Dimensipers.com (28/04)  Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) Tadris Biolo­gi mengge­lar kegiatan peringatan hari Bumi. Kegiatan ini dilak­sanakan di gunung Bud­heg di Desa Tang­gung, Keca­matan Cam­pur­darat Tulun­ga­gung pada hari Sab­tu 28 April 2018. Ben­tuk kegiatan­nya beru­pa tanam pohon. Tema dari kegiatan terse­but adalah “Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi untuk Gen­erasi Bangsa”.

Peringatan hari Bumi meru­pakan kegiatan wajib juru­san Tadris Biolo­gi. Kegiatan terse­but juga ter­ma­suk serangka­ian kegiatan untuk menyam­but Dies­na­tal­is juru­san Tadris Biolo­gi yang ke‑3. Kegiatan dim­u­lai pukul 07.00 check in peser­ta di kam­pus IAIN Tulun­ga­gung. Dilan­jutkan per­jalanan ke lokasi Gunung Bud­heg. Kega­iatan diawali den­gan sambu­tan-sambu­tan yang kemu­di­an dilan­jutkan penana­man satu Pohon Sen­gon oleh Dosen Tadris Biolo­gi Nanang Pur­wan­to dan Haslin­da Yasti Agustin diiku­ti selu­ruh maha­siswa Tadris Biologi.

Tujuan diadakan­nya kegi­t­an  ini adalah untuk menum­buhkan kesadaran maha­siswa Tadris Biolo­gi untuk menc­in­tai lingkun­gan.” Jelas Ja’far Shodiq selaku Ket­ua Pelaksana.

Peringatan hari Bumi ini dihadiri oleh maha­siswa Tadris Biolo­gi dari semes­ter 2 dan 4 yang berjum­lah sek­i­tar 68 maha­siswa ser­ta juga dosen.

”Maha­siswa Tadris Biolo­gi menanam tana­man sen­gon dan diba­gi men­ja­di 4 kelom­pok, kelom­pok 1 menanam bagian pal­ing bawah, kelom­pok 2 di atas­nya dan seterus­nya.” Tutur Mukhtar Abdul Ali selaku pani­tia. Peser­ta cukup antu­sias mengiku­ti jalan­nya rangka­ian kegiatan.

Berba­gai tang­ga­pan muncul dalam kegiatan ini mulai dari dosen, maha­siswa, dan juga pan­i­ti­ta. “Kegiatan seper­ti ini bisa meningkatkan akred­i­tasi juru­san, tetapi sayang apa­bi­la kegiatan seper­ti ini tidak didoku­men­tasikan dalam ben­tuk lapo­ran akan per­cuma, kare­na doku­men­tasi san­gat pent­ing dan nan­ti­nya bisa dimu­at di web Tadris Biolo­gi.” Terang Nanang Pur­wan­to selaku dosen Tadris Biologi.

Kegiatan ini bagus, tetapi sebe­narnya masih bisa dikem­bangkan lebih baik lagi.” Tutur Baha’uddin maha­siswa Tadris Biolo­gi kelas 4B.

Acaranya sedik­it molor sehing­ga wak­tu tanam pohon cua­canya panas dan cukup mele­lahkan.” Tutur Rafin­da selaku panitia.

Seu­sai tanam pohon kegiatan dilan­jutkan den­gan pen­gara­han dari dosen Haslin­da Yasti Agustin dan Nanang Pur­wan­to men­ge­nai pent­ingnya men­ja­ga lingkun­gan. Kegiatan berakhir dan ditut­up pukul 11.00 WIB. []