Fakul­tas Ushu­ludin Adab dan Dak­wah (FUAD) melak­sanakan kegiatan PBAK (Pen­ge­nalan Budaya dan Akademik) dua hari sete­lah terse­leng­garanya PBAK Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­maat­ul­lah Tulun­ga­gung (UIN SATU), yakni pada hari Jumat (18/8) sam­pai Sab­tu (19/08) tahun 2023. Dalam pelak­sanaan­nya, acara yang diiku­ti oleh 1.188 maha­siswa baru dim­u­lai sejak pukul 06.00 pagi dan ditut­up pada pukul 21.30 WIB.

Estungkara Maha­siswa: Sikap Bijak Atas Teknolo­gi Dig­i­tal” men­ja­di tema PBAK FUAD tahun ini. Pemil­i­han kata ‘estungkara’ diam­bil dari bahasa sansek­er­ta yang berar­ti kesang­gu­pan sese­o­rang untuk meng­hadapi masalah. Secara keselu­ruhan tema terse­but men­garahkan bagaimana kesang­gu­pan maha­siswa untuk mengam­bil sikap bijak keti­ka meng­hadapi masalah yang dalam kon­teks ini adalah teknolo­gi digital.

Wak­tu yang dibu­tuhkan Fakul­tas FUAD untuk melak­sanakan PBAK berbe­da dari fakul­tas lain­nya. Maha­siswa baru di FUAD hanya  diperke­nankan mening­galkan acara pada pukul 21:30. Sedan­gkan pada PBAK fakul­tas lain, hanya di hari ked­ua acara sele­sai hing­ga malam hari. Rif­ki selaku Ket­ua DEMA FUAD menye­butkan kalau lamanya acara dikare­nakan ada pen­ge­nalan Lem­ba­ga Semi Otonom (LSO).

Selain itu, PBAK FUAD 2023 berbe­da dari tahun sebelum­nya yang dis­e­leng­garakan secara indoor dalam Aula Arif Mus­taqim. Kali ini pani­tia mem­berikan nuansa baru den­gan melang­sungkan acaranya secara out­door di lapan­gan bas­ket UIN SATU.

Per­al­i­han lokasi dikare­nakan adanya eval­u­asi dari tahun kemarin terkait forum maha­siswa yang terba­gai men­ja­di dua bagian. “Kare­na meli­hat kemarin itu terba­gi men­ja­di dua lan­tai forum­nya yaitu 6 sama 4 jadi kita upayakan supaya di out­door.” Jelas Rif­ki.

Dirinya turut menam­bahkan bah­wa ini kali per­ta­ma melak­sanakan kegiatan berskala besar secara out­door. Hal ini juga dikon­fir­masi oleh Andre seba­gai Ket­ua Pelak­sana “..baru per­ta­ma ini men­jalankan pbak secara out­door, makanya kul­tur dari pbak out­dor kan juga beda den­gan indoor.”

Peruba­han kon­sep terse­but berim­bas pada molornya run­down kegiatan, di hari per­ta­ma kemoloran ter­ja­di sela­ma satu jam. “Molor sih kak, masih molor. Kemarin san­gat molor banget satu jam.” Terang Fris­da salah satu pen­damp­ing PBAK FUAD

Sena­da den­gan Fris­da, Rid­ho yang meru­pakan peser­ta PBAK dari pro­di Bimbin­gan Kon­sel­ing Islam turut men­geluhkan masalah molornya wak­tu. “Wak­tun­ya itu lo kak ser­ing molor.”

Rid­ho juga men­gungkap­kan adanya keter­lam­bat­an dan keti­dak­mer­ataan lauk dalam makanan yang dipesan dari pani­tia pada hari per­ta­ma. “Makanan­nya itu ter­lam­bat sekali dan ter­da­p­at sam­bal yang basi terus lauknya itu tidak sama atau beda-beda gitu, temanku ada yang memakai ayam ada yang memakai tempe saja dan ada yang cuma dap­at mie saja, beda-beda ran­dom pokoknya.

Per­soalan kon­sum­si pada hari per­ta­ma selan­jut­nya men­ja­di bahan eval­u­asi malam harinya supaya lebih baik di hari ked­ua. “Aman sih kak untuk hari ked­ua. Soal­nya kemarin udah di eval­u­asi terkait kon­sum­si maba, jadi untuk kon­sum­si hari ini udah lumayan sih diband­ingkan den­gan yang kemarin” tutur Frisda.

Keluhan lain perkara ten­da juga dise­butkan oleh maha­siswa baru. Hal ini dise­babkan perki­raan ter­hadap jum­lah peser­ta PBAK FUAD yang kurang tepat sehing­ga masih ter­da­p­at peser­ta ter­pa­par terik matahari.

Bagaimana ya, tem­pat­nya sih  ter­tut­up, tapi masih kurang gitu lho, seumpa­ma dita­m­bahi penut­up lagi jadinya kan ngga kepanasan, mungkin tem­pat­nya saja yang kurang strate­gis”, komen­tar Ulfa dari pro­di Komu­nikasi dan Penyiaran Islam.

Menu­rut Rif­ki, ten­da yang diperki­rakan mam­pu menam­pung selu­ruh peser­ta PBAK FUAD, terny­a­ta masih belum men­cukupi. “Kare­na ini per­ta­ma kali juga out­door dan terny­a­ta ten­da yang diperki­rakan pani­tia juga masih kurang sebab maba nya mem­blu­dak. Akhirnya masih ada beber­a­pa anak yang terke­na sinar mata­hari dan kepanasan. Jadi ada gesekan juga dari maba, kepanasan, misko­mu­nikasi terkait sara­pan di hari per­ta­ma dari pen­damp­ing dari pani­tia juga.” Jelas­nya.

Rif­ki menam­bahkan bah­wa selepas ter­lak­sananya kegiatan, pani­tia terus melak­sanakan eval­u­asi. Ia juga berharap agar PBAK FUAD tahun depan tidak men­gu­lan­gi kesala­han yang ter­ja­di tahun ini. 

Penulis: Musto­fa
Reporter: Novin­da, Syahi­da

Edi­tor: Vidya