Kon­gres IV SEMA‑I yang baru dibu­ka kemarin (23/5) akhirnya ditun­da lagi. Pasal­nya, ter­ja­di mis­sko­or­di­nasi  soal pem­in­ja­man tem­pat antara pani­tia penye­leng­gara den­gan kam­pus. Peser­ta pun menye­salkan penun­daan penye­leng­garaan kon­gres IV tersebut.

Menu­rut jad­w­al, kon­gres harus­nya dilak­sanakan pada tang­gal 22 Mei 2017. Namun kare­na ada beber­a­pa kendala kon­gres akhirnya baru dibu­ka res­mi kemarin (23/5). Pem­bukaan kon­gres IV  terse­but dihadiri dan dibu­ka  lang­sung oleh Nur Efen­di  selaku wak­il rek­tor III  bidang Kema­ha­siswaan, Ker­jasama dan Alum­ni. Namun, sete­lah kon­gres dibu­ka, pani­tia secara men­dadak mem­ber­i­tahukan bah­wa kon­gres harus ditun­da lagi. Selan­jut­nya pani­tia men­erangkan bah­wa kon­gres IV SEMA‑I akan dilak­sanakan lagi pada tang­gal 25,26 dan 27 Mei 2017.

Ihw­al penun­daan, Aldino selaku ket­ua acara kon­gres IV men­je­laskan, ada misko­or­di­nasi antara pani­tia  den­gan pihak rek­torat soal pem­in­ja­man tem­pat. “Kan jadi awal­nya memang dari  pihak SEMA‑I ini men­girinkan surat kepa­da rek­torat terkait pin­ja­man tem­pat, dari pihak rek­torat sendiri pun tidak mem­ber­i­tahukan bah­wasan­nya ada acara diskusi pub­lik”, terangnya. Lebih jauh Aldino men­gaku bah­wa pihak rek­torat baru men­gon­fir­masi keti­ka acara pem­bukaan, kalau aula uta­ma digu­nakan untuk agen­da kam­pus dan men­yarankan untuk men­cari tem­pat lain.

Semen­tara pihak rek­torat mem­berikan keteran­gan berbe­da keti­ka dite­mui crew Dimёn­si di ruan­gan­nya. Ruroh selaku penang­gung jawab fasil­i­tas men­je­laskan bah­wa pani­tia kon­gres sebe­narnya sudah men­ga­jukan surat pem­in­ja­man fasil­i­tas aula Sai­fudin Zuhri untuk tang­gal 22–24 Mei 20017. Namun surat pem­in­ja­man terse­but tidak didis­po­sisi oleh pihak rek­torat, pasal­nya pada hari selasa (23/5) aula Sai­fudin Zuhri digu­nakan untuk tes UMPTKIN, sedan­gkan aula uta­ma digu­nakan untuk diskusi publik.

Agen­da diskusi pub­lik meru­pakan him­bauan lang­sung dari Sek­jen kepa­da Rek­tor dalam rang­ka memeperingati hari kebangk­i­tan nasion­al. “Kami juga sudah melakukan kon­fir­masi kepa­da pani­tia penye­leng­gara bah­wa aula Sai­fudin Zuhri dan aula uta­ma digu­nakan, lalu kami men­gin­struk­sikan kepa­da pani­tia kon­gres untuk men­cari tem­pat lain”, terangnya.

Kita tahu IAIN Tulun­ga­gung pun­ya 6 aula, Aula Uta­ma, Aula Rek­torat, Aula gedung Sai­fudin Zuhri, Aula gedung Arif Mus­taqim, Aula Pas­casar­jana, Aula UKM. Namun untuk aula aula uru­tan keem­pat per­ta­ma yang dise­butkan sedang digu­nakan. Sehing­ga masih ada aula Pas­casar­jana yang bisa digu­nakan meskipun hari Rabu paginya dipakai untuk acara BPI. Juga masih ada aula UKM yang bisa digunakan.

Peser­ta kon­gres akhirnya menye­salkan soal penun­daan (lagi) kon­gres IV terse­but. Salah satu peser­ta kon­gres men­gaku bah­wa pen­gun­duran kon­gres terse­but dis­en­ga­ja kare­na kurangnya per­si­a­pan kepani­ti­aan. Salah seo­rang peser­ta lain yang mem­inta dis­em­bun­yikan iden­ti­tas­nya juga men­gaku kece­wa den­gan pen­gun­duran kon­gres IV SEMA I, “Jika kon­gres dilak­sanakan pada tang­gal 25, 26 dan 27 pasti kam­pus dalam keadaan sepi kare­na mendekati bulan puasa dan pasti yang bakal memil­ih ya itu-itu saja seper­ti sebelum-sebelum­nya” terangnya.

Selan­jut­nya ia men­erangkan bah­wa, pen­gun­duran kon­gres terse­but menun­jukkan seber­a­pa jauh men­tal dan keseriu­san SEMA‑I dalam menye­leng­garakan kon­gres. Seti­daknya kalau ingin kon­gres tetap ber­jalan bisa diakali den­gan meng­gu­nakan aula yang sedang tidak ter­pakai untuk semen­tara sam­pai Aula Uta­ma bisa digu­nakan dari­pa­da menun­da terus ber­jalan­nya kongres.[]