Dimensipers.com — Kamis, 21 maret 2019 LPM Dimen­si kem­bali men­gadakan kegiatan rutin diskusi Kamis sore (Diska­sor) di kan­tor redak­si LPM Dimen­si. Diskusi kali ini men­gangkat tema “Fil­safat Mod­ern: Marx­isme” den­gan peman­tik Moch. Shobirin, selaku Man­a­jer Perusa­haan LPM Dimensi.

Peman­tik mema­parkan mate­ri­al­isme dialek­ti­ka his­toris. Kemu­di­an paham marx­isme. Paham ini meru­pakan bagian dari fil­safat mod­ern yang per­ta­ma kali dice­tuskan oleh Karl Marx. 

Ter­gu­gah dari fenom­e­na sosial dan ekono­mi di daer­ah­nya. Untuk mem­bela kaum pro­le­tar atau buruh yang pada saat itu tertekan kare­na adanya pem­be­daan kas­ta oleh kaum feo­dal atau bor­juis yang ter­ja­di di Eropa, lebih tepat­nya di Pran­cis. Paham kap­i­tal­is yang disokong oleh penge­tahuan dan birokrasi (struk­tur kene­garaan) ini mem­pun­yai kekuasaan penuh, hal ini­lah yang akhirnya memicu muncul­nya pemiki­ran-pemiki­ran Karl Marx.

Titan, salah satu peser­ta men­gatakan, ”Dari pema­paran marx­isme tadi itu dibawa oleh Karl Marx yang mana tidak setu­ju den­gan paham kap­i­tal­is, kare­na kap­i­tal­is itu sendiri lebih con­dong untuk pen­ja­ja­han secara alami­ah atau tan­pa dis­adari, dan bagi Marx itu tidak manu­si­awi. Maka, Marx mem­bu­at pemiki­ran baru yang lebih sosial dan kemasyarakatan atau con­dong pada kaum tertindas.”

Shobirin juga menam­bahkan hara­pan ten­tang pema­paran materi ini, “Agar teman-teman anggota pers maha­siswa sendiri tidak keliru dalam mem­bidik sasaran atau agar tidak mele­set, kare­na dalam his­tori marx­isme sendiri dije­laskan ten­tang bagaimana cara sese­o­rang bisa kri­tis untuk menen­tukan pelaku dan korban.”

Rifqi, salah satu peser­ta Diska­sor, men­gatakan bah­wa diskusi kali ini lebih kon­dusif dan bersis­tem diskusi, yakni selu­ruh peser­ta diskusi diberikan hak untuk men­gungkap­kan pen­da­p­at, lalu peman­tik menyem­pur­nakan pen­da­p­at mere­ka. Jadi, diskusi lebih keli­hatan hidup dan tidak hanya peman­tik saja yang berbicara dalam forum.

Oleh. Yusuf (kru mag­a­ng LPM Dimensi)