Dimensipers.com Selasa (26/12). Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung men­ja­di tuan rumah Gre­bek Bhine­ka Tung­gal Ika. kegiatan ini berkon­sen­trasi di lapan­gan uta­ma kam­pus dan can­di gay­a­tri di Boy­olan­gu. Agen­da dihadiri oleh berba­gai kalan­gan masyarakat. Seper­ti masyarakat lin­tas aga­ma dan kalan­gan para Peng­hay­at (ali­ran keper­cayaan) dan para pemer­hati budaya.

Acara ini juga dihadiri oleh hariy­ono selaku Unit Ker­ja Pres­i­den Peman­ta­pan Ide­olo­gi Pan­casi­la (UKP-PIP), Eva K. Sun­dari selaku Kaukus Pan­casi­la DPR RI, Maf­tukhin selaku Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung, Supri­ono selaku ket­ua DPRD Tulun­ga­gung, Kus­na­di selaku DPRD jawa timur, dan Naen Soery­ono selaku Pre­sid­i­um Majelis Luhur Keper­cayaan Indone­sia (MLKI).

Banyak masyarakat meyaki­ni bah­wa Tulun­ga­gung pada zaman dahu­lu meru­pakan wilayah yang spir­i­tu­alis. Seper­ti yang diungkap­kan Maf­tuhin dalam orasinya bah­wa Tulun­ga­gung meru­pakan wilayah kere­sian (spir­i­tu­alis). Hal ini dibuk­tikan den­gan adanya can­di-can­di dan arke­olo­gi yang men­gan­dung orna­men Hindu-Budha.

Masyarakat juga meyaki­ni bah­wa salah satu wilayah pematan­gan ajaran Bhine­ka Tung­gal Ika adalah di wilayah Tulun­ga­gung. Argu­men­tasi ini dikaitkan den­gan pend­har­maan Sri Gay­a­tri Rajap­at­mi di daer­ah Boy­olan­gu. Ratu Majapahit terse­but diang­gap seba­gai fig­ur sen­tral yang meng­gali dan mewariskan ajaran spir­i­tu­al­i­tas Bhine­ka Tung­gal Ika hing­ga masa kejayaan Majapahit di tan­gan Hayam Wuruk. Hal ini dile­git­i­masi oleh hasil penelit­ian yang dilakukan oleh Insti­tute Of Javanese Islam­ic Research (IJIR) yang berta­juk “Mela­cak Jejak Spir­i­tu­al Bhine­ka Tung­gal Ika Visi Peny­at­u­an Nusan­tara di Bumi Tulungagung”.

Rangka­ian acara ini dibu­ka den­gan upacara pem­bukaan dan dilan­jutkan den­gan pemen­tasan kesen­ian lokal. Dilan­jutkan den­gan orasi  dari tokoh-tokoh daer­ah dan nasion­al dan pun­cak dari acara ini diten­garai den­gan arak- arakan menu­ju can­di gay­a­tri di Boy­olan­gu Tulun­ga­gung dan megge­lar doa bersama di sana.

Sukris­ton selaku ket­ua MLKI Tulun­ga­gung men­gatakan bah­wa, yang melatar belakan­gi gre­bek bhine­ka tung­gal ika ini dikare­nakan adanya kege­lisa­han ten­tang keb­hinekaan di Tulun­ga­gung khusus­nya dalam hal spir­i­tu­al­i­tas. Selain itu har­moni antar masyarakat juga men­ja­di fak­tor uta­ma diadakan­nya agen­da ini. Sukris­ton juga mene­gaskan bah­wa keruku­nan antar sesama adalah fak­tor yang pal­ing penting.

Gre­bek bukan sema­ta — mata hanya fes­ti­val kebu­dayaan, tapi seba­gai cara masyarakat Tulun­ga­gung meneguhkan ajaran keb­hinekaan yang telah diwariskan dari zaman dahu­lu.  Melaui acara ini, masyarakat menyerukan spir­it Bhine­ka Tung­gal Ika seba­gai ciri khas dari bangsa Indonesia.

Mes­ki baru per­ta­ma kali, namun agen­da ini men­da­p­at apre­si­asi posi­tif dari berba­gai ele­men masyarakat. Mere­ka san­gat men­dukung adanya agen­da seper­ti ini, kare­na mere­ka meyaki­ni den­gan adanya kegiatan seper­ti ini maka akan ter­jalin keruku­nan antar masyarakat. Baik itu antar umat berga­ma, antar budaya dan lain seba­gainya. Reni, salah satu peser­ta  dari aga­ma Hin­du  men­gungkap­kan bah­wa kehi­atan seper­ti ini akan men­ja­di salah satu ben­tuk keruku­nan berga­ma, apapun aga­manya tetap satu “orang Tulungagung”.

Hara­pan dari masyarakat yang mengiku­ti serangka­ian agen­da ini untuk meng­gu­gah seman­gat keruku­nan antar masyarakat khusus­nya umat beraga­ma di Tulun­ga­gung. selain itu acara ini juga bertu­juan untuk melestarikan sejarah yang diwariskan oleh para pen­dahu­lu. Mere­ka berharap agen­da seper­ti ini berlan­jut seti­ap tahunnya.

 

Reporter : Dep /meg /sul /wul/lut/