Dimensipers.com (3/11). Semarak hari Sumpah Pemu­da masih menggelo­ra dalam ingatan kolek­tif bangsa Indone­sia. Begi­tu juga Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (DEMA) FUAD IAIN Tulun­ga­gung yang mengge­lar lom­ba esai untuk mem­peringatinya. Lom­ba ini dipe­run­tukkan tingkat SMA se-Jawa Timur.

Kegiatan ini meng­gabungkan peringatan Sumpah Pemu­da den­gan Fakul­tas Ushul­lud­din Adab dan Dak­wah yang salah satu kon­sen­trasinya men­gangkat wacana tol­er­an­si. Melalui tulisan, pan­dan­gan siswa dalam meli­hat fak­ta-fak­ta di lingkun­gan sek­i­tarnya dihara­p­kan semakin sensitif.

Tema kegiatan ini berta­juk “Seman­gat Tol­er­an­si dalam Ker­aga­man bagi Gen­erasi muda”. Dari berba­gai tulisan dari siswa, akhirnya 10 tulisan ter­baik lolos mengiku­ti tahap pre­sen­tasi dan penen­tu­an juara di gedung Arief Mus­takim IAIN Tulun­ga­gung pada ming­gu, 29 Okto­ber 2017. Kegiatan ini mam­pu mem­om­pa seman­gat siswa untuk menuliskan gagasan tol­er­ansinya ke dalam tulisan.

Kon­sep awal kegiatan ini ingin meli­hat bagaimana siswa mema­ha­mi tol­er­an­si. Sela­ma ini masih banyak yang menyuarakan tol­er­an­si, tetapi dalam prak­tiknya  suara terse­but tidak berdampak apa-apa. Per­lu dipa­ha­mi lebih jauh, Fakul­tas Ushu­lud­din Adab dan Dak­wah IAIN Tulun­ga­gung sudah lama kon­sen den­gan tema ini.

Berba­gai diskusi den­gan komu­ni­tas aga­ma yang berbe­da juga sudah terse­leng­gara. Saat hari Tol­er­an­si Inter­na­sion­al tahun lalu tepat­nya 16 Desem­ber 2016, maha­siswa FUAD juga menarik suatu diskur­sus ten­tang seman­gat Nasion­al­isme diten­gah keber­aga­man aga­ma. Dr. Abad Badruz­za­man selaku Dekan FUAD menarik benang mer­ah fakul­tas yang ia pimpin itu, bah­wa FUAD adalah fakul­tas kemanu­si­aan. Sebe­narnya, gagasan besarnya tidak per­nah bergeser, akan tetapi bungkus­nya dike­mas den­gan wajah baru yang seg­men­tasinya siswa.

Ket­ua Dema FUAD IAIN Tulun­ga­gung Imam Safi’i dalam sambu­tan­nya, men­je­laskan bah­wa sebuah ban­gu­nan yang kokoh negeri ini seper­ti Bhin­neka Tung­gal Ika beraw­al dari sebuah ima­ji­nasi. Tidak ada ben­tuk gagasan besar yang tiba-tiba muncul tan­pa pros­es ima­ji­nasi. ini hanyalah awal, selebi­h­nya ter­gan­tung pada kalian. Jadi, beri­ma­ji­nasi­lah set­ing­gi-tingginya untuk mem­bu­at­nya men­ja­di nya­ta. Salah sat­un­ya menulis, kare­na den­gan menulis hidup­mu penuh keabadian.

Pre­sen­tasi lom­ba esai dibu­ka oleh wak­il dekan bidang kema­ha­siswaan FUAD Dr. Teguh M.Ag. men­gaku san­gat senang agen­da ini dap­at dis­e­leng­garakan, uta­manya tema yang dis­ajikan sesuai den­gan kebu­tuhan hari ini. Teguh menam­bahkan bah­wa tol­er­an­si men­ja­di ciri keber­aga­man di masa lalu. Tol­er­an­si meru­pakan warisan yang harus tetap dija­ga dan dipupuk. Oleh kare­na itu, sudah sep­a­n­tas­nya gen­erasi muda mewarisinya.

Selan­jut­nya, peser­ta mem­p­re­sen­tasikan hasil tulisan­nya. Peser­ta lom­ba esai men­je­laskan tawaran gagasan tol­er­ansinya dihada­pan dewan juri. Berba­gai kri­tik dan masukan dari dewan juri begi­tu pent­ing untuk mem­per­bai­ki tulisan peser­ta ke depan­nya. Ide, sis­tem­ati­ka penulisan, dan pen­guasaan materi saat pre­sen­tasi men­ja­di tolak ukur penilaian.

Akhirnya juara 1 diraih oleh  lailat­ul Mah­firoh dari MAN Pasu­ru­an den­gan judul NKRI itu Khi­lafah? (Bela­jar Merangkai Keber­samaan dari Keber­aga­man). Juara 2 diraih Laili Nur Adi­ani dari SMAN 1 Kedung­waru den­gan judul Pemu­da Pen­do­brak Nilai Tol­er­an­si. Ser­ta juara 3 diraih oleh Ayu Larasati dari SMAN 1 Bade­gan, Ponoro­go den­gan judul STC (Stu­dent Tol­er­ance Com­mu­ni­ty) seba­gai Agen Edukasi Sikap Tol­er­an­si pada Siswa.

Dewan juri sedik­it mem­berikan wawasan men­ge­nai macam-macam tulisan secara umum. Wawasan ini diberikan untuk menge­tahui gam­baran tulisan siswa sesuai den­gan mod­el­nya. Kare­na ini esai, ten­tu kemasan tulisan­nya adalah opi­ni. Tetapi jan­gan melu­pakan argu­men­tasi-argu­men­tasi yang men­guatkan ide besarnya. Fak­ta-fak­ta di kehidu­pan nya­ta bisa diam­bil seba­gai cer­mi­nan situ­asi tol­er­an­si di Indone­sia sekarang ini.

Kebanyakan peser­ta mem­pun­yai tokoh idola dalam menulis dan tokoh itu telah men­gin­spi­rasi dirinya untuk melu­ap­kan idenya ke dalam tulisan. Mere­ka men­gaku senang den­gan kegiatan seper­ti ini dan tidak menyang­ka bakal menya­bet juara. Peser­ta hadir bersama pem­bi­nanya mas­ing-mas­ing. Pem­bi­nanya men­gapre­si­asi kegiatan ini dan meng­hara­p­kan kegiatan ini rutin dige­lar seti­ap tahun­nya. Den­gan adanya kegiatan ini, cakrawala penge­tahuan tol­er­an­si siswa dap­at diprak­tekkan untuk men­gu­ran­gi diskrim­i­nasi, ketim­pan­gan masalah keaga­maan, suku, ras dan lain sebagainya. []

 

*Penulis adalah Ket­ua DEMA FUAD IAIN Tulun­ga­gung; Peneli­ti Muda Insti­tute for Javanese Islam Research (IJIR)