Dimensipers.com- Jumat(02/11/2018) sore sek­i­tar pukul 15.30 WIB, tepat­nya di perem­patan Tir­to Desa Plosokan­dang, Keca­matan Kedung­waru, Kabu­pat­en Tulun­ga­gung ter­li­hat beber­a­pa kendaraan menung­gu gili­ran untuk mela­ju. Dari hasil penga­matan Kru LPM Dimen­si, hal itu dise­bakan telah berop­erasinya lam­pu lalu lin­tas di titik tersebut.

Menu­rut Abdul, teknisi pen­g­op­erasian lam­pu, Dinas Per­hubun­gan Provin­si Jawa Timur telah men­gin­struk­sikan pada CV. Aldo, tem­pat dia bek­er­ja untuk meng­garap proyek pen­gak­ti­fan lam­pu lalu lin­tas terse­but. Bersama seo­rang rekan­nya, Abdul telah meng­garap proyek terse­but sejak pukul 15.00 WIB. “Sek­i­tar jam tiga tadi (saya melak­sanakan proyek ;red),” ujarnya.

Abdul juga menam­bahkan bah­wa lam­pu lalu lin­tas sudah dap­at berop­erasi seba­gaimana mestinya. “Ini sudah sebe­narnya,” tam­bah Abdul.

Meskipun demikian, lam­pu lalu lin­tas yang sudah berop­erasi masih dalam tahap eval­u­asi. “Ya (menyalanya lam­pu :red) ini sam­bil dieval­u­asi,” lan­jut Aldo.

Lam­pu lalu lin­tas yang sudah berop­erasi ten­tun­ya mem­bawa angin segar di ten­gah ser­ingnya macet ataupun kece­lakaan yang ter­ja­di di Perem­patan Tir­to, seper­ti yang diungkap­kan Azizah, “ini beri­ta gem­bi­ra, soal­nya di Tir­to ser­ing ter­ja­di macet atau juga laka,” ujar war­ga asal Ngantru terse­but. Salah seo­rang maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung, Najibur­rohman mengutarakan hal yang sama den­gan Azizah. “Ini solusi, kemarin Rabu di sini macet,” kata Najiburrohman.

Di lokasi yang sama, Ari, seo­rang war­ga setem­pat, juga menyam­paikan rasa gem­bi­ranya atas berop­erasinya lam­pu lalu lin­tas. “Ya senang, sudah saya tung­gu-tung­gu ini (berop­erasinya lam­pu),” ucap­nya. “Tapi, kalau sudah menyala gini, pen­gen­dara ya harus mematuhinya (lam­pu lin­tas),” tam­bah­nya. []

Syam­sul Maarif 

Kosong?