatalis ke-19 UKM Sekar Kusir

Dimensipers.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sekar Kusir IAIN Tulungagung mengadakan Diesnatalis dengan tema “Pratice Makes Us Right, Repetitions Make Us Perfect”. Bukan hanya Diesnatalis saja tetapi juga lomba-lomba yang berkaitan dengan kesenian seperti seni kaligrafi, seni lukis, dan photography. Acara tersebut juga mengundang seniman-seniman dari Tulungagung.

Ihsan sebagai Ketua Umum UKM Sekar Kusir menjelaskan, acara Diesnatalis ini pertama kali diselenggarakan dan sebelumnya hanya dirayakan dengan alumni dan anggota Sekar Kusir sendiri.

Siti Komariah selaku Ketua Pelaksana mengatakan, “Acara dilaksanakan 3 hari yang diawali dengan lomba kaligrafi dan lukis dilanjutkan hari berikutnya yaitu pameran lukisan dan kaligrafi yang dilombakan pada hari pertama, hari terakhir yaitu acara puncak Diesnatalis dan reuni alumni Sekar Kusir.” Ujar Siti Komariah.

Tahun ini juga diadakan lomba photography dan kaligrafi yang pesertanya mahasiswa IAIN Tulungagung serta lomba melukis yang pesertanya untuk SMA/SMK sederajat. Tujuannya agar mengetahui perkembangan potensi-potensi siswa itu seperti apa.

“Acara tersebut dihadiri seniman dari Tulungagung yaitu Ruslan dan Imam yang bidang kesenianya dalam seni lukis adapun Kang Amin yang mahir dalam bidang kaligrafi.” Kata Siti Komariah.

Peserta antusias pada lomba kali ini. Ifa salah satu peserta lomba dari SMA Dipo menjelaskan, berminat mengikuti lomba karena hobi dan melatih kreativitas serta ingin tahu IAIN Tulungagung itu seperti apa dan bagaimana. Ifa puas dalam hal pelayanan panitia seperti konsumsi. Peserta berharap tahun depan agar diadakan lagi lomba-lomba kesenian seperti ini untuk mengasah kreativitas mereka. ”Kalau biasanya di lomba lain waktu ishoma beli makan sendiri dan biasanya hanya dikasih snack (snek ;red) saja tapi kalo di sini beda, di sini lengkap dan waktu lombanya paling lama.” Ujar Ifa.

Pada kesempatan kali ini pemenang dari lomba-lomba tersebut dijelaskan oleh Ihsan. Juara 1 lomba lukis oleh M. Yuli Wibisono dari SMKN 3 Boyolangu dan juara 2 Achmad Labib Fakria dari MAN 1 Tulungagung. Sedangkan juara 1 lomba kaligrafi dimenangkan oleh Risma Lutfiatun N.K jurusan PBA 2B dan Juara 2 Ali Mansyur jurusan MPI 2B. lomba fotografi juara 1 Moh. Najmutsakib jurusan TBI dan juara 2 Nida Ma’rifatul Qolbi jurusan TBI 2C.

Terkait tema Diesnatalis Ihsan menjelaskan bahwa, “Jika hanya sebuah teori, praktiknya belum tentu bagus. karena yang dinamakan seni bukan hanya teori, walaupun kita punya seribu teori kalau tidak mempraktekannya hasilnya percuma.”

Diesnatalis ini juga bertujuan untuk memupuk usaha agar mencapai kesempurnaan dalam seni. “Seni itu memang sulit walaupun praktiknya satu kali bahkan seribu kali,begitulah cara untuk membuat sempurna, kalau bicara tentang kesempurnaan itu tidak akan bisa didapat, Sekar Kusir berprinsip bahwa kita akan terus berusaha mendapatkan keempurnaan itu.” Lanjutnya.

Redaktur Online

Tags : kusirsekar
Rifqi Ihza F.

The author Rifqi Ihza F.

Redaktur Online