Siang cer­ah kemarin men­ja­di awal hari yang suci bagi umat Hin­du. Tepat­nya pada Rabu, 24 Juli 2019 di Desa Wajak Kidul, Keca­matan Boy­olan­gu, Kabu­pat­en Tulun­ga­gung. Mata­hari telah con­dong ke barat tiga puluh der­a­jat. Semen­tara itu, jemaah mulai berdatan­gan dari berba­gai daerah. 

Di ten­gah keru­mun jemaah, ter­da­p­at seo­rang pria den­gan paka­ian ser­ba putih meng­hadap semua orang yang sedang duduk sila di tem­pat ibadah. Mulai mem­bu­ka upacara Galun­gan ser­aya men­gu­cap salam, “Om swas­ti­as­tu” dan “Assalamu’alaikum warah­mat­ul­lahi wabarakatuh.” Ser­aya men­da­p­at bal­asan salam dari jemaah dan orang yang turut hadir dalam upacara tersebut. 

Suasana hen­ing dibaren­gi dedau­nan ker­ing yang ber­jatuhan men­girin­gi aktiv­i­tas  spir­i­tu­al hari itu. Jemaah masih terus berdatan­gan sil­ih bergan­ti, ada yang men­ge­nakan kebaya, sarung yang dilapisi kain kun­ing, dan berpaka­ian adat Jawa. Seba­gian lain­nya turut menyusul sela­gi upacara sudah dimulai.

Umat Hin­du mer­ayakan Hari Raya Galun­gan bersamaan den­gan Kuningan sete­lah­nya. Galun­gan adalah keme­nan­gan dhara­ma melawan adhar­ma, kebaikan melawan kebu­rukan (hal yang tidak baik). Segala suatu hal yang kurang baik, yang dim­i­li­ki manu­sia itu­lah yang berusa­ha dik­enda­likan. Hal ini dis­am­paikan oleh ket­ua Parisad­ha Hin­du Dhar­ma Indone­sia (PHDI) Jatim, Nyoman Anom Medhiana. 

Fal­safah Aga­ma Hin­du di dalam­nya dike­nal isti­lah Sad Ripu. Berasal dari kata sad yang berar­ti enam dan ripu yang berar­ti musuh. Secara harfi­ah Sad Ripu berar­ti enam musuh yang harus dikalahkan seti­ap manu­sia. Musuh terse­but berasal dari dalam diri manu­sia itu sendiri. 

Seba­gaimana pen­je­lasan Nyoman, keenam musuh terse­but yakni, per­ta­ma Kama berar­ti naf­su atau keing­i­nan yang tidak terk­endali. Musuh ter­ber­at yang harus dikalahkan, seper­ti hal­nya keser­aka­han manu­sia ter­hadap har­ta ben­da yang dim­i­likinya, hing­ga dap­at menye­babkan keing­i­nan yang tidak terk­endali semacam korup­si. Ked­ua, Krod­ha yang berar­ti kemara­han. Musuh yang harus dik­enda­likan, sebab ker­ap melahurkan masalah dan emo­sion­al negatif. 

Keti­ga, Mada yang berar­ti mabuk. Mabuk dianalogikan den­gan suatu hal yang ting­gi der­a­jat­nya, semi­sal gila akan jabatan­nya, mabuk ter­hadap har­ta kekayaan­nya dan kepin­taran­nya, hing­ga tidak lagi menga­malkan ilmun­ya. Keem­pat, Moha berar­ti kebin­gun­gan, yang dap­at menye­babkan piki­ran men­ja­di gelap sehing­ga tidak mam­pu berpikir jernih. Mem­bu­at seo­rang tidak dap­at mem­be­dakan hal baik buruk. 

Keli­ma, Lob­ha yang berar­ti tamak atau rakus. Bersi­fat negatif sehing­ga dap­at merugikan orang lain. Seper­ti hal­nya sifat tidak puas den­gan yang dim­i­li­ki sehing­ga bisa menye­babkan keja­hatan seper­ti men­curi, mer­am­pok dan lain seba­gainya. Keenam, Mat­sarya yang berar­ti iri hati ter­hadap orang yang lebih mam­pu, sehing­ga menim­bulkan rasa benci. 

Hari Raya Galun­gan sendiri dirayakan umat Hin­du seti­ap 210 hari sekali, meng­gu­nakan kalen­der Bali atau tujuh bulan sekali dalam penang­galan mase­hi. Diawali oleh Pan­di­ta yang melakukan pem­ber­si­han untuk men­e­tral­isir lokasi upacara dari roh jahat. Biasanya ditandai den­gan beber­a­pa orang berke­lil­ing lokasi mem­bawa persem­ba­han. Hal ini berlaku pada lokasi upacara ataupun di sekitarnya. 

Mata­hari makin con­dong, sangkakala menden­gung den­gan iringan alat musik tra­di­sion­al dari bam­bu yang ditabuh.  Lan­git mulai mel­egam dan upacara akan segera usai.  Semen­tara itu, Pan­di­ta masih meman­jatkan doa bersamaan jemaah yang menadahkan tan­gan­nya di depan ken­ing den­gan hik­mat. Angin men­ja­di lebih din­gin dan dedau­nan berhen­ti ber­jatuhan. Seba­gian jemaah mulai bergilir pulang dan seba­gian yang lain masih memil­ih tetap di pura berbin­cang satu sama lain.