Dimensipers.com- (21/08) Alian­si Per­pus Jalanan Jom­bang mengge­lar acara bedah buku “Bumi Manu­sia” karya Pramoedya Anan­ta Toer di Kedai Sufi Jom­bang yang sebelum­nya bera­da di Gedung Dis­bud­par Jom­bang. Acara kali ini bertemakan “Sas­tra Pramoedya Dalam Bumi Manu­sia”. Pema­teri kali ini ialah lang­sung adik kan­dung dari penulis buku “Bumi Manu­sia” Soe­si­lo Anan­ta Toer dari Blora.

Acara ini selain bedah buku juga mem­bu­ka lapak buku dari Pata­ba Press dan Lapak Baca Alian­si Per­pus Jalanan Jom­bang. Bedah buku kali ini memang dari perkumpu­lan dari beber­a­pa komu­ni­tas pegiat Lit­erasi dari Jom­bang dan juga kelom­pok sen­i­man dan musisi dari jombang.

Antu­sias bedah buku ini cukup ting­gi, “Awal Pela­jar Jom­bang, para kelom­pok lit­erasi dan maha­siswa juga beber­a­pa yang mengin­isi­asi  per­pus jalanan jom­bang men­gadakan diskusi pub­lik bisa dibi­lang antu­si­as­nya lit­erasi cukup ting­gi,” ujar Doni Dar­mawan salah satu pani­tia acara.

Mes­ki sedik­it adanya kendala tem­pat, acara kali ini tidak men­gu­ran­gi antu­sias dari pub­lik sendiri, “Lan­car sejauh Per­pus­takaan Jalanan Jom­bang ini per­ta­ma kali men­gadakan diskusi pub­lik den­gan nara­sum­ber Soe­si­lo Toer. Alham­dulil­lah lan­car, mes­ki sedik­it terk­endala adanya per­pin­da­han tem­pat kare­na ada satu lain hal, alham­dulil­lah per­pin­da­han tem­pat itu tidak men­ja­di men­gu­ran­gi ani­mo pub­lik,” papar Doni.

Acara bedah buku kali ini memang seba­gai momen dan awal tong­gak untuk berpros­es, “Kon­sep dari acara sendiri sebe­narnya tidak jauh beda den­gan bedah buku yang umum­nya, yang men­ja­di momen adalah ini men­ja­di awal tong­gak bagaimana Per­pus Jalanan Jom­bang seba­gai wadah ruang kre­atif dan pro­duk­tifnya temen-temen sendiri,” ungkap Doni.

Terkait acara bedah buku kali ini yang sebelum­nya bedah buku dan men­ja­di shar­ing itu kare­na ada beber­a­pa kendala. “Itu juga bersangku­tan den­gan beber­a­pa pihak, mengkaitkan bah­wa itu masih isu sen­si­tive, Pramoedya Anan­ta Toer-kan juga seo­rang man­tan ekstapol, dan masih banyak beber­a­pa pihak yang san­gat sulit untuk mener­i­ma diskusi den­gan tema ‘Bumi Manu­sia’, maka akhirnya kita inisi­asi den­gan shar­ing dan itu tidak men­ja­di kendala kare­na pasti pub­lik akan mere­spon sendiri den­gan hadirnya Soe­si­lo Anan­ta Toer maka tidak bisa dilepaskan den­gan karya Pramoedya Anan­ta Toer,” lanjutnya.

Redak­tur Online