src: https://mojokstore.com/wp-content/uploads/2016/08/Surat-Terbuka-kepada-Pemilih-Jokowi-Sedunia-front.jpg

Judul                   : Surat Ter­bu­ka Kepa­da Pemil­ih Jokowi Sedunia: Kumpu­lan Tulisan Ter­pil­ih Mojok.co

Penulis                  : Iqbal Aji Dary­ono, dkk.

Pener­bit                : Buku Mojok

Tahun Ter­bit        : 2015

Tebal Buku           : 274 Halaman

Sekalipun seder­hana, bolehlah kami berharap Mojok bisa tum­b­vuh bersama semua ele­men masyarakat sip­il di dalam mene­gakkan kead­i­lan dan marta­bat kemanu­si­aan. Kami memang nakal. Kadang pedas.
Tapi kami ingin terus berg­er­ak untuk kebaikan.”
Puthut EA (Kepala Suku Mojok)

Dua ter­bi­tan buku mojok saya dap­atkan dari Pimp­inan Umum (PU) Lem­ba­ga Pers Maha­siswa (LPM) Dimen­si. Surat Ter­bu­ka Kepa­da Pemil­ih Jokowi Sedunia: Kumpu­lan Tulisan Ter­pil­ih Mojok.co oleh Iqbal Aji Dary­ono, dkk dan Melawat ke Timur: Menyusuri Seme­nan­jung Raja-raja oleh Kar­dono Sety­orakhma­di. Awal­nya saya lebih ter­tarik den­gan buku Kar­dono Sety­orakhma­di, kare­na saya kira cukup menarik naf­su baca. Namun, sebelum sem­pat menga­mankan buku terse­but, kon­co sebe­lah ter­lan­jur kepin­cut baca juga. Alhasil saya mem­ba­ca satu buku pertama.

Tidak apa lah, yang pent­ing saya mau mojok mem­ba­ca tulisan buku Mojok. Apala­gi sete­lah meli­hat judul bukun­ya ‘tulisan ter­pil­ih Mojok.co’. Dari sini mungkin saya terkat­e­gori pem­ba­ca yang cukup malas. Kare­na tidak akan ter­tarik mem­ba­ca buku jika tidak men­da­p­at kemistri den­gan judul. Ya, seper­ti yang dikatakan Aji Prase­tyo (komikus) saat mengisi work­shop Dimen­si. Tidak jarang penulis sibuk men­cari judul yang menarik untuk pem­ba­ca yang malas.

Buku kumpu­lan tulisan ter­pil­ih Mojok ini hadir seba­gai ben­tuk hadi­ah kepa­da pem­ba­ca setia Mojok sete­lah Mojok mele­wati Dies­na­tal­is per­ta­ma. Seba­gaimana yang dikatakan dalam pen­gan­tar buku oleh Puthut EA selaku kepala suku Mojok. Tak luput juga pen­gan­tar singkat dari edi­tor, Iffah Han­nah yang mem­ba­gi per­soalan yang diba­has dalam 50 judul artikel ter­pil­ih ke dalam 5 bagian. Ada­pun bagian-bagian­nya meliputi Poli­tik, Olahra­ga, Sosial Budaya, Aga­ma, ser­ta Hukum dan HAM. Empat bagian awal saya kira men­cakup pasal Sip­il Poli­tik (Sipol), ser­ta Ekono­mi Sosial dan Budaya (Ekosob) yang biasa diba­has keti­ka bela­jar HAM.

Per­ta­ma-tama saya minta maaf kepa­da pihak Mojok yang mungkin tidak sen­ga­ja (juga mus­tahil) mem­ba­ca dimensipers.com. Saya men­gaku lebih gemar mem­ba­ca tulisan mojok.co keti­ka dim­inta update por­tal ter­ten­tu seba­gai bacaan wajib sehari-hari. Walaupun demikian saya yakin tidak se-update Mojok­ers lain. Alhasil keti­ka saya mem­ba­ca buku Surat Ter­bu­ka Kepa­da Pemil­ih Jokowi Sedunia: Kumpu­lan Tulisan Ter­pil­ih Mojok.co ini belum semua tulisan yang tert­era pada daf­tar isi sem­pat saya baca, ten­tun­ya sebelum dibukukan dalam buku ini.

Di sisi lain, saya bersyukur telah mem­ba­ca tulisan yang lain sebelum­nya. Den­gan per­tim­ban­gan 1) men­gir­it wak­tu mem­ba­ca buku, 2) menyi­ta bacaan, mengin­gat banyak buku lain yang ngantri wajib (kudu) diba­ca. Walaupun pada akhirnya tulisan yang saya kira sudah ter­lalu lama saya baca dulu saya putuskan untuk mem­ba­canya lagi.

Ked­ua kalinya, ter­i­ma kasih kepa­da pihak mojok kare­na telah mener­bitkan buku mojok beru­pa kumpu­lan ter­pil­ih Mojok.co. Saya senang: per­ta­ma, kare­na saya ter­hi­tung ‘demen’ mem­ba­ca tulisan mojok. Ked­ua, kare­na sudah ter­lan­jur men­guiku­ti, saya tidak bisa mengk­lasi­fikasi tulisan mana yang terkat­e­gori ‘ter­pil­ih’ diantara yang lain. Walaupun saya yakin semua tulisan yang masuk mojok sudah mele­wati pros­es fil­ter ya.

Lagi, masih ada yang mem­bu­at saya lebih ter­tarik keti­ka mem­ba­ca buku ini. Dari beber­a­pa tulisan (nakal-berakal) yang sem­pat saya lewatkan, kini mam­pu saya tam­bal tan­pa memi­lah tulisan mojok wajib mana saja yang sayang untuk dile­watkan. Mis­al­nya saja, tulisan Kokok Dirgan­toro Mula-mula Malu-malu Lama-lama Mau: Sudah Adilkah Kita pada Iklan Rokok? dan Surat Ter­bu­ka Kepa­da Pemil­ih Jokowi Sedunia oleh Iqbal Aji Daryono.

Kokok Dirgan­toro menanyakan kead­i­lan tanyan­gan sebuah iklan rokok. Meng­gaet hasil riset, ia men­gatakan iklan rokok dibatasi banyak hal, seper­ti jam tayang, tidak boleh ada ade­gan merokok dan seba­gainya. Dalam arti atu­ran yang dit­er­ap­kan lebih keras dari iklan con­sumer prod­uct lain­nya. Den­gan alasan rokok mem­ba­hayakan kese­hatan dan jiwa.

Per­tim­ban­gan yang kemu­di­an dimunculkan adalah bagaimana den­gan pro­duk lain­nya? Soft Drink mis­al­nya. Dari kan­dun­gan gula yang ada di dalam­nya, berpoten­si menim­bulkan dia­betes. Juga, junk food. Men­gan­dung kalori ting­gi den­gan ser­at dan gizi rendah.

Ya, mungkin rokok memang meng­gang­gu kese­hatan dan men­gan­cam jiwa sese­o­rang. Tapi tidak hanya rokok. Banyak juga berser­akan ‘sen­ja­ta pemus­nah masal’ yang tidak diatur iklan­nya, apala­gi peredaran­nya.” (135)

Semen­tara itu, tulisan Iqbal Aji Dary­ono pun tidak kalah ket­ing­galan untuk diba­ca. Bahkan dijadikan judul pada buku antolo­gi tulisan ini. Seba­gaimana yang diungkap­kan edi­tor, bisa jadi seba­gai pengin­gat bah­wa keti­ka masa Pil­pres berakhir, maka selan­jut­nya adalah men­gaw­al jalan­nya pemer­in­ta­han, men­dukung yang baik, dan mengkri­tik yang belum baik.

Maka, lebih baik sekarang kita lakukan yang semestinya. Ayo tetap dukung Jokowi, den­gan cara men­ja­ga agar dia tidak anjlok dari rel­nya. Berhen­ti memu­ja dan memu­ji tan­pa pan­dang bulu atas semua sikap Jokowi, seo­lah dia itu bukan makhluk yang makan nasi dan doy­an ngopi.” (40)

Setahu saya, tulisan Mojok cen­derung nakal tapi berakal. Namun, kini saya temukan yang lebih nakal. Salah satu tulisan yang mem­bu­at saya nggak bisa mena­han tawa adalah Surat Ter­bu­ka untuk Mas Anang Her­man­syah oleh Agus Mulya­di. Secara transparan penulis lang­sung mel­on­tarkan ekspre­si sen­git pada objek tulisan.

Ting­gal pin­dah chan­nel ndas­mu nje­bluk, Mas. Ini bukan soal chan­nel­nya, Mas. Tapi ini soal hak pub­lik yang diram­pas kare­na siaran per­sali­nan yang san­gat tisak bermu­tu itu, Mas.
Yasi­lakan saja kalo mau berni­at menge­dukasi men­ge­nai bagaimana seo­rang istri (dalam hal ini Ashan­ty) mem­per­juangkan kandungannya …
TAPI TAK BEEEEEGINIIIIIIIIIII!!!” (139)

Den­gan lan­car­nya sindiri­an keras ditu­jukan pada Anang yang memu­tuskan men­gadakan siaran pros­esi pelr­sali­nan istrinya di salah satu sta­si­un televisi.

Tulisan Mojok itu bikin orang akan bilang ‘iya juga ya’ dan ‘ben­er juga sih’ keti­ka mem­ba­ca temuan kri­tis dalam tulisan­nya. Selain itu, bakal buat orang ketawa bahkan ngakak pas kena lucun­ya. Bakal buat orang melo­tot saat kena sungut nakalnya. Juga, bakal buat orang manggut-manggut pas masuk akalnya.

Maaf bagi pem­ba­ca yang mungkin berpikir cara berek­spre­si saya berlebi­han dan lebay. Saya hanya merasa lega keti­ka men­e­mukan dia­log ter­bu­ka antara penulis dan respon pem­ba­ca dalam buku ini. Tulisan dis­usun beru­ru­tan dari yang per­ta­ma dilan­jutkan den­gan respon pem­ba­canya. Ada­pun tulisan terse­but adalah Oh, Beta­pa Human­is­nya Para Pen­dukung Pernika­han Seje­nis oleh Eddward S. Kennedy dibalas den­gan tulisan Rah­mat Hiday­at Saya Gay, Saya Lib­er­al, dan Saya Bukan Inlan­der. Lagi, yang selalu mem­bu­at saya berhen­ti untuk tersenyum adalah doa dari Rah­mat kepa­da Eddward S Kennedy.

Mas Ken yang terny­a­ta man­is dan semoga baik,
Kena­pa gay kaw­in jadi heboh? Kan Gay kaw­in itu sudah lama. Sejak tahun 2000 sudah boleh, den­gan Belan­da seba­gai pelo­por.” (83)

Frasa ‘semoga baik’ teru­lang sam­pai tiga kali yang pada akhirnya Rah­mat berharap lan­taran tulisan bal­asan itu dap­at mem­bu­at Mas Ken menger­ti. Beta­pa human­is­nya Mojok mem­bu­at mim­bar per­caka­pan yang berar­ti ini (hiks). Rasanya, penon­ton difasil­i­tasi ruang untuk mem­ba­ca tulisan apik yang sem­pat berbalas ini.

Sam­pai di sini, mohon maaf Mojok, sebe­narnya saya sungkan dan gusar. Mungkin ini apolo­gi saya. Jujur saya ter­tarik dan enjoy keti­ka mem­ba­ca tulisan mojok. Mungkin kare­na men­gan­dung unsur san­tai, jena­ka, dan humor. Walaupun demikian, pasti ada pemiki­ran kri­tis yang berman­faat bagi pembaca.

Namun, sete­lah saya pikir-pikir, dalam tulisan mojok ter­lalu banyak guyoan yang melam­paui mak­sud pokok dari penulis. Mungkin bahasa guy­onan terse­but seba­gaimana bum­bu penyedap yang digu­nakan untuk mem­ba­lut masalah yang cukup serius. Atau bahkan, pem­ba­ca dewasa ini memang butuh sajian humor seba­gai pelumas agar mam­pu mencer­na mak­sud yang lebih kritis.

Apapun rantai alasan yang ada, tidak mem­bat­alk­an bah­wa kehadi­ran mojok kini men­ja­di alter­natif infor­masi yang sekali­gus juga menghibur. []