Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) meru­pakan upaya pen­ge­nalan lingkun­gan kam­pus kepa­da Maha­siswa Baru (Maba). Seti­ap per­gu­run ting­gi memi­li­ki kebi­jakan tersendiri ter­hadap kegiatan PBAK (Ospek) dan Rek­tor selaku pimp­inan tert­ing­gi lem­ba­ga bertang­gung jawab atas ter­lak­sananya kegiatan. Ter­lak­sananya PBAK juga meli­batkan maha­siswa dan tena­ga kepen­didikan lem­ba­ga kam­pus. Semen­tara pani­tia yang ter­li­bat bera­da di bawah koor­di­nasi pimp­inan per­gu­ru­an ting­gi pada bidang kemahasiswaan.

Menu­rut Kepu­tu­san Direk­tur Jen­dral (Dir­jen) Pem­be­la­jaran dan Kema­ha­siswaan Kementer­ian Riset, Teknolo­gi dan Pen­didikan Ting­gi (Ris­tekdik­ti)  Repub­lik Indone­sia Nomor 096/B1/SK/2016, Ten­tang Pan­d­u­an Umum Pen­ge­nalan Kehidu­pan Kam­pus Bagi Maha­siswa Baru Direk­tur Jen­der­al Pem­be­la­jaran dan Kema­ha­siswaan, materi yang per­lu dis­ampikan pada kehidu­pan kam­pus meliputi materi pokok dan materi tambahan. 

Materi pokok meliputi, wawasan kebangsaan, bela negara, pen­didikan hak asasi manu­sia berper­spek­tif gen­der, dan layanan kema­ha­siswaan. Sedan­gkan materi tam­ba­han yaitu, materi yang sesuai den­gan kebu­tuhan per­gu­ru­an ting­gi mis­al­nya prospek pelu­ang ker­ja dan kesadaran diri akan bahaya narkoba.

PBAK IAIN Tulun­ga­gung dim­u­lai pada tang­gal 14 Agus­tus sam­pai den­gan 17 Agus­tus 2019. Kegiatan sela­ma empat hari terse­but dilak­sankan di area kam­pus. Pada 14–15 Agus­tus meru­pakan kegiatan PBAK Insti­tut (PBAK‑I) yang dibu­ka lang­sung oleh Rek­tor. Sedan­gkan pada 16–17 Agus­tus meru­pakan kegiatan PBAK Fakul­tas yang dip­impin oleh Wak­il Rek­tor (Warek) Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama.

Pada PBAK IAIN Tulun­ga­gung 2018, ter­da­p­at syarat keten­tu­an yang harus dilengkapi oleh maha­siswa baru Fakul­tas Ushu­lud­din Adab dan Dak­wah (FUAD) beru­pa pohon. Berbe­da hal­nya den­gan PBAK 2019 kali ini, melalui rap­at yang per­ta­ma kali antara pani­tia den­gan Wak­il Dekan Bidang Admin­is­trasi Umum, Peren­canaan dan Keuan­gan sekali­gus Warek Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama, yang mem­ba­has ten­tang pengab­di­an masyarakat, memu­tuskan di PBAK 2019 ini mem­bawa tum­buhan di PBAK FUAD dan beras di PBAK‑I.

Per­lengka­pan mem­bawa beras terse­but atas usu­lan Abad Badruz­za­man, Warek bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama yang dis­ep­a­kati oleh selu­ruh pani­tia, maha­siswa dan Wak­il Dekan yang men­garah­nya ke pen­gen­tasan kemiskinan. 

Ren­cana beras terse­but akan dialokasikan ke masyarakat sek­i­tar kam­pus. Adanya beras yang dijadikan seba­gai bagian per­lengka­pan maha­siswa baru men­gacu kepa­da kegiatan bak­ti sosial. Seper­ti yang dipa­parkan oleh Sil­via Ade Prasti­ka Naga Anggara, Juru­san Hukum Ekono­mi Syari­ah (HES) selaku pen­damp­ing PBAK‑I, bah­wa, “Ren­cananya beras akan dikasihkan ke orang yang kurang mam­pu, pan­ti asuhan dan dise­bar di lingkun­gan kam­pus”.

Pengumpu­lan beras maha­siswa baru diren­canakan pada hari per­ta­ma PBAK dan akan didis­tribusikan sete­lah PBAK sele­sai. Maha­siswa baru ditu­gaskan untuk mem­bawa beras sebe­sar 1 kg per orang. Jum­lah maha­siswa baru men­ca­pai 5.521 dan total keselu­ruhan beras men­ca­pai 5 ton 5 kwin­tal 21 kg. Beras terse­but akan dis­er­ahkan kepa­da Unit Pelayanan Zakat (UPZ) IAIN Tulun­ga­gung untuk dikelola. 

Lem­ba­ga UPZ dikelo­la lang­sung oleh kam­pus. Keti­ka lem­ba­ga UPZ mem­bu­tuhkan ban­tu­an untuk men­gelo­la zakat, maka maha­siswa dari juru­san Man­a­je­men Zakat dan Waqaf (Maza­wa) yang dim­inta ban­tu­an. Hal terse­but dite­gaskan ulang oleh Muniri, “Kalau Maza­wa itu ten­tang sedekah, ten­tang zakat, memang benar ada sangkut paut­nya, artinya begi­ni, kegiatan ini juga men­dongkrak kegiatan pros­es akred­i­tasi Maza­wa, tetapi ini sifat­nya umum dan tidak ingin mem­be­bani maha­siswa baru kare­na sudah ada Uang Kuli­ah Tung­gal”.

Namun, pada 7 Agus­tus 2019, Abad men­gin­struk­sikan kepa­da Ibrahim Kho­lil Majid, selaku ket­ua Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (Dema‑I) untuk mem­bat­alk­an adanya per­lengka­pan beras. Kemu­di­an, pada 8 Agus­tus 2019 men­datang, pem­bat­a­lan per­lengka­pan beras terse­but diu­mumkan kepa­da peser­ta PBAK

Di sisi lain, Muham­mad Bangk­it Sapu­tra, selaku ket­ua pelak­sana menam­bahkan, pem­bat­a­lan juga ter­ja­di sebab UPZ per­nah men­gala­mi kevaku­man dan tidak siap mener­i­ma beras. “Kemarin lang­sung diha­puskan saja soal­nya sudah ter­lalu mepet dan terny­a­ta masih kurang per­si­a­pan.” //