Dimensipers.com — Kamis, 21 Maret 2019 LPM Dimen­si IAIN Tulun­ga­gung melak­sanakan bedah buku den­gan judul Larung, yang dit­ulis oleh Ayu Uta­mi selaku aktivis jur­nalis dan juga sas­trawan Indone­sia. Bedah buku dilak­sanankan di kan­tor redak­si LPM Dimen­si. Dipan­tik oleh Nifa Kur­nia Fah­mi selaku Kru tetap di LPM Dimensi. 

Buku ini meru­pakan ceri­ta lan­ju­tan dari buku dwilo­gi per­ta­ma Ayu Uta­mi yang berjudul Saman. Buku ini mem­ba­has ten­tang banyak sekali hal, seper­ti sejarah, budaya, poli­tik, fem­i­nisme, dan jur­nalis. Ayu Uta­mi menarasikan hal-hal terse­but melalui per­an para tokoh den­gan bahasa yang mudah dipa­ha­mi. Mis­al­nya saja fem­i­nisme yang sela­ma ini diang­gap tabu, dalam buku ini pula Ayu Uta­mi men­je­laskan­nya den­gan gaya bahasa yang halus dan menarik sehing­ga mening­galkan kesan tabunya.

Selaras yang diu­tarakan Nifa, menu­rut­nya nov­el ini men­gan­dung banyak per­spek­tif, dari sejarah, kebu­dayaan, poli­tik, fem­i­nisme, dan pen­didikan secara tersirat. 

Bedah buku berlang­sung den­gan lan­car. Beber­a­pa peser­ta juga antu­sias men­ga­jukan beber­a­pa per­tanyaan, di antaranya men­ge­nai iden­ti­tas buku, unsur intrin­sik, dan ekstrin­sik, ser­ta dampak keti­ka buku terse­but diter­bitkan mengin­gat rentang zaman pas­ca lengsernya Orba.

Sin­tia seba­gai salah satu peser­ta bedah buku menyam­paikan pema­haman­nya, bah­wa buku terse­but tidk salah men­ja­di buku bacaan wajib pers maha­siswa, mengin­gat di dalam­nya juga dis­ing­gung ten­tang kejur­nal­is­tikan dan penge­tahuan-penge­tahuan yang tidak loyo. [Titan]

Dit­ulis oleh. Titan (kru mag­a­ng LPM Dimensi)