Dimensipers.com 09/06- Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) dan Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) masa jabatan 2016/2017 telah men­u­ai keti­dakpro­fe­sion­alan dalam kinerja.

Keti­dakpro­fe­sion­alan ini mem­bu­at empat belas ket­ua lem­ba­ga Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa (KBM) IAIN Tulun­ga­gung melakukan perny­ataan sikap atas hal itu. “perny­ataan sikap ini adalah ben­tuk keke­ce­waan yang dirasakan beber­a­pa lem­ba­ga ten­tang keber­lang­sun­gan kon­sti­tusi di dalam tubuh KBM IAIN Tulun­ga­gung” terang Anggun ket­ua MAPALA saat dite­mui oleh Dimensi.

DEMA‑I dan SEMA‑I yang men­ja­di kon­sti­tusi tert­ing­gi di kam­pus per­ad­a­ban dan dak­wah. Di rasa kurang bertang­gung­jawab den­gan roda kegiatan yang telah dia­manahi. sela­ma satu tahun pro­gram ker­ja hanya men­jalankan Roda organ­isasi ala kadarnya saja. Selain itu, kabi­net yang sudah dit­er­akan pada pen­gu­ru­san DEMA juga di rasa kurang men­jalankan tugas pokok dan fungsinya (tupok­si). Begi­tu juga pada jajaran leg­is­latif SEMA.

Fenom­e­na ini san­gat berpen­garuh di dalam keadaan tubuh KBM IAIN Tulun­ga­gung. Yang mana, hara­pan dan cita-cita ting­gi men­jadikan kam­pus per­ad­a­ban dan dak­wah tidak akan seim­bang. Dikare­nakan pros­es tagung­jawab di rasa kurang pada insti­tusi pal­ing tert­ing­gi di kampus.

Keke­ce­waan atas kin­er­ja DEMA‑I dan SEMI‑I mem­bu­at empat belas lem­ba­ga dari Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM), Dewan Maha­siswa Fakul­tas (DEMA‑F) dan Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) melakukan perny­ataan sikap. Ini­lah perny­ataan sikap yang dibuat:

KAMI YANG BERTANDATANGAN DIBAWAH INI KETUA LEMBAGA KELUARGA BESAR MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG MENYATAKAN SIKAP TENTANG FENOMENA YANG TERJADI DI DALAM TUBUH ORGANISASI KELUARGA BESAR MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG YANG KAMI RASA BANYAK SEKALI PENYIMPANGAN SERTA KETIDAKJELASAN DALAM MENJALANI RODA ORGANISASI.

TERJADINYA BANYAKNYA BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN SERTA KECURANGAN-KECURANGAN YANG TERJADI DI TUBUH ORGANISASI KELUARGA BESAR MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG, BAIK DI DEMA‑I DAN SEMA‑I IAIN TULUNGAGUNG, YAITU :

Ter­jadinya sis­tem kon­gres yang tidak berasaskan demokrasi untuk maha­siswa, yang ter­buk­ti adanya golon­gan Organ­isasi Ekstra Kam­pus yang menaun­gi untuk meme­nangkan hal ter­ten­tu yang tidak mengiku­ti kebu­tuhan Lem­ba­ga Intera Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa IAIN Tulungagung.

Tata ker­ja Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang tidak jelas fung­sion­lanya bagi kegiatan lem­ba­ga Intra Kam­pus ter­buk­ti kegiatan­nya hanya untuk meng­habiskan anggaran DPP dan tidak ada muatan pem­be­la­jaran bagi Maha­siswa IAIN Tulungagung.

Kabi­net yang men­ja­di susunan Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung hanyalah seba­gai struk­tur ker­tas yang ada dalam organ­isasi Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung dikare­nakan yang ber­jalan tidak lain hanya seper­ti Lem­ba­ga Intern Kam­pus yang lain. Kabi­net hanya seba­gai pelengkap dan tidak bek­er­ja sesuai den­gan tupoksinya.

Lapo­ran per­tang­gung­jawa­ban Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang dis­am­paikan pada Kon­gres IV yang san­gat tidak elok dilak­sanakan dikare­nakan dilak­sanakan pada wak­tu dini hari sek­i­tar pukul 03.00 WIB yang dirasa tidak layak untuk dis­am­pa­iakan dikare­nakan posisi lem­ba­ga yang ingin menge­tahui ken­er­ja dari Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung tidak dap­at ikut mengeval­u­asi ser­ta menyak­sikan lapo­ran per­tang­gung­jawa­ban tersebut.

Tata ker­ja Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang san­gat tidak jelas yang tidak men­jalankan fung­sion­al­nya Leg­is­lasi Maha­siswa yang ter­buk­ti tidak adanya pro­duk hukum yang dikelu­arkan ser­ta tidak adanya eval­u­asi kepa­da lem­ba­ga yang bermasalah ser­ta keti­dak­mam­puan men­gad­vokasi kebu­tuhan Lem­ba­ga Intern Kam­pus ter­hadap Birokasi Kam­pus IAIN Tulungagunng.

Anggota Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang san­gat banyak yang seharus­nya meme­pelan­car kin­er­ja Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung namun tidak digu­nakan adanya dikare­nakan diang­gap bukan anggota yang diinginkan oleh golon­gan pet­ing­gi Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang tidak jelas progam ker­janya sela­ma satu peri­ode kepengurusan.

Keti­dak­beran­ian Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung untuk mem­bu­ka dia­log lang­sung den­gan selu­ruh ket­ua Lem­ba­ga Organ­isasi Intra Kam­pus untuk mengeval­u­asi ataupun untuk menge­tahui apa saja progam ker­ja Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulungagung.

Ketik­dak­beran­ian men­datangkan ket­ua Lem­ba­ga Organ­isasi Intra Kam­pus dalam SIDANG PARIPURNA Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang terindikasi adanya sis­tem REZIM.

Payung hukum Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung yaitu AD/ART yang tidak per­nah dibagikan kepa­da selu­ruh Ket­ua Lem­ba­ga Kelu­ar­ga Besar IAIN Tulun­ga­gung yang mana hal terse­but meru­pakan hal yang san­gat pent­ing bagi keber­lang­sun­gan organ­isasi dan terindikasi orig­i­nal­i­tas AD/ART hasil Kon­gres Maha­siswa diragukan adanya.

Komisi Pemi­ihan Umum yang masih dipegang anggota Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I) IAIN Tulun­ga­gung yang belum memi­li­ki SK dan selaku Lem­ba­ga Leg­is­latif Maha­siswa tidak boleh men­ja­di Komisi Pemil­i­han Umum yang akan mem­pen­garuhi Inde­pen­den­i­tas Komisi Pemil­i­han Umum tersebut.

Dari fak­ta-fak­ta yang kami temukan di atas, kami atas nama ket­ua lem­ba­ga Kelu­ar­ga Besar MAHA­SIswa IAIN TULUNGAGUNG menuntut,

Diadakan­nya audi­en­si besar ten­tang kin­er­ja Lem­ba­ga Ekseku­tif dan Lem­ba­ga Leg­is­latif Maha­siswa den­gan dihadiri REKTOR IAIN TULUNGAGUNG, WAKIL REKTOR URUSAN MAHASIWA DAN KEDi­adakan­nya audi­en­si besar ten­tang kin­er­ja Lem­ba­ga Ekseku­tif dan Lem­ba­ga Leg­is­latif Maha­siswa den­gan dihadiri REKTOR IAIN TULUNGAGUNG, WAKIL REKTOR URUSAN MAHASIWA DAN KERJASAMA, Selu­ruh DEKAN dan WAKIL DEKAN URUSAN MAHASISWA DAN KERJA SAMA, Selu­ruh ANGGOTA KABINET DEMA‑I peri­ode 2016/2017, selu­ruh ANGGOTA SEMA‑I, selu­ruh Ket­ua DEMA‑F, Selu­ruh Ket­ua HMJ dan selu­ruh Ket­ua UKM.
MENUNTUT yang mengisi KABINET DEMA‑I diadakan open recreut­men yang ditan­gani lang­sung oleh PANSUS yang ter­diri dari per­wak­i­lan Lem­ba­ga Intern Kampus
MENUNTUT SIDANG PARIPURNA DIHADIRI oleh SELURUH KETUA LEMBAGA untuk men­gaw­al kepen­gu­ru­san ser­ta lapo­ran pertanggungjawaban.
MEMBENTUK DEWAN ISTIMEWA KELUARGA BESAR MAHASISWA yang ter­diri atas SELURUH KETUA LEMBAGA KELUARGA BESAR MAHASISWA yang berfungsi untuk men­gawasi kin­er­ja SEMA‑I dan DEMA‑I.
MENOLAK PEMILU RAYA MAHASISWA sam­pai AD/ART Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa diba­giakan keselu­ruh Ket­ua Lem­ba­ga Intra Kam­pus dan sebelum diadakan­nya Audi­en­si Besar.
MENOLAK PEMILU RAYA MAHASISWA diadakan pada wak­tu yang dirasa sudah tidak aktif wak­tu perkuliahan.
MENOLAK KOMISI PEMILIHAN UMUM untuk melak­sanakan PEMILU RAYA dan mem­ben­tuk KOMISI PEMILIHAN UMUM BARU pada wak­tu Audi­en­si Besar.

 

san­tai, ten­ang dan tak per­lu seduh sedan ter­hadap real­i­tas semu.
sekarang maha­siswa aktif di juru­san Tasawuf Psikoter­api, sekali­gus crew di LPM Dimensi.

FacebookTwitterGoogle+