Dimensipers.com- Rabu, 7 Novem­ber 2018 bertem­pat di Aula gedung KH Syai­fud­din Zuhri Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis Islam (FEBI) gelar sem­i­nar nasion­al. Sem­i­nar yang bertemakan “Per­an Sukuk/SBSN dalam Pengem­ban­gan PTKIN” ini diiku­ti oleh maha­siswa FEBI dari berba­gai jurusan.

Peser­ta yang hadir begi­tu antu­sias mengiku­ti jalan­nya materi sem­i­nar dari awal sam­pai sele­sai. “Bagus, kare­na di kelas tidak dije­laskan sedemikian rin­ci, juga ada info-info yang mem­ban­tu menam­bah wawasan,” ujar Nil­am Pus­pa, salah satu peser­ta dari juru­san Akun­tan­si Syariah.

Hal sena­da juga diungkap­kan oleh Nada Ashari, peser­ta dari juru­san Ekono­mi Syari­ah. “Den­gan adanya sem­i­nar nasion­al ten­tang per­an sukuk ini mem­berikan sebuah pan­dan­gan bah­wa den­gan adanya dana sukuk dap­at mem­ban­tu pengem­ban­gan PTKIN. Seper­ti pem­ber­ian infra­struk­tur yang bertu­juan­nya itu untuk memu­dahkan pen­didikan,” paparnya.

Nada juga menyam­paikan hara­pan­nya terkait penam­ba­han dan per­baikan infra­struk­tur yang saat ini belum memadai. “Kita berharap adanya sukuk atau SBSN dari pemer­in­tah ini dap­at mem­ban­tu pem­ber­ian infra­struk­tur yg lebih baik lagi buat kam­pus kita yaitu beru­pa pem­ban­gu­nan gedung lagi ataupun pem­be­na­han-pem­be­na­han. Sehing­ga sarana pen­didikan di kam­pus kita men­ja­di lebih baik lagi,” ujarnya.

Surat Berhar­ga Syari­ah Negara (SBSN) atau dap­at juga dise­but Sukuk Negara adalah surat berhar­ga (oblig­asi) yang diter­bitkan oleh pemer­in­tah Repub­lik Indone­sia berdasarkan prin­sip syari­ah. Dalam Per­gu­ru­an Ting­gi Keaga­maan Islam Negeri (PTKIN), Sukuk mengam­bil per­anan pent­ing dalam pem­ban­gu­nan infrastruktur.

Mis­al­nya di Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung sendiri, dua gedung kem­bar yaitu gedung KH Syai­fud­din Zuhri dan Arief Mus­taqim juga diban­gun meng­gu­nakan dana sukuk.

Seper­ti yang diungkap­kan Dede Nurohman selaku Dekan FEBI. “Jadi kegiatan sem­i­nar nasion­al tadi pagi yang berte­mekan per­an sukuk atau SBSN dalam pengem­ban­gan PTKIN, itu didasarkan pada keny­ataan bah­wa sesung­guh­nya ekono­mi syari­ah melalui vari­abel sukuknya itu pun­ya per­an besar bagi pengem­ban­gan PTKIN dalam hal infra­struk­tur teruta­ma gedung-gedung,” ungkapnya.

Den­gan diadakan­nya sem­i­nar men­ge­nai per­an sukuk ini, dihara­pakan maha­siswa khusus­nya FEBI memi­li­ki pema­haman men­ge­nai sukuk dan man­faat­nya. “FEBI seba­gai fakul­tas yang men­gelo­la ekono­mi dan bis­nis Islam merasa pent­ing untuk men­gadakan sem­i­nar nasion­al den­gan tema itu pal­ing tidak agar maha­siswa-maha­siswa yang seba­gian besar jadi peser­ta itu paham bah­wa sukuk itu apa kemu­di­an kon­tribusi sukuk bagi pem­ban­gu­nan negara itu apa mere­ka paham,” tam­bah Dede.

Tujuan digu­nakan­nya sukuk dalam pem­ban­gu­nan PTKIN sendiri meru­pakan salah satu langkah untuk mema­jukan pen­didikan di Indone­sia. Kare­na den­gan sarana dan prasarana yang memadai dihara­p­kan menun­jang pros­es pem­be­la­jaran sehing­ga dap­at ber­jalan secara maksimal.

Untuk bisa mengem­bangkan Per­gu­ru­an Ting­gi Islam ya harus den­gan sukuk yang alokasi dananya bisa dalam jum­lah yang san­gat besar. Dan den­gan sarpras yang semakin baik semakin ter­penuhi maka kual­i­tas­nya akan semakin meningkat teruta­ma kare­na pros­es pem­be­la­jaran­nya jadi semakin baik,” ujar Amich Alhu­ma­mi selaku Direk­tur Pen­didikan Ting­gi IPTEK dan Kebu­dayaan Kementer­ian Peren­canaan Pem­ban­gu­nan Nasion­al Repub­lik Indonesia/Badan Peren­canaan Pem­ban­gu­nan Nasion­al (PPN/Bappenas) saat diwawan­car­ai kru Dimensi.

Kita ingin mem­ban­gun per­gu­ru­an ting­gi islam yang makin bagus, makin bagus bukan saja dari sisi penampi­lan fisiknya,” tam­bah Amich. Dihara­p­kan PTKIN yang telah memi­li­ki infra­strusk­tur yang layak mam­pu men­ja­di daya tarik bagi lulu­san seko­lah menen­gah agar mau melan­jutkan pen­didikan di per­gu­ru­an ting­gi. Juga untuk menc­etak lulu­san yang berkom­pe­ten di bidangnya. []