Dimensipers.com- Lem­ba­ga Pers dan Penelit­ian Maha­siswa (LP2M) Coro­ng, Insti­tut Aga­ma Islam (IAI) Trib­ak­ti Kediri telah menye­leng­garakan launch­ing majalah pada 2 Desem­ber 2021, den­gan tema “Hak Asasi Manu­sia (HAM) dan Kebe­basan dalam Demokrasi” di Gedung Aula Syari­ah IAI Trib­ak­ti Kediri. 

Tamu undan­gan dalam acara ini berasal dari Lem­ba­ga Pers Maha­siswa (LPM) Dimen­si Uni­ver­si­tas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung, LPM Al Mil­lah Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Ponoro­go, dan beber­a­pa LPM lain yang bera­da di wilayah Per­him­punan Pers Mahasi­wa Indone­sia (PPMI) Dewan Kota Kediri.

Abdil­lah selaku ket­ua pelak­sana menyam­paikan, pemil­i­han tema launch­ing kali ini berkai­tan den­gan beber­a­pa kasus yang ter­ja­di di era pan­de­mi Covid-19.  Di mana seo­lah ter­ja­di kebungka­man di banyak sek­tor, apala­gi den­gan banyaknya kasus yang sem­pat men­cu­at direntang wak­tu 2020–2021. Den­gan adanya hal terse­but muncul keing­i­nan untuk menun­tut per­samaan demokrasi dan HAM.

Acara kali ini diawali den­gan pem­bukaan den­gan sambu­tan dari Muham­mad Abdil­lah, selaku ket­ua pelak­sana. Dilan­jutkan Huna Nurul Aini, selaku Direk­tur LP2M Coro­ng. Sedan­gkan sambu­tan ter­akhir dis­am­paikan oleh Fajrur Fal­lah, selaku Pres­i­den Maha­siswa IAIT. Sete­lah penyam­pa­ian beber­a­pa sambu­tan, acara berikut­nya penampi­lan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Randik Gupron dan beber­a­pa penampi­lan lainnya.

Sete­lah acara penapi­lan dari beber­a­pa per­wak­i­lan, dilan­jutkan den­gan pema­paran materi dan bedah majalah. Pema­paran per­ta­ma dis­am­paikan oleh Indah Hal­i­ma­tus selaku Pemimpin Redak­si (Pem­red) LP2M Coro­ng, men­ge­nai tema majalah yang mem­ba­has pelang­garan HAM yang ter­ja­di di Papua pada 2021 ini. 

Pema­paran berikut­nya dilan­jutkan oleh Shafi­ra Noor Adli­na, yang meru­pakan anggota dari kam­pa­nye dan mobil­i­tas Komisi untuk Orang Hilang dan Kor­ban Tin­dak Kek­erasan (Kon­tras). Pem­ba­hasan kali ini men­ge­nai pene­gakan hukum pelang­garan HAM di Indone­sia. Selain itu juga men­jabarkan men­ge­nai ben­tuk-ben­tuk pelang­garan dan per­an media atas  HAM. Materi ter­akhir dis­ampikan oleh Tau­fiqur­rochim, yang meru­pakan pen­gacara pub­lik dan Lem­ba­ga Ban­tu­an Hukum (LBH) Surabaya. Dia menyam­paikan materi men­ge­nai kon­sep HAM.

Acara ini ber­jalan den­gan lan­car sam­pai pada pukul dua siang dan ber­jalan sesuai run­down mulai dari pam­er­an majalah hing­ga acara inti yakni launch­ing majalah dan diskusi pam­er­an. Tamu undan­gan juga ter­li­hat antu­sias dan mengiku­ti acara launch­ing den­gan baik.

Indah Hal­i­ma­tus berharap, sete­lah diadakan­nya acara ini teman-teman LP2M Coro­ng akan men­gadakan diskusi lan­ju­tan men­ge­nai majalah dan untuk acara launch­ing majalah berikut­nya bisa lebih baik lagi.

Selain itu Abdil­lah selaku ket­ua pelak­sana juga mengutarakan, “lebih man­tap lagi kare­na yang dipent­ingkan stu­di lapan­gan­nya dap­at dilakukan tan­pa ada pem­bat­asan. Jadi benar-benar riset dilakukan sendiri. Jadi mudah-muda­han tahun depan dan selan­jut­nya penyusunan majalah bisa maksimal.”

Penulis: Neha
Reporter: Neha dan Nizar
Edi­tor: Nurul