Iya merugikan. Yang sak­it bukan peser­ta, tapi P/Ipnya yang sak­it.” Ucap Pen­damp­ing beser­ta Instruk­tur pen­damp­ing (P/Ip) PBAK FTIK.

Kamis, 18/08/2023 Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Kegu­ru­an (FTIK) gelar Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) di lapan­gan Voli UIN Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung. Acara yang berlang­sung sela­ma dua hari ini dim­u­lai sejak pagi pukul 05.30 WIB hing­ga pukul 17.00 WIB untuk hari per­ta­ma. Sedan­gkan di hari ked­ua acara berlang­sung lebih lama, yakni pukul 05.30 WIB hing­ga pukul 21.00 WIB.

Sela­ma kegiatan PBAK FTIK, P/Ip merasa dirugikan kare­na keti­dak­je­lasan terkait wak­tu kon­sum­si yang diter­i­ma. Mere­ka men­gaku baru men­da­p­atkan kon­sum­si nasi pada wak­tu ishoma. Pada­hal, P/Ip sendiri ditun­tut oleh pani­tia untuk ban­gun lebih pagi dan mulai per­si­a­pan check-in peser­ta pada pukul 05:30 WIB.

Cukup kaget, kare­na saya juga men­ja­di pen­damp­ing di PBAK Uni­ver­si­tas. Pagi itu awal­nya dia­jak brief­ing terkait penyambu­tan maha­siswa FTIK, terus tadi pagi  belum sara­pan nasi, lalu kami nung­guin kok belum ada sara­pan, habis itu ya nung­guin sampe kami demo gitu, terus dis­u­ruh sabar, gitu terus. Akhirnya dapet di wak­tu Maba isti­ra­hat, kami baru dapet kon­sum­si nasi.” Ungkap Malya (bukan nama sebe­narnya) selaku pendamping.

Bahkan, salah satu maha­siswa baru, Mutia men­geluhkan kon­disi pen­damp­ing yang tam­pak kurang berse­man­gat. “Pen­damp­ing pbak ftik, keli­atan lemes-lemes hing­ga jarang berin­ter­ak­tif den­gan kami.” Jelas Mutia.

Berdasarkan kere­sa­han yang diala­mi pen­damp­ing, Dema  FTIK mem­beri tang­ga­pan bah­wa  sudah men­ja­di raha­sia umum jika kon­sum­si dari ben­da­hara fakul­tas selalu telat.

… kan tau sendiri ya FTIK itu ben­da­ha­ranya kayak gimana, nah itu sudah raha­sia umum kalau semi­sal kon­sum­si fakul­tas itu selalu telat dan kadang kala ga jelas.” Ujar Ramad­han Aufani selaku ket­ua umum Dema FTIK.

Menyikapi hal terse­but, Nau­fal selaku Co Sie Kon­sum­si turut bersim­patik ter­hadap pen­damp­ing. Akan tetapi dirinya men­gaku tak bisa berbu­at apa-apa. 

Namanya juga manu­sia pasti ada rasa manu­si­awi nya, ya kasi­han mbak tapi ya gimana lagi. Posisi saya bukan ben­da­hara fakul­tas. Jadi, saya ya tidak tau apala­gi soal bera­pa anggaran­nya. Mau gimana-gimana ini jadi resikonya.”

Pihaknya juga men­gaku bah­wa prob­lemati­ka terkait kon­sum­si PBAK sebe­narnya sudah diu­payakan ke pihak fakul­tas, tapi malah berak­i­bat kena pukul (red.cecar).

Kemarin sudah kena pukul, aku tidak mau kena pukul lagi. Cukup sekali saja kalo kena pukul. Ya tidak apa apa kalau per­i­hal telat­nya kon­sum­si, masih bisa saya upayakan den­gan mem­beri snack roti buat jaga-jaga.” Ungkap Naufal.

Sebelum itu, pen­damp­ing turut men­je­laskan bah­wa mere­ka tidak diber­i­tahu terkait bagaimana kon­sep kon­sum­si semestinya (red. wak­tu). Pada evalusasi hari per­ta­ma PBAK FTIK, pen­damp­ing baru diberi sosial­isasi oleh pani­tia terkait sara­pan pagi yang hanya beru­pa roti.

Sebelum­nya, kami tidak dikasih tau kalo dapet nasinya itu pas kapan, harus­nya dikasih tau,biar kami ga nung­gu dan ga berharap.” Ujar pen­damp­ing lain yang eng­gan dise­butkan namanya.

Bahkan, Nau­fal selaku koor­di­na­tor Sie Kon­sum­si juga men­gatakan bah­wa dirinya tidak tahu menahu per­i­hal kon­sep kon­sum­si yang sesung­guh­nya.“Ya sebe­tul­nya saya juga gatau.”

Di hari ked­ua PBAK FTIK, pani­tia berke­bi­jakan mem­per­bolehkan pen­damp­ing untuk mem­be­li sara­pan nasi sendiri. Namun, di sisi lain pen­damp­ing resah kare­na tidak diper­bolehkan kem­ana-mana, supaya tetap men­ja­ga peser­ta PBAK FTIK. Kere­sa­han terse­but diungkap­kan oleh Wati (bukan nama sebenarnya).

Sara­pan nasi kita itu beli sendiri di kan­tin. Pada­hal katanya itu P/Ip itu tidak boleh kem­ana-mana. Alhasil beber­a­pa P/Ip inisi­atif gant­ian gitu, kak.” Jelas Wati.

Tidak hanya itu, Wati juga mencer­i­takan jika dirinya sem­pat terke­na maag lan­taran keter­lam­bat­an kon­sum­si nasi. “Kemarin itu dampaknya maag saya naik terus asam lam­bung, terus banyak juga pen­damp­ing-pen­damp­ing itu banyak yang men­geluh kela­paran, banyak yang ke PMI juga, minta obat maag begi­tu, kak.” Tegasnya. 

Putri, anggota KSR-PMI yang bertu­gas di PBAK FTIK mem­be­narkan adanya lapo­ran P/IP yang mem­inta obat maag saat dihubun­gi oleh kru Dimen­si via WhatsApp.

Penulis: Afiya
Reporter: Gea, Ria

Redak­tur: Danu