Dimensipers.com (27/07). Masih dalam rang­ka ulang tahun ke-50 Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung, kali ini men­gadakan acara Jalan Sehat bersama Luk­man Hakim Sai­fud­din (Menteri Aga­ma RI). Tepat pukul 07.00 WIB acara jalan sehat dim­u­lai dan dibu­ka lang­sung oleh Menteri Aga­ma, den­gan sedik­it pida­to dan sekali­gus pelepasan acara pada Jum’at pagi itu.

Antu­sias dari masyarakat, dari mulai anak-anak Seko­lah Dasar (SD) hing­ga  kalan­gan dewasa mengikut ser­takan dan mera­maikan acara jalan sehat. Kalan­gan muda-mudi men­ja­di barom­e­ter untuk menyuk­seskan acara inti ulang tahun IAIN Tulun­ga­gung ke-50.

Ya menu­rut saya sendiri, untuk maha­siswa dan maha­siswi itu sendiri dari kam­pus IAIN Tulun­ga­gung cukup antu­sias mengiku­ti acara jalan sehat ini,” ujar Wildan maha­siswa Pen­didikan Bahasa Arab  (PBA) selaku peserta.

Bukan itu saja, susunan acara pada pagi hari ini diisi den­gan penampi­lan dari beber­a­pa peser­ta yang men­ja­di sukarelawan untuk meme­ri­ahkan dan mengisi acara. Hadi­ah yang dise­di­akan  menarik per­ha­t­ian perser­ta, seper­ti 2 TV, 2 hand­phone, 2 kulkas, 4 sepe­da gunung, 10 voucher uang tabun­gan dari Bank Negara Indone­sia (BNI) sebe­sar Rp. 100.000 dan berba­gai hadi­ah lainnya.

Acara jalan sehat ini juga didukung oleh BNI, “Kami hanya men­ja­di suporter dalam rangka­ian cara jalan sehat ini,” ujar salah satu pegawai Bank BNI. Dari BNI itu pula mem­beri sebuah doorprize  2 kulkas.

Masyarakat yang mengiku­ti rangka­ian acara jalan sehat tert­ib dan tidak meng­gang­gu aktiv­i­tas peng­gu­na jalan. Den­gan diban­tu beber­a­pa pihak kea­manan men­ja­di salah satu ketert­iban dalam acara jalan sehat terse­but, seper­ti Secu­ri­ty, Pol­ri, Res­i­men Maha­siswa (Men­wa), dan Pra­mu­ka. Men­gatur lalu lin­tas untuk men­ert­ibakan keamanan.

All­ham­dulilah, untuk masalah dari awal lan­car saja, untuk acara dies natal­is dan hari ini adalah pun­caknya dan aman terk­endali dan dari pihak kea­manan ada secu­ri­ty, ada men­wa yang mem­ban­tu, dari pol­ri juga dan ada anak pra­mu­ka juga. Dan all­hamudil­lah hing­ga sam­pai saat ini untuk masalah acara tidak ada, untuk masalah parkir juga ter­atur kar­na ada ker­ja sama den­gan pra­mu­ka dan ter­li­hat antu­sias dari masyarakat sek­i­tar itu menun­jukan adanya tert­ib aman,” ujar salah satu Security.

Adanya acara seper­ti ini, menim­bulkan beber­pa dampak posi­tif seper­ti, meningkatkan tali silah­tu­rah­mi den­gan masyarakat sek­i­tar dan adanya hubun­gan inter­ak­si antara war­ga dan pihak kam­pus. Bukan hanya itu saja, den­gan adanya rangka­ian acara jalan sehat, sekali­gus mem­buk­tikan bah­wa IAIN Tulun­ga­gung dalah kam­pus yang men­ja­di panu­tan dan tidak kalah saing oleh beber­a­pa kam­pus lainnya.

Beber­a­pa hara­pan dari salah satu perser­ta jalan sehat men­gatakan, “Hara­pan kami tidak muluk-muluk, semoga saja kede­pan­nya, kam­pus IAIN Tulun­ga­gung men­ja­di kam­pus yang lebih maju, mec­etak gen­erasi-gen­erasi yang patut untuk dicon­toh oleh masyarakat sek­i­tarnya, dan bergu­na bagi orang lain”. []

 

Reporter

Depta/Rifqi

Menc­in­tai dan men­ja­ga layaknya peri­sai kepa­da Sang putri