Tulun­ga­gung (18/4), Pen­tas Seni dan Kreativ­i­tas Maha­siswa (PSKM) dibu­ka sejak hari Ming­gu 16 April 2017. Mema­su­ki hari ke‑3 sejak dibukanya PSKM, banyak keluhan dari peser­ta, teruta­ma padamnya listrik.  Listrik seba­gai pen­erang dis­e­ti­ap stand ham­pir saban hari padam. Alasan uta­ma listrik padam dise­babkan kare­na barang elek­tron­ik yang digu­nakan melebi­hi kap­a­sitas listrik.

Ali­ran listrik seba­gai pen­erang sendiri hanya berasal dari ali­ran listrik Kam­pus. Tidak ada penye­waan alat ban­tu seper­ti Diesel untuk menun­jang PSKM. Itu adalah upaya menekan pen­gelu­aran anggaran PSKM.

Listrik ser­ing mati itu kare­na kelebi­han daya barang yang digu­nakan, seper­ti kulkas. Saya kan tanya kemarin kalau kulkas itu kap­a­sitas­nya 420 watt dan itu bisa mem­ber­atkan ali­ran listrik. Jadi itu yang menye­babkan listrik ser­ing padam”, tutur Bayu selaku ket­ua pani­tia PSKM 2017.

Meli­hat kon­disi listrik yang ser­ing padam, pani­tia PSKM men­co­ba mem­berikan pengert­ian kepa­da peser­ta PSKM untuk mengkalku­lasi ulang daya listrik yang diper­lukan diti­ap stand.

Meli­hat kon­disi sekarang ser­ing padam, ya kami men­co­ba mem­berikan pengert­ian kem­bali para peser­ta PSKM. Untuk lebih efisien lagi meng­gu­nakan listrik”, tutur Bayu.

Pani­tia semakin dibin­gungkan den­gan per­si­a­pan untuk penampi­lan fes­ti­val band dan penampi­lan-penampi­lan dihari selan­jut­nya. Apala­gi dua hari men­datang dijad­walkan PSKM menye­leng­garakan fes­ti­val Band yang ten­tun­ya bakal menam­bah alat elek­tron­ik tam­ba­han. Otoma­tis bakal memer­lukan tam­ba­han ali­ran listrik.

Kare­na meli­hat dua hari lagi ada pen­tas seni Band yang pastinya meng­gu­nakan banyak ali­ran listrik”, tam­bah Bayu

Agen­da PSKM yang semakin hari semakin padat memer­lukan ali­ran listrik yang lumayan. Den­gan kon­disi listrik yang ser­ing padam, belum dita­m­bah den­gan beber­a­pa alat elek­tron­ik untuk keper­lu­an fes­ti­val band hing­ga page­laran wayang, dikhawatirkan kap­a­sitas listrik kam­pus tidak cukup. Pani­tia kini yang men­co­ba menyi­asatinya den­gan sosial­isasi peng­gu­naan listrik yang efek­tif dan efisien. Tapi, solusi cer­das pani­tia apakah mam­pu menun­jang daya listrik yang diper­lukan? Kita tung­gu saja. []

Ania

penyu­ka sas­tra, trav­el­ing, berkhay­al, pengge­mar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).