Dimensipers.com — Lalu lalang kendaraan tam­pak ramai pada Senin pagi (01/10/2018) di perem­patan Tir­to, desa Plosokan­dang, keca­matan Kedung­waru, Kabu­pat­en Tulun­ga­gung dan tak jarang ter­ja­di penumpukan peng­gu­na jalan. Sek­i­tar 1 bulan lalu, tepat­nya tang­gal 08–09 Sep­tem­ber 2018 lam­pu lalu lin­tas dipasang untuk men­gu­rai kepa­datan di perem­patan terse­but. Namun, hing­ga kini opera­sion­al­isasi dari lam­pu lalu lin­tas terse­but masih belum jelas.

Dalam hal ini, Dinas Per­hubun­gan Tulun­ga­gung yang diwak­ili oleh Kepala Bidang Lalu Lin­tas­nya, Jar­mani men­gatakan bah­wa pihaknya tidak tahu menahu men­ge­nai kapan lam­pu lalu lin­tas terse­but akan berop­erasi. Jar­mani men­gatakan bah­wa pen­g­op­erasian lam­pu lalu lin­tas terse­but meru­pakan wewe­nang Dinas Per­hubun­gan Propin­si. “Itu (penen­tu­an kapan dim­u­lainya lam­pu lalu lin­tas berop­erasi ;red), kewe­nan­gan­nya provin­si (Dinas Per­hubun­gan Provin­si),” jelas Jarmani.

Meskipun pihaknya men­gaku tidak tahu pasti, Jar­mani meny­atakan bah­wa kemu­ngk­i­nan mulai berop­erasinya lam­pu lalu lin­tas pada akhir Desem­ber tahun ini den­gan catatan pro­gram pem­ban­gu­nan lam­pu lalu lin­tas terse­but juga ter­mu­at dalam Anggaran Pen­da­p­atan dan Belan­ja Daer­ah (APBD) tahun ini, “Nan­ti kalau memang untuk anggaran (ter­mu­at dalam APBD ;red) tahun ini, berar­ti pal­ing lama Desem­ber sudah nyala,” imbuh­nya.

Saat kru LPM Dimen­si men­co­ba men­e­mui beber­a­pa peng­gu­na jalan yang melin­tas di perem­patan Tir­to, seba­gian besar menyam­paikan hara­pan­nya kepa­da pihak terkait untuk segera mem­per­cepat opera­sion­al lam­pu lalu lin­tas, seper­ti yang diungkap­kan Fari­dah, maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung, semes­ter V, “Semoga cepat dinyalakan, soal­nya di situ kan ser­ing ter­ja­di kece­lakaan,” papar Fari­dah. Hal sena­da juga diungkap­kan Irfan, seo­rang penge­mu­di ojek online, “Hara­panku (lam­pu lalu lin­tas ;red) cepat berfungsi semestinya, jadi dari arah barat, timur, sela­tan maupun utara bisa terkon­trol,” jelas Irfan.

Pemasan­gan lam­pu lalu lin­tas di Perem­patan Tir­to memang sudah lama dihara­p­kan oleh war­ga setem­pat dan kini hara­pan itu sudah tere­al­isasi. Namun, seti­daknya pemasan­gan terse­but juga segera dibaren­gi den­gan opera­sion­al­isas­inya. Seo­rang peng­gu­na jalan berna­ma Nad­hi­fah meny­atakan pemasan­gan lam­pu lalu lin­tas yang tak segera dibaren­gi den­gan opera­sion­al­isas­inya, seo­lah-seo­lah seper­ti memasang ben­da yang tak bergu­na, “Intinya, ya gak bergu­na lah, kalau gak nyala,” ungkapnya.

Syam­sul Maarif 

Kosong?