Selasa (11/7), calon maha­siswa baru yang mendaf­tar di IAIN Tulun­ga­gung men­gala­mi pen­ingkatan diband­ingkan den­gan tahun – tahun sebelum­nya. Ter­hi­tung sek­i­tar 6000 (enam ribu) calon maha­siswa yang mendaf­tar. Dilan­jut den­gan UMPTKIN sek­i­tar 1965 (seribu sem­bi­lan ratus enam puluh lima) dan 1550 (seribu limara­tus lima puluh) pendaf­tar lewat jalur mandiri.

Dari sekian banyak calon maha­siswa baru yang mendaf­tar di IAIN Tulun­ga­gung, hanya sek­i­tar 4500 (empat ribu lima ratus) calon maha­siswa yang akan diny­atakan diter­i­ma. Mes­ki jum­lah masasi­wa yang diter­i­ma sama den­gan tahun kemarin, namun pem­i­nat dari IAIN Tulun­ga­gung meningkat drastis sek­i­tar 30%  dari tahun kemarin. Selain maha­siswa dari dalam negeri IAIN Tulun­ga­gung juga menyedikan kuo­ta untuk maha­siswa luar negeri khusus­nya yang berasal dari Thai­land sebanyak 500 calon maha­siswa baru.

Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung menye­leng­garakan ujian masuk Jalur Mandiri untuk calon mahaiswa baru IAIN Tulun­ga­gung pada tang­gal 11 Juli 2017. Ujian ini diiku­ti oleh sek­i­tar 1550 calon maha­siswa baru.  Agen­da ini dilak­sanakan di gedung KH. Mus­takhim IAIN Tulungagung.

Pelak­sanaan ujian jalur mandiri dim­u­lai pukul 07.30 sam­pai 14.00 WIB. Den­gan beber­a­pa kat­e­gori, diantaranya: Tes Poten­si Akademik (TPA), dilan­jut den­gan tes kebidan­gan (pen­dala­man juru­san). tidak seper­ti tahun – tahun sebelum­nya, ujian jalur mandiri tahun ini hanya dilak­sanakan 1 (satu) hari. “dari 1500 calon maha­siswa yang mengiku­ti ujian masuk IAIN Tulun­ga­gung yang akan diny­atakan diter­i­ma sek­i­tar 700 calon maha­siswa” ungkap Tad­judin  selaku ket­ua bagian Humas IAIN Tulungagung.

Sete­lah ujian jalur mandiri telah dilak­sanakan, kami men­e­mui beber­a­pa calon maha­siswa baru yang mengiku­ti ujian terse­but. Dari beber­a­pa calon maha­siswa yang kami temui, salah satu alasan yang men­ja­di daya tarik dari calon maha­siswa baru untuk mendaf­tar di IAIN Tulun­ga­gung adalah tidak adanya uang pangkal (uang pendaf­taran). Seper­ti yang ditu­turkan oleh Dita Kusuma War­dani calon maha­siswa baru IAIN Tulun­ga­gung asal Ngan­juk. “ alasan saya untuk kuli­ah disi­ni kare­na letaknya yang tidak ter­lalu jauh dari rumah dan tidak adanya uang (pangkal)  pendaf­taran seper­ti yang ada dikam­pus – kam­pus lain pada umumnya.”