Dimensipers.com, 14/08. Isti­lah OPAK (Ori­en­tasi Pen­ge­nalan Akademik Kema­ha­siswaan) kini telah bergan­ti nama men­ja­di PBAK (Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan). Sek­i­las peruba­han nama OPAK men­ja­di PBAK mem­bawa angin segar untuk peruba­han ke arah yang lebih baik. Angga­pan terse­but digu­nakan untuk meng­ha­pus pan­dan­gan masyarakat ten­tang pen­ge­nalan kam­pus yang iden­tik den­gan pem­bul­lian. Namun, pada keny­ataan­nya di Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung prose­dur maupun atribut yang digu­nakan oleh maha­siswa sama den­gan yang digu­nakan keti­ka OPAK tahun lalu.

Menu­rut yang dikatakan Hadi, ket­ua PBAK IAIN Tulun­ga­gung 2017, pemaka­ian atribut sudah dilakukan sejak tahun 1986. Sehing­ga atribut yang digu­nakan tidak berubah dari tahun ke tahun. Pem­bawaan antribut yang sama digu­nakan untuk mem­per­ta­hankan tra­disi dan tidak melu­pakan sejarah. Atribut PBAK memi­li­ki sejarah yang pan­jang dan tidak ada yang tahu den­gan pasti pence­tu­san­nya per­ta­ma kali.

Hadi juga men­je­laskan mak­na dari seti­ap ati­but yang digu­nakan oleh maha­siswa, ia menye­butkan baju mer­ah dan celana putih melam­bangkan Indone­sia. Cap­ing melam­bangkan petani, banyaknya petani di Indone­sia seba­gai alasan pemaka­ian cap­ing. Selain itu, cap­ing juga digu­nakan untuk bert­e­duh para maba dari panas mata­hari. Bum­bu dapur melam­bang ten­tang kekayaan alam Indone­sia. Seba­gai demografi bah­wa Indone­sia memi­li­ki keung­gu­lan Gemah Ripah Loh Jinawi. Mak­sud­nya tanah Indone­sia yang mam­pu ditum­buhi berba­gai macam tana­man den­gan mudah.

Iqbal, Steer­ing Com­mite (SC) PBAK tahun 2017 juga men­je­laskan mak­na pemaka­ian atribut “Mungkin seper­ti itu cara kita mengam­bil ghi­roh dari per­juan­gan masa lalu. Persep­si dari sis­tem siswa menu­ju maha­siswa, dil­am­bangkan dari atribut yang memi­li­ki mak­na. Atribut dari  mulai paka­ian, bam­bu, ben­dera, dan kalung rem­pah-rem­pah itu menan­dakan bah­wasanya kita seba­gai bangsa yang besar.”

Iqbal juga menam­bahkan bah­wa atribut san­gat pent­ing untuk menun­jukan iden­ti­tas kita dari masa ke masa. Tujuan dari adanya PBAK adalah peruba­han dalam diri seo­rang siswa jadi maha­siswa. Dimana maha­siswa digadang men­ja­di kaum Iron stack, Agent of Change, dan Agent of Con­trol. Sehing­ga atribut diwa­jibkan, jika melang­gar maka pasti ada sanksi yang diberikan oleh panitia

Peruba­han atribut jus­tru lebih ter­li­hat salah sat­un­ya adalah peruba­han ben­tuk id card. Sep­a­n­jang per­jalanan OPAK yang kini berubah men­ja­di PBAK Id card dirasa spe­sial. Bila dahu­lu id card hanya berben­tuk perse­gi pan­jang kini berubah “peri­sai”. Hal terse­but dibenarkan oleh AD (22) salah satu maha­siswa angkatan 2013, “Pada zaman saya OPAK dulu id card itu hanya berben­tuk perse­gi pan­jang. Tidak dis­u­ruh ben­tuk seper­ti sekarang”. Sim­bol per­ta­hanan diri seba­gai alasan pemak­naan peri­sai. “Intinya dari tahun ke tahun itu sama (id card) hanya tahun ini yang berbe­da seper­ti lam­bang Ormek (Organ­isasi Maha­siswa Ekstra Kam­pus, red) ter­ten­tu,” lanjutnya.

Menu­rut Ubaidil­lah selaku SC acara, pani­tia mem­berikan kelelu­asaan untuk mod­el peri­sai yang digu­nakan untuk id card, “Men­ge­nai mod­el-mod­el peri­sai yang berba­gai macam. Itu yang ter­pent­ing peri­sai. Fak­tanya dila­pan­gan banyak mod­el peri­sai dari maba dan itu dib­iarkan, ter­gan­tung kreativ­i­tas dari maha­siswa baru,” ucapnya.

Menu­rut Sam­sul maha­siswa asal Kali­man­tan men­gatakan bah­wa antribut beru­pa celana dan baju bukan­lah hal yang per­lu diper­masalahkan. Namun, atribut beru­pa kalung, cap­ing dan lain-lain dirasa mem­bu­at risih saat men­ge­nakan­nya. Walaupun dia merasa per­caya diri saat men­ge­nakan­nya, namun tetap saja mere­potkan. Sam­sul tidak tau menahu soal mak­na dari peng­gu­nakan antribut terse­but. Baginya wajar saja PBAK yang ter­ja­di di IAIN Tulungagung.

Tang­ga­pan lain datang dari Bayu maha­siswa asal Kali­dawir, Tulun­ga­gung, “Aku secara prib­a­di biasa saja, kare­na seti­ap hari juga begi­ni saat ke sawah. Makanan yang dibawa tadi meru­pakan hasil panen. Sebe­narnya atribut itu dije­laskan mak­nanya saat acara pembukaan.”

Pada keny­atan­nya meskipun maha­siswa sudah memakai dan mengiku­ti acara, masih ada beber­a­pa maba yang belum mema­ha­mi ten­tang mak­na atribut PBAK. Selain itu, dalam penen­tu­an atribut PBAK banyak pihak menya­makan­nya den­gan lam­bang salah satu ormek. Sehing­ga tujuan dari PBAK sendiri men­ja­di pros­es pen­ge­nalan suatu ormek.  Semoga sete­lah acara ini dap­at men­ja­di korek­si bagi semua kalan­gan demi lan­car­nya PBAK selanjutnya. []

 

/Sob/hak/Ani/Cin/