Dimensipers.com — Jumat, 14 Jan­u­ari 2022, Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (UIN SATU) Tulun­ga­gung melun­curkan aplikasi pem­ba­yaran dig­i­tal berna­ma SAT­U­Pay. Pelun­cu­ran aplikasi ini ditandai den­gan dige­larnya acara launch­ing yang bertem­pat di Audi­to­ri­um Gedung Arief Mus­taqim lan­tai enam UIN SATU Tulun­ga­gung dan disiarkan lang­sung pada kanal YouTube SATU TV.

Dalam pelak­sanaan­nya, acara ini men­gun­dang per­wak­i­lan dari para dosen pen­ga­jar dan organ­isasi maha­siswa tingkat uni­ver­si­tas ser­ta fakul­tas. Kegiatan ini diawali den­gan menyanyikan lagu Indone­sia Raya dan Mars UIN SATU Tulun­ga­gung, kemu­di­an dilan­jutkan den­gan pem­ba­caan ayat suci Al-Quran oleh Muham­mad Faiz dan dilan­jutkan den­gan pem­ba­caan doa oleh Ngain­un Na’im.

Acara selan­jut­nya dis­abung den­gan hitung mundur seba­gai tan­da telah dilun­curkan­nya aplikasi pem­ba­yaran dig­i­tal SAT­U­Pay dan diteruskan sambu­tan dari rek­tor UIN SATU Tulun­ga­gung, Maf­tukhin. Dalam sambu­tan­nya ia menyam­paikan bah­wa semua bisa bersatu den­gan dig­i­tal­isasi.  “… dis­atukan oleh dig­i­tal, dis­atukan oleh IT, kare­na itu­lah nama kita adalah nama SATU,” ujarnya.

Usai sesi sambu­tan dari rek­tor, acara launch­ing dilan­jutkan den­gan talk­show bersama tiga nara­sum­ber uta­ma yakni; Wak­il Rek­tor (Warek) II Bidang Akademik dan Pengem­ban­gan lem­ba­ga Abdul Aziz, Mif­tachul Hidayah  mewak­ili bagian keuan­gan, dan Edi Prabowo selaku per­wak­i­lan dari tim devolop­er (pengembang-red.)SATUPay. Talk­show terse­but mem­ba­has men­ge­nai aplikasi pem­ba­yaran dig­i­tal SAT­U­Pay mulai dari latar belakang, tujuan, kea­manan, hing­ga tata cara penggunaannya.

Abdul Aziz menye­butkan, bah­wa SAT­U­Pay ini meru­pakan salah satu tan­da trans­for­masi menu­ju tahap mod­ernisasi. “Maka salah satu tan­da untuk bisa menu­ju pada sebuah per­ad­a­ban baru maka kita harus mendig­i­tal­isasi kam­pus kita, men­trans­for­masikan diri pada hal baru yang mod­ern,” ungkapnya.

Menu­rut keteran­gan dari Mif­tachul Hidayah, hadirnya aplikasi SAT­U­Pay ini digu­nakan untuk men­gatasi per­masala­han maha­siswa keti­ka pem­ba­yaran uang kuli­ah tung­gal (UKT). Ia juga menyam­paikan, den­gan adanya SAT­U­Pay maha­siswa tidak per­lu lagi datang ke kam­pus atau ke bank mitra yang telah ditun­juk untuk mem­ba­yar uang kuli­ah tung­gal (UKT), melainkan maha­siswa bisa mem­ba­yarnya melalui hand­phone pribadinya.

Edi Prabowo selaku per­wak­i­lan dari tim devel­op­er (pengem­bang-red.), men­je­laskan men­ge­nai SAT­U­Pay di mana meng­gu­nakan dua sis­tem operasi yang cukup besar yaitu IOS dan android, kemu­di­an sis­tem kea­manan yang telah meng­gu­nakan sis­tem secu­ri­ty trans­ac­tion SSL, lalu dilan­jutkan den­gan tata cara peng­gu­naan aplikasi ini dari awal pendaf­taran sam­pai den­gan aplikasi dap­at digu­nakan untuk bertransaksi.

Per­ta­ma ten­tu saja adalah pendaf­taran, seper­ti biasa. Apa­bi­la kita me-down­load suatu aplikasi pem­ba­yaran  maka di situ akan ada pendaf­taran. Untuk maha­siswa jadi user id-nya sesuai den­gan Nomor Induk Maha­siswa (NIM),” jelas Edi.

Menu­rut Kami­la salah satu maha­siswa juru­san Hukum Ekono­mi Syari­ah yang turut meng­hadiri pada acara launch­ing SAT­U­Pay, aplikasi ini meru­pakan suatu gebrakan baru dan berni­lai plus bagi UIN SATU nan­ti di masa yang akan datang.

Tang­ga­pan lain juga dis­am­paikan oleh Renaldy salah satu maha­siswa UIN Satu, “hara­pan untuk SAT­U­Pay ini mungkin fitur-fitur yang ada di dalam­nya tidak lemot ya, saya harap nan­ti­nya pelayanan di SAT­U­Pay bisa cepat dan mak­si­mal,” terangnya.

Penulis: Fatra Aditya
Reporter: Ana, Yuni, Vidya
Edi­tor: Nurul