Dimensipers.com — Kamis, 17 Feb­ru­ari 2022, Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis Islam (FEBI) UIN Satu Tulun­ga­gung men­gadakan rap­at guna mem­ba­has per­si­a­pan perku­li­a­han offline. Hal ini sesuai ara­han Maf­tukhin Rek­tor UIN Satu Tulun­ga­gung, untuk melak­sanakan perku­li­a­han secara luar jaringan (Lur­ing) mulai Senin men­datang. Rap­at terse­but dip­impin oleh Dede Nur­rohman selaku Dekan FEBI beser­ta jajaran­nya, yang bertem­pat di Aula Gedung Syai­fud­din Zuhri lan­tai 6 UIN Satu Tulungagung.

Rap­at terse­but dihadiri para Dosen dan Staff dari Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis Islam, juga hadir Ahmad Muh­ta­di Anshor, Wak­il Rek­tor 1 UIN Satu Tulun­ga­gung. Muham­mad Asrori, Kepala Bagian Tata Usa­ha FEBI mem­bu­ka rap­at dan dilan­jutkan sambu­tan oleh Dede Nur­rohman. Dalam sambu­tan­nya ia menyam­paikan, perku­li­a­han semes­ter genap tahun 2022 akan dilak­sanakan secara offline atas per­in­tah Rek­tor UIN Satu Tulungagung.

Mes­ki secara offline, kita harus tetap men­ja­ga pro­tokol kese­hatan. Kare­na perkem­ban­gan penye­baran virus covid-19 yang jenis­nya omi­cron itu terus bertam­bah di Indone­sia. Tetapi perku­li­a­han harus dilak­sanakan secara offline, kare­na pen­gala­man sela­ma online itu banyak prob­lem-prob­lem yang dihadapi,” ujarnya.

Kemu­di­an dilan­jut oleh sambu­tan sekali­gus ara­han dari Muh­ta­di Anshor, Mashu­di dan yang ter­akhir Sutopo. Dalam sambu­tan­nya, Muh­ta­di Anshor menyam­paikan alasan Rek­tor mengam­bil kepu­tu­san perku­li­a­han secara offline.

Rek­tor mene­tap­kan kebi­jakan offline sam­pai hari ini dikare­nakan tidak ada edaran dari Pusat yang meny­atakan harus online, ked­ua belum ada juga per­mintaan dari sat­gas covid terkait pelak­sanaan perku­li­a­han online, keti­ga adalah perku­li­a­han secara dar­ing 3–4 kali itu terny­a­ta tidak men­galahkan den­gan kebi­jakan lur­ing 1 kali,” ujarnya.

Den­gan adanya kebi­jakan ini pihak kam­pus juga sudah men­gir­imkan surat peme­ber­i­tahuan kepa­da Sat­gas Covid-19 untuk melakukan perku­li­a­han tat­ap muka. “Kemarin kita sudah men­gir­im surat kepa­da Sat­gas Covid-19 Tulun­ga­gung, kalau kita akan melak­sanakan perku­li­a­han secara offline. Gimana respon­nya kita ting­gal menung­gu,” ungkap­nya.

Ia menam­bahkan, kalau perku­li­a­han tat­ap muka akan dilak­sanakan pekan depan dan berlaku untuk keselu­ruhan maha­siswa. Akan tetapi juga masih meli­hat perkem­ban­gan, kare­na mengin­gat situ­asi pan­de­mi masih dalam kon­disi dinamis.

Menyikapi akan diadakanya kuli­ah tat­ap muka Mashu­di Wak­il Dekan 1 FEBI, menyam­paikan him­bauan kepa­da bagian Staff Akademik, agar segera menyi­ap­kan beber­a­pa kebu­tuhan penun­jang pem­be­la­jaran. “Kare­na kita Ming­gu depan sudah offline. Kita butuh spi­dol, peng­ha­pus dan lain seba­gainya nan­ti kita siap­kan,” tuturnya.

Perku­li­a­han tat­ap muka akan dilak­sanakan pekan depan. Namun hing­ga beri­ta ini di muat masih ter­da­p­at infor­masi yang belum jelas dan mem­bin­gungkan Maha­siswa. Pasal­nya, Keti­dak jelasan­nya kare­na pihak-pihak terkait masih sama-sama menunggu. 

Kam­pus menung­gu surat dari Sat­gas, maha­siswa menung­gu kepu­tu­san kam­pus. Sehing­ga muncul beber­a­pa tang­ga­pan. Salah sat­un­ya dis­am­paikan Ulfa, maha­siswa UIN Satu Tulungagung.

Infor­masi ini belum ada yang res­mi masih sim­pang siur, jadi cukup mere­sahkan dan men­jadikan infor­masi yang belum ten­tu benar terse­bar luas kem­ana-mana.” ujarnya.

Lebih lan­jut menu­rut Cut Hillary yang juga maha­siswa UIN Satu Tulun­ga­gung, menyam­paikan kendala terkait infor­masi yang sim­pang siur dan ter­lalu men­dadak. Menu­rut­nya, seti­daknya sudah ada edaran res­mi sem­i­ng­gu sebelum masuk perku­li­a­han. Agar ada wak­tu untuk per­si­a­pan apala­gi bagi maha­siswa yang dari luar Kota maupun luar Provinsi.

Penulis: Dila
Reporter: Aina, Gea, Sha­ri­na
Redak­tur: Bayu