Dimensipers.com 31/05- Kop­erasi saat ini dap­at dikatakan “Hidup Eng­gan Mati Pun Segan”. Slo­gan terse­but mewak­ili kon­disi kop­erasi sekarang ini. Banyak kop­erasi berdiri namun tidak berta­han lama. Ada berba­gai fak­tor yang mem­pen­garuhi kon­disi kop­erasi men­ja­di demikian tidak dim­i­nati. Diantara fak­tor itu antara lain, min­im­nya kemam­puan Sum­ber Daya Manu­sia (SDM) seba­gai salah satu fak­tor uta­ma kemu­nduran koperasi.

Kop­erasi ialah badan usa­ha yang memi­li­ki anggota perse­o­ran­gan atau badan hukum. Kop­erasi berdiri berdasarkan asas kekelu­ar­gaan ser­ta demokrasi ekono­mi. Kop­erasi meru­pakan pro­duk kegiatan ekono­mi. Kegiatan kop­erasi ialah ger­akan ekono­mi ker­aky­atan dan ber­jalan atas prin­sip gotong royong.

Selain kop­erasi umum yang ada dalam jangkauan masyarakat, ada pula Kop­erasi Maha­siswa (KOPMA). Berdirinya kop­ma di seti­ap kam­pus memi­li­ki per­an bagi anggota maupun pen­gu­rus. Kop­ma berper­an seba­gai penun­jang sarana bela­jar ten­tang perk­op­erasian, beror­gan­isasi, men­ge­nal sis­tem Human Resources Devel­op­ment (HRD), dan aktiv­i­tas yang berkai­tan den­gan man­a­je­men keuangan.

Pen­gu­rus kop­erasi memi­li­ki tang­gung­jawab besar bagi berkem­bangnya kop­erasi. Pen­gu­rus bukan hanya seba­gai anggota tetapi juga orang yang men­gelo­la kop­erasi. Sehing­ga per­lu­lah sosial­isasi perk­op­erasian demi pen­ingkatan kemam­puan SDM.

dok. prib­a­di

Pukul 13.00 WIB acara dim­u­lai. Kegiatan ini bertema “Sosial­isasi Perk­op­erasian Oleh Dinas Kop­erasi Tulun­ga­gung”. Acara ini dis­e­leng­garakan oleh Kop­ma Amanah di Audi­to­ri­um  Seko­lah Ting­gi Kegu­ru­an Ilmu Pen­didikan (STKIP) Tulungagung.

Sosial­isasi terse­but dis­am­paikan oleh Mohai­ni selaku Dinas Kop­erasi Tulun­ga­gung. Di awal beli­au men­erangkan seluk beluk ten­tang kop­erasi. Sesu­dah itu beli­au men­erangkan fak­tor-fak­tor yang menye­babkan kop­erasi tidak berkem­bang. Peser­ta yang hadir berasal dari berba­gai kam­pus di Tulun­ga­gung seper­ti Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung dan Uni­ver­si­tas Tulun­ga­gung (UNITA). Peser­ta begi­tu antu­sias mengiku­ti sosial­isasi terse­but. Di akhir ceramah beli­au banyak peser­ta men­ga­jukan pertanyaan.

Kop­erasi meru­pakan pung­gung raky­at. Dari sit­u­lah kita berusa­ha mema­jukan ekono­mi raky­at. Beber­a­pa hal dap­at dilakukan untuk mema­jukan kop­erasi antara lain merekrut anggota yang berkom­pe­ten, meningkatkan daya jual dan pro­mosi, mem­be­nahi inter­nal kop­erasi dan men­gubah kebi­jakan kelem­ba­gaan kop­erasi. Dihara­p­kan kede­pan­nya kop­erasi lebih berkem­bang den­gan penge­tahuan SDM yang baik. []

Ania

penyu­ka sas­tra, trav­el­ing, berkhay­al, pengge­mar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).