Sejak Desem­ber 2013, Seko­lah Ting­gi Aga­ma Islam Negeri (STAIN) Tulun­ga­gung telah berubah men­ja­di Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung. Peruba­han yang dilakukan IAIN (dulu STAIN) ten­tun­ya juga mem­bu­at lingkun­gan sek­i­tar IAIN men­ja­di men­ja­di bang­ga akan per­gu­ru­an ting­gi yang bera­da di desa plosokan­dang keca­matan kedung­waru kabu­pat­en tulun­ga­gung ini.

Keber­adaan IAIN Tulungagung

Keti­ka crew DIMëN­SI melakukan sur­vey kepa­da masyarakat Plosokan­dang terkait keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung, ada sek­i­tar 125 orang respon­den yang ter­li­bat dalam sur­vey ini. Dari 125 respon­den, 109 orang men­jawab senang den­gan keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung, sedan­gkan 16 orang memil­ih untuk absen.

Banyaknya  pros­en­tase masyarakat yang men­jawab senang den­gan keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung, ten­tun­ya men­jadikan keber­adaan IAIN di masyarakat semakin kuat. Selain itu, masyarakat secara tidak lang­sung juga men­dukung den­gan keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung. Berikut pros­en­tase jawa­ban masyarakat ter­hadap keber­adaan IAIN Tulungagung.

 

Keter­li­batan IAIN Tulun­ga­gung di Masyarakat

Den­gan dukun­gan dari masyarakat atas keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung, masyarakat seti­daknya juga merasa memi­li­ki akan adanya IAIN. Namun apakah dukun­gan atas keber­adaan IAIN Tulun­ga­gung dari masyarakat, IAIN juga ikut dalam mem­ban­gun masyarakat sek­i­tar? Mengin­gat pengab­di­an kepa­da masyarakat meru­pakan salah satu Tri Dar­ma per­gu­ru­an tinggi?

Keter­li­batan IAIN Tulun­ga­gung dalam kegiatan sosial masyarakat masih cen­derung lemah. Ini dil­i­hat dari hasil sur­vey yang dilakukan oleh crew DIMëN­SI yang meli­batkan 126 respon­den. Dari 126 repon­den terse­but, 46 orang men­gatakan bah­wa par­tisi­pasi IAIN di masyarakat baik, 40 orang respon­den men­gatakan sedang atau biasa biasa saja, dan 31 orang respon­den men­gatakan bah­wa par­tisi­pasi IAIN di masyarakat  masih kurang atau bisa dikatakan lemah.

Hasil sur­vey diatas telah mem­buk­tikan tingkat par­tisi­pasi IAIN kepa­da masyarakat sek­i­tar yang masih min­im, meskipun banyak masyarakat yang men­gatakan par­tisi­pasi IAIN Tulun­ga­gung kepa­da masyarakat masuk dalam kat­e­gori “baik”. Den­gan begi­tu, IAIN per­lu untuk lebih meningkatkan par­tisi­pasinya kepa­da masyarakat untuk men­jadikan masyarakat plosokan­dang men­ja­di lebih baik.

 

Maha­siswa dan Kegiatan Masyarakat

Keter­li­batan IAIN tulun­ga­gung dalan berpar­tisi­pasi kepa­da masyarakat tidak hanya dari kalan­gan karyawan dan dosen, per­an maha­siswa juga tidak kalah pent­ing. Tan­pa keber­adaan maha­siswa, nis­caya IAIN hanyalah sebuah gedung yang megah tan­pa bisa mem­pro­duk­si sum­ber daya manu­sia yang dibu­tuhkan untuk mengem­bangkan peradaban.

Keber­adaan maha­siswa yang cukup pent­ing di kam­pus, tidak dibaren­gi den­gan pengab­di­an­nya kepa­da masyarakat sek­i­tar. Par­tisi­pasi yang dilakukan oleh mah­siswa kepa­da masyarakat masih men­gala­mi banyak keku­ran­gan. Dari data kue­sion­er yang dilakukan crew DIMëN­SI dan meli­batkan 124 orang, hanya 26 orang yang men­jawab baik, sedan­gkan  55 orang men­jawab sedang, dan sisanya 43 orang men­jawab kurang.

Meli­hat hasil sur­vey diatas, per­an maha­siswa kepa­da lingkun­gan sek­i­tar masih lemah. Hal ini menan­dakan maha­siswa seba­gai agen peruba­han masih belum mam­pu mema­ha­mi kon­disi sek­i­tarnya. Den­gan begi­tu abainya maha­siswa ter­hadap lingkun­gan sek­i­tar, maha­siswa yang digadang-gan­dang seba­gai agen peruba­han sam­pai bebe­bara­pa tahun ke depan sudah ham­pir dap­at dipastikan tidak akan peruba­han yang sig­nifikan di negeri ini.

Dari keselu­ruhan sur­vey di atas, kiranya kita per­lu meli­hat kem­bali ke dalam diri mas­ing-mas­ing, bagaimana seharus­nya sikap kita ter­hadap masyarakat. Kam­pus dan semua ele­men yang ada di dalam­nya ten­tu belum lupa pada trid­har­ma per­gu­ru­an ting­gi beser­ta spir­it yang ditawarkan. Keu­tuhan keber­adaan kam­pus bukan sekedar pada aktiv­i­tas perku­li­a­han yang berbun­tut pada Indeks prestasi memukau, lebih dari itu, kam­pus hen­daknya men­ja­di sebuah tem­pat yang mam­pu mem­bu­ka mata pada kepedu­lian kepa­da lingkun­gan sek­i­tarnya. Semoga kam­pus yang sudah memi­li­ki label IAIN ini tidak ser­ta-mer­ta mem­bawa kita lupa bah­wa sejatinya kita adalah keping puz­zle yang tidak boleh ter­lepas dari masyarakat sekitar.[]/Mamil, Rat­na, Pang­pa, Mumu, San­tos, Jazil, Habibi, Eka, Nawawi//