Sete­lah dua tahun ber­jalan secara dar­ing, Pen­ge­nalan Budaya Akademik Kam­pus (PBAK) Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung (UIN SATU) dige­lar kem­bali secara tat­ap muka. Tak terke­cuali den­gan Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Keper­gu­ru­an (FTIK) yang dige­lar sela­ma 2 hari mulai tang­gal 18–19 Agus­tus 2022 bertem­pat di lapan­gan UIN SATU Tulun­ga­gung. PBAK FTIK pada tahun ini men­gusung tema “Rekon­truk­si Arah Ger­ak Maha­siswa Di Ten­gah Kom­plek­si­tas Prob­lem Pen­didikan Di Era Dig­i­tal” den­gan hara­pan para maha­siswa akan mahir dibidang dig­i­tal dap­at berper­an di bidang pen­didikan yang akan datang.

Pada hari per­ta­ma, kegiatana PBAK dim­u­lai den­gan maha­siswa baru (Maba) melak­sanakan check-in ter­lebih dahu­lu yang kemu­di­an dilan­jutkan den­gan kegiatan san­tap pagi bersama hing­ga pukul 07.00 WIB. Seti­daknya ada 1700 orang yang mengiku­ti PBAK FTIK, “kisaran 1700 hing­ga 1800-an peser­ta,” ucap Koor­di­na­tor Sie Acara, Fat­ma Nuril Izza. Selan­jut­nya mema­su­ki acara inti, acara dibu­ka den­gan pem­ba­caan ayat-ayat suci Al-Qur’an kemu­di­an dilan­jutkan den­gan menyanyikan lagu kebangsaan Indone­sia Raya dan MARS UIN SATU Tulun­ga­gung. Sete­lah­nya ter­da­p­at pen­ge­nalan jajaran staf FTIK dan visi misi dari FTIK kepa­da selu­ruh maha­siswa baru FTIK.

Acara dilan­jutkan den­gan pema­paran materi yang dis­am­paikan oleh jajaran FTIK. Di antaranya, Prof. Dr. Hj. Bin­ti Mau­nah (DEKAN FTIK), Dr. H. Khoiru Anam, M.Pd.I. (Wadek I FTIK), Dr. Hj. Chus­nul Chami­dah (Wadek II FTIK) dan beber­a­pa jajaran dari FTIK lain­nya ser­ta pema­teri dari luar kam­pus. Materi-materi yang dis­am­paikan meliputi, materi akademik, pen­ge­nalan admin­is­trasi fakul­tas, dan kema­ha­siswaan.  Hal ini sesuai den­gan yang dikatakan Jacques Rah­man­dana selaku Ket­ua Pelak­sana, “ada materi akademik, pen­ge­nalan admin­is­trasi fakul­tas, kema­ha­siswaan. Pem­bukaan pema­paran visi misi oleh dekan, yang ked­ua ada kebi­jakan pub­lik men­ge­nai pen­didikan yang jam ter­akhir materinya sama seper­ti tema,” pungkasnya.

Di dalam acara PBAk FTIK 2022 ini juga ada sesi mozaik FTIk yakni mem­bu­at kore­ografi yang telah dis­ep­a­kati den­gan meng­gu­nakan Pap­per mob. Namun, dari penu­tu­ran salah satu maha­siswa baru, Amalia, kegiatan mozaik FTIK ini kurang koor­di­nasi sehing­ga memakan wak­tu yang cukup lama. “kan pake paper mob gitu lo nah itu kayane pani­tianya kurang brief­ing jadi kayak wes pua­nas nggak jadi-jadi,” tuturnya.

Kemu­di­an acara dilan­jutkan den­gan pema­paran materi ter­akhir dan dilan­jutkan den­gan doa penut­up sebelum para maha­siswa baru ini pulang ke rumah mas­ing-mas­ing. Kegiatana PBAK ini memang tidak ber­jalan sesuai run­down yang telah dis­usun. Acara berlang­sung lebih cepat dari jad­w­al yang telah ditentukan.

Sebelum mengiku­ti kegiatan PBAK, para maha­siswa baru harus mengisi link pendaf­taran yang sudah ada dan melengkapi per­syaratan-per­syaratan yang sudah ter­can­tum di keten­tu­an PBAK FTIK tahun ini. Syarat-syaratanya yang telah diten­tu­akan salah sat­un­ya meny­er­ahkan pak­ta integri­tas. Pak­ta integri­tas digu­nakan agar para maha­siswa baru FTIK berkomit­men mengiku­ti PBAK. Namun, dari para maba tidak ada yang tahu men­ge­nai fungsi dari pak­ta integri­tas itu sendiri. “Nggak tau. Kurang dije­laskan juga, cuma dis­u­ruh mengisi doang tapi nggak tau buat apa juga,” ungkap Amalia.

Pada hari ked­ua, kegiatan diawali den­gan check-in peser­ta dan dilan­jutkan den­gan kegiatan san­tap pagi bersama layaknya pada hari per­ta­ma dari pukul 05.30 hing­ga 07.00 WIB. Sete­lah­nya ada sesi pen­ge­nalan ormawa (organ­isasi maha­siswa) hing­ga pukul 09.00 WIB, yang kemu­di­an dilan­jutkan den­gan pema­paran materi kebi­jakan pub­lik plus ishoma pukul 13.30 WIB atau seu­sai sholat Jum’at dilaksanakan.

Seu­sainya ishoma, acara PBAK dilan­jutkan den­gan pema­paran materi rekro­n­truk­si arah ger­ak atau materi tema uta­ma PBAK FTIK yang diisi oleh dua orang pema­teri dari luar, yakni LBH PBNU, Dr. Aziz Hakim, M. H. dan Wak­il ket­ua PCNU Kab. Tulun­ga­gung, M. Fat­tah Mas­run, M. Si. Dilan­jutkan Ishoma sholat ashar dan pen­si dim­u­lai seu­sai ishoma sholat ashar dari pukul 16.00 hing­ga 20.00 WIB ter­po­tong sholat maghrib sek­i­tar 30 menit. Kemu­di­an acara pamungkas, yaitu reflek­si kemerdekaan yang akan diisi oleh 3 ora­tor. Sete­lah mengiku­ti selu­ruh kegiatan PBAK, para mahas­siswa baru FTIK akan men­da­p­atkan ser­ti­fikat dari pani­tia. Namun, den­gan syarat ter­ten­tu di antaranya, para maha­siswa baru harus mengiku­ti selu­ruh kegiatan PBAK, merekap dan mere­view materi-materi yang telah dis­am­paikan, kemu­di­an dibu­at men­ja­di mind map ser­ta diung­gah ke insta­gram prib­a­di mas­ing-mas­ing. “Harus mengiku­ti pan­el 1, pan­el 2, kemu­di­an mere­view materi, mem­bu­at mind map dan diu­pload ke insta­gram mas­ing-mas­ing baru mere­ka men­da­p­atkan ser­ti­fikat,” ungkap Fatma.

Penulis: Fatra,
Reporter: Fatra, Dafa, zakky

Edi­tor : Nurul