Dimensipers.com- Ming­gu, 21 Feb­ru­ari 2021, sejum­lah  maha­siswa Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung melakukan peng­galan­gan dana untuk kor­ban ban­jir yang melan­da Kabu­pat­en Ngan­juk, Jawa Timur. Peser­ta peng­galan­gan dana ter­diri dari beber­a­pa del­e­gasi Organ­isasi Maha­siswa (Ormawa) yaitu Sen­at Maha­siswa (SEMA), Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (DEMA), Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ), Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM), Unit Kegiatan Kam­pus (UKK), dan Komu­ni­tas Maha­siswa (KM).

Peng­galan­gan dana  dilakukan den­gan  melalui  beber­a­pa cara yaitu peng­galan­gan dana turun lang­sung ke jalan, ser­ta pengumpu­lan donasi paka­ian, makanan, dan uang yang dibu­ka untuk umum. Lokasi peng­galan­gan dana dise­bar di beber­a­pa titik seper­ti : di perem­patan Masjid Al-Mus­limun, perem­patan Gle­duk, perem­patan Jepun, perem­patan Pol­res Tulun­ga­gung, perem­patan rumah sak­it lama, dan perem­patan Sem­bung den­gan sis­tem wak­tu pem­ba­gian dua wak­tu yaitu pukul 08:00 ‑12:00 WIB dan pukul 12:00–16:00 WIB.

Dalam aksi peng­galan­gan dana ini, cukup banyak masyarakat yang bersim­pati mem­berikan ban­tu­an. Semen­tara itu, pengumpu­lan donasi paka­ian, dan makanan  dikumpulkan ke pani­tia sete­lah aksi sele­sai, yaitu di Warung Kopi Green. Kemu­di­an barang-barang donasi dikumpulkan ke rumah salah satu pani­tia. Sedan­gkan untuk peng­galan­gan dana untuk masyarakat umum dikumpulkan melalui reken­ing salah satu panitia.

Pelak­sanaan open donasi ini mem­berikan kesan tersendiri bagi beber­a­pa maha­siswa, salah sat­un­ya Eri­ka Wulan­dari del­e­gasi dari HMJ Tadris Bahasa Ing­gris (TBI), ‘’Menu­rut saya, pelak­sanaan open donasi ini bagus banget. Soal­nya, kelu­ar­ga kita yang ada di Ngan­jukkan memang lagi butuh banget kare­na ada ben­cana alam ini. Kemarin, teman saya yang dari Ngan­juk itu banyak yang gak bisa ke Tulun­ga­gung gara – gara ada ban­jir itu, ya. Menden­gar open donasi ini saya san­gat antu­sias, dan saya mem­inta per­wak­i­lan HMJ TBI untuk mengiku­ti open donasi tersebut.’’

dok. Dim

Peng­galan­gan dana yang dilakukan pada hari Ming­gu ini terkumpul den­gan jum­lah Rp. 14.901.700, sedan­gkan melalui via trans­fer sejum­lah Rp. 470.000, lalu  untuk total keselu­ruhan  galang dana per 21–23 Feb­ru­ari 2021 sebe­sar Rp.15.371.700, jelas Cahaya selaku ben­da­hara peng­galan­gan donasi dalam pesan di What­sApp grup “Galang Dana”.

 Pendis­tribu­sian barang dan dana donasi dilakukan oleh DEMA Insti­tut selaku lem­ba­ga yang menaun­gi, namun per­wak­i­lan dari beber­a­pa lem­ba­ga pun tetap ikut andil. Untuk lokasi dana yang dis­alurkan ini kami masih berkom­pro­mi den­gan pihak sana di mana lokasi-lokasi yang ter­dampak ban­jir dan tanah long­sor terse­but kare­na banyak lokasi yang ter­dampak. Kemu­di­an, untuk pen­ga­lokasian donasi  akan kami lak­sanakan segara entah besok atau lusa kare­na masih menung­gu musyawarah dari kami den­gan pihak-pihak sana yang menan­gani ban­tu­an terse­but,” tutur Dev­ina, ket­ua pelak­sana peng­galan­gan dana. 

Hasil dari peng­galan­gan dana dis­ak­sikan bersama secara ter­bu­ka, untuk menghin­dari penyelewen­gan dana. ‘’Uang yang terkumpul dari hasil donasi teman-teman  itu kami jadikan satu, kami total jadi semua pihak terkait kemarin juga menyak­sikan total­nya bera­pa, ini kemarin kan yang men­to­tal dari seti­ap wilayah di titik – titik itukan dari teman-teman yang melak­sanakan galang dana dis­ana. Jadi, tidak ada data yang sifat­nya kami manip­u­lasi, tidak. Terus yang ked­ua, untuk pen­gelo­laan­nya ini kemarin ada buk­ti ser­ah ter­i­ma, jadi ada buk­ti ser­ah ter­i­ma secara ter­tulis. Ini seba­gai ben­tuk transparan­si dari kita bah­wasan­nya kita tidak men­jalankan hal yang macam-macam. Kita DEMA‑I ini seba­gai per­wak­i­lan jem­bat­an untuk selu­ruh Ormawa mem­ban­tu kor­ban ben­cana alam di Ngan­juk,” ujar Mah­da Fuad Ket­ua DEMA Institut.

Sete­lah dana terkumpul, dana  dis­alurkan  pada hari Selasa, 23 Feb­ru­ari 2021 di Kabu­pat­en Ngan­juk tepat­nya pada posko sia­ga ben­cana tanah retak Petun­gu­lung, Mar­gopatut, Sawa­han. Den­gan diadakan­nya aksi peng­galan­gan dana ini, Mah­da Fuad  meng­hara­p­kan ter­cip­tanya sinegri­tas untuk selu­ruh Ormawa. Ormawa dihara­p­kan bisa tetap sol­id dan kuat men­jalani tan­ta­n­gan-tan­ta­n­gan organ­isasi di masa depan.

Reporter: Vidya dan Rosyid
Penulis: Vidya
Redak­tur: Nata­sya