Dimensipers.com- 31 Okto­ber 2018, ada yang berbe­da dari wajah lapan­gan ten­gah kam­pus IAIN Tulun­ga­gung beber­a­pa hari ter­akhir ini. Per­nak-pernik deko­rasi bazar ter­li­hat dari sisi barat sam­pai timur lapan­gan. Semen­jak 29 Okto­ber 2018, Him­punan Maha­siswa Pen­didikan Bahasa Arab (HMJ PBA) menye­leng­garakan Geb­yar Bahasa Arab IAIN Tulun­ga­gung GBIT. Salah satu rangka­ian acara GBIT ialah majelis ilmu dan sholawat seba­gai malam pun­cak penu­tu­pan acara.

Majelis ilmu dan sholawat ini meng­hadirkan Habib Hasan Bin Ali Assegaf dan Ustadz Suyuthi dan juga grup sholawat Ahbab­ul Musto­fa ser­ta para Habib dari Yogyakar­ta. Menang­gapi terse­leng­garanya acara ini, Novi Aryani, maha­siswa semes­ter 3 juru­san Tadris Bahasa Indone­sia, men­gungkap­kan apre­si­asinya. “Menu­rutku bagus diadakan acara-acara seper­ti ini, bisa dicon­toh untuk juru­san-juru­san lain tapi ya ndak harus sama per­sis yang diun­dang. Dari­pa­da ngun­dang DJ-DJ-an lebih baik ya yang kaya gini, lebih adem dap­at berkah lagi.”

Tapi sayangnya masih banyak maha­siswa yang kurang berpar­tisi­pasi, seharus­nya banyak yang datang terus bareng-bareng muhasabah, mengin­gat alma­mater kita berba­sis isla­mi jadi ya kalau men­gun­dang habib-habib gini seharus­nya banyak yang hadir biar keli­hatan kom­paknya. Acaranya bagus untuk yang lagi galau atau butuh kete­nan­gan hati.” Tam­bah Novi.

Acara majelis ilmu dan sholawat ini dibu­ka untuk umum ini, meru­pakan agen­da tahu­nan HMJ PBA. “Acara geb­yar bahasa Arab itu untuk memeringati bulan bahasa. Tujuan­nya men­syiarkan lagi kepa­da teman-teman untuk lebih tahu juru­san PBA.” Ungkap Muham­mad Torik Mif­tahudin selaku ket­ua penyelenggara.

Sebelum malam pun­cak, HMJ PBA juga menye­leng­garakan berba­gai per­lom­baan tingkat Jawa Timur. “Ada tujuh macam per­lom­baan tingkat Jawa Timur yang meli­batkan peser­ta umum dan pela­jar SMA seder­a­jat.” Jelas Torik.

Men­ge­nai latar belakang dis­e­leng­garakan­nya acara ini, Fajar Diki Rama­di, selaku ket­ua HMJ PBA menu­turkan “Sebe­narnya awal mula geb­yar bahasa Arab IAIN Tulun­ga­gung ini bermu­la pada tahun 2015, yang mana itu agen­da per­ta­ma yang ter­ma­suk agen­da tahu­nan yang juga agen­da besar kami. Jadi isti­lah­nya geb­yar bahasa Arab IAIN Tulun­ga­gung ini dis­e­leng­garakan seti­ap satu tahun sekali.”[]

Reporter: Zulfa/Nifa