Dimensipers.com (13/09). Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (Dema‑I) mengge­lar fol­low up dan inagurasi yang dilak­sanakan pada tang­gal 12–13 Sep­tem­ber 2018. Acara ini men­gusung tema “Per­an Pemu­da dalam Berbangsa, Berne­gara, dan Beraga­ma Demi Mewu­jud­kan Cita-Cita NKRI.”

Hari per­ta­ma, digu­nakan untuk fol­low up dari Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) selu­ruh fakul­tas. Fol­low up menekankan pada materi Pen­ge­nalan Budaya Akademik Kam­pus (PBAK) yang sudah dikon­sep oleh pani­tia. Materi yang dis­ajikan guna menyadark­an kem­bali pola pikir maha­siswa yang berbangsa, berne­gara, dan beraga­ma. Selain itu, adanya fol­low up bertu­juan untuk mem­bekali mere­ka keti­ka mere­ka ter­jun ke masyarakat tidak hanya dari segi akademis melainkan juga mam­pu mem­berikan kon­tribusi untuk pengem­ban­gan nasion­al dan religius.

Dilan­jut pada hari ked­ua, dim­u­lai Pukul 09.00–20.00 WIB. digu­nakan untuk inagurasi selu­ruh Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM) di IAIN Tulun­ga­gung. Inagurasi juga dime­ri­ahkan den­gan penampi­lan Band dari luar kam­pus, seper­ti Weep­ing of Stran­gler, Paskadog, dan Guest Star.

Ibrahim Kho­lil Majid selaku Pres­i­den Maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung men­gungkap­kan, “Inagurasi kali ini untuk pen­tas seni dan pengam­bi­lan stem­pel tetap. Per­ta­ma, penekanan saya adalah pada sosial­isasi pen­ge­nalan UKM. Ked­ua, terkait pen­gadaan Open Recruit­ment serentak untuk selu­ruh UKM IAIN Tulun­ga­gung. Keti­ga, untuk pen­tas seni sesuai kreativ­i­tas UKM. Kami mem­berikan wadah mere­ka, entah untuk sosial­isasi atau melakukan per­form itu mong­go.”

Inagurasi kali ini dilakukan dua gelom­bang sesuai jad­w­al per fakul­tas. Mengin­gat jum­lah maha­siswa yang meningkat tahun ini, men­ja­di per­tim­ban­gan dari pihak DEMA‑I untuk mem­ba­gi jad­w­al inagurasi. Tujuan­nya tidak lain agar jalan­nya inagurasi ber­jalan tertib.

Antu­sias Maha­siswa Baru (Maba ;red) san­gat meningkat dari tahun sebelum­nya. Inagurasi memang sen­ga­ja dibu­at men­ja­di dua gelom­bang dan diba­gi wak­tun­ya sesuai fakul­tas. Pukul 08.00–12.00 untuk FASIH dan FEBI. Pukul 13.00–16.00 untuk FTIK dan FUAD. Untuk malam hari, pukul 08.30 sam­pai sele­sai dipe­run­tukkan selu­ruh fakul­tas,” imbuh Ibrahim.

Acara inagurasi ini juga ditang­gapi posi­tif oleh beber­a­pa Maba. Ardiana Devikri dari juru­san Akun­tan­si Syari­ah men­gungkap­kan, “Inagurasi meru­pakan suatu ben­tuk hal yang posi­tif dan tidak ada di tem­pat lain. Ya, kalau disi­ni kan lebih diu­ta­makan jadi maha­siswa kan tidak hanya aktif di kelas tetapi juga di luar kelas.”

Emil­ia Mustikan­ingsih juru­san Man­a­je­men Bis­nis Syari­ah men­gatakan, “Kalau menu­rut saya inagurasinya wak­tun­ya kurang tepat kare­na ini sudah aktif Kegiatan Bela­jar Men­ga­jar jadi meng­gang­gu mata kuli­ah. Sis­tem­nya cukup kon­dusif kare­na diba­gi-bagi menu­rut fakul­tas­nya dan bisa diti­tip­kan ke ket­ua kelas.”

Menin­dak­lan­ju­ti acara fol­low up dan inagurasi, dihara­p­kan nan­ti­nya maha­siswa bisa lebih menge­tahui organ­isasi yang ada di kam­pus IAIN Tulun­ga­gung dan juga ikut ser­ta di dalamnya. []