Berdasarkan Kepu­tu­san Direk­torat Jen­dral Pen­didikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016, Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) adalah salah satu agen­da yang wajib dis­e­leng­garakan oleh kam­pus yang bera­da di bawah naun­gan PTKIN (Per­gu­ru­an Ting­gi Keaga­maan Islam Negeri). Begi­tu pula den­gan UIN Ali Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung yang juga menye­leng­garakan PBAK pada 16–19 Agus­tus 2022.

Berbe­da den­gan 2 tahun sebelum­nya yang mana PBAK diadakan secara dar­ing aki­bat dari adanya pan­de­mi Covid-19, tahun ini PBAK mulai kem­bali dilak­sanakan den­gan sis­tem lur­ing. Untuk PBAK di tingkat uni­ver­si­tas kali ini dilak­sanakan pada tang­gal 16–17 Agus­tus 2022. PBAK 2022 ini diiku­ti oleh selu­ruh maha­siswa baru yang berjum­lah 5050 maha­siswa dari selu­ruh juru­san dan fakultas.

PBAK adalah ger­bang awal dan langkah awal maha­siswa baru untuk men­ge­nal sejarah kam­pus, lem­ba­ga-lem­ba­ga yang ada di kam­pus, civ­i­tas akademi­ka, sis­tem kuriku­lum, dan mod­el pem­be­la­jaran yang ada di kam­pus,” ucap Bayu selaku ket­ua pelak­sana PBAK 2022 dalam salah satu video youtube Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (DEMA) UIN SATU.

Tema PBAK kali ini adalah “Maha­siswa Berper­an, Mem­ban­gun Per­ad­a­ban Gemi­lang”. Dalam keteran­gan ket­ua pelak­sana pada Dia­log Dimen­si episode 10, Bayu men­gatakan bah­wa esen­si dari tema ini adalah ten­tang bagaimana per­an maha­siswa untuk keber­lang­sun­gan kema­juan per­ad­a­ban di Indone­sia mengin­gat nan­ti di tahun 2045 Indone­sia akan menyam­but gen­erasi emas.

Hari Per­ta­ma PBAK Universitas

Hari per­ta­ma PBAK tang­gal 16 Agus­tus 2022 peser­ta ter­pan­tau mulai berbaris 3 ban­jar sejak pukul 5.07 WIB. Peser­ta mulai mema­su­ki kam­pus pada pukul 05.23 WIB den­gan menyanyikan lagu wajib nasion­al. Sam­bil menung­gu peser­ta lain, mere­ka berbaris di lapan­gan depan gedung Per­pus­takaan sem­bari menden­garkan orasi dari pani­tia. Orasi yang digaungkan bertemakan pen­didikan, keis­la­man, kema­ha­siswaan, dan kebangsaan. Sebelum acara pem­bukaan dim­u­lai, peser­ta di rahkan untuk menyan­tap makanan yang wajib mere­ka bawa seba­gai syarat mengiku­ti acara.

Pem­bukaan dim­u­lai sek­i­tar pukul 8.20 WIB, dipan­du oleh dua orang pem­bawa acara dan dilan­jutkan den­gan pem­ba­caan ayat suci Al-Quran dan sambu­tan. Penyam­pa­ian sambu­tan dari Bayu Afrizal selaku ket­ua pelak­sana PBAK 2022, Abdur­rah­man Assyidiqi Fird­e­va ket­ua DEMA UIN SATU Tulun­ga­gung, dan yang ter­akhir Rek­tor UIN SATU Tulun­ga­gung, Prof. Dr. Maf­tukhin, M.Ag. sekali­gus mem­bu­ka acara secara sim­bo­lis den­gan menabuh gong dan dis­usul den­gan pelepasan balon.

Sete­lah pem­bukaan acara PBAK 2022 sele­sai, acara dilan­jutkan den­gan pem­bu­atan mozaik den­gan 14 for­masi berbe­da. Selan­jut­nya para peser­ta PBAK diper­bolehkan untuk isti­ra­hat sejenak.

Acara dilan­jutkan den­gan penyam­pa­ian materi per­ta­ma dan ked­ua sek­i­tar pukul 13.00 WIB di lapan­gan uta­ma UIN SATU Tulun­ga­gung yang ter­letak di sebe­lah timur rek­torat. Materi PBAK 2022 yang per­ta­ma adalah materi ten­tang Pen­didikan yang dis­am­paikan oleh Prof. Dr. Ngain­un Naim, M. H. I. den­gan Dimas Prakoso, M.A. seba­gai moderator.

Dilan­jutkan den­gan materi ked­ua ten­tang Kebangsaan yang dis­am­paikan oleh Prof. Dr. Hariy­ono, M.Pd. yang meru­pakan Man­tan Wak­il Kepala Badan Pem­bi­naan Idi­olo­gi Pan­casi­la) den­gan Yudi Kris­no Wicak­sono, M. IP. selaku mod­er­a­tor. Agen­da penyam­pa­ian materi pun berakhir sek­i­tar pukul 16.30 WIB.

Acara dilan­jutkan sek­i­tar pukul 18.30 den­gan agen­da FGD (Forum Grup Dis­cus­sion). Acara ini juga meru­pakan penut­up dari kegiatan hari per­ta­ma PBAK UIN SATU 2022. “Di dalam­nya (FGD) P/IP (Pendamping/Instruktur Pen­damp­ing) bebas melakukan acara yang dirasa berman­faat bagi maha­siswa baru dalam mengiku­ti kegiatan PBAK, seper­ti mere­view materi yang telah dis­am­paikan ataupun melakukan shar­ing antara satu den­gan yang lain,” ujar Faizin selaku IP.

Hari Ked­ua PBAK Universitas

PBAK hari ked­ua bertepatan den­gan hari kemerdekaan Repub­lik Indone­sia yang ke-77. Sehing­ga, hari ked­ua ini diawali den­gan rangka­ian upacara peringatan hari kemerdekaan Indone­sia. Selain diiku­ti oleh selu­ruh peser­ta PBAK 2022, upacara ini turut dihadiri juga oleh rek­tor dan jajaran­nya, dekan seti­ap fakul­tas dan jajaran­nya, selu­ruh dosen, ser­ta karyawan UIN SATU Tulungagung.

Upacara berlang­sung sela­ma kurang lebih satu jam. Di penghu­jung upacara dis­elin­gi peny­er­a­han rekor dari muse­um rekor dunia Indone­sia untuk UIN SATU Tulun­ga­gung. UIN SATU mem­per­oleh peng­har­gaan seba­gai pem­rakarsa pem­bu­atan buku ter­te­bal karangan maha­siswa baru 2020 den­gan tebal 130 cm dan 20.490 halaman.

Sete­lah upacara kemerdekaan RI ke-77 sele­sai dilak­sanakan, para peser­ta PBAK 2022 ber­jalan menu­ju lapan­gan uta­ma untuk kem­bali menden­garkan penyam­pa­ian materi ke 3 dan ke 4. Materi keti­ga bertemakan kema­ha­siswaan. Materi ini dis­am­paikan oleh Wak­il Rek­tor 1, Wak­il Rek­tor 2, Wak­il Rek­tor 3, dan Kepala Biro AUPK den­gan Mega Tan­jung Hap­sari, M. AP seba­gai moderator.

Materi keem­pat dilak­sanakan selepas isti­ra­hat den­gan materi keis­la­man yang dis­am­paikan oleh K.H Marzuqi Mus­ta­mar, M.Ag (Pimp­inan Pon­dok Pesantren Sabi­ilul Rosyad, Gasek, Malang) den­gan Dr. A. Yuz­ki Farid­i­an Nawafi, S. Hum., M. Pd. selaku mod­er­a­tor. Selepas materi, peser­ta diarahkan untuk melak­sanakan FGD seper­ti hal­nya PBAK hari pertama.

Acara dilan­jutkan kem­bali sek­i­tar pukul 19.00 WIB bertem­pat di lapan­gan depan Per­pus­takaan den­gan agen­da doa bersama dan tasyaku­ran. Peser­ta diwa­jibkan untuk mem­bawa tumpeng mini yang nan­ti­nya di penghu­jung acara akan dimakan bersama-sama. Acara PBAK Uni­ver­si­tas 2022 pun akhirnya berakhir sek­i­tar pukul 20.30 WIB.

Penulis: Annisa’
Reporter: Annisa’

Edi­tor : Nurul