Per­si­dan­gan itu cuma can­da tawa, dibu­at per­mainan oleh Sema‑U. Hasil kepu­tu­san dari MPM ini kita tolak, mas. Kare­na per­si­dan­gan itu tidak sah, terus kena­pa per­at­u­ran dibu­at dan harus dilak­sanakan jika per­si­dan­gan­nya saja  tidak sah? Kalau kita lak­sanakan sama saja Pus­p­lo (red. Tidak bergu­na).” Ungkap Fah­mi Selaku Per­wak­i­lan Sema Fasih.

Senin 25 Sep­tem­ber 2023, Sen­at Maha­siswa (SEMA) UIN SATU menye­leng­garakan Musyawarah Per­wak­i­lan Maha­siswa (MPM) di Audi­to­ri­um lan­tai 5 Gedung Pas­casar­jana UIN SATU. Mes­ki pada poster yang beredar, kegiatan seharus­nya berlokasi di Gedung Arief Mus­taqiem. Namun kare­na pada hari itu di AM ada sidang sen­at ter­bu­ka, per­si­dan­gan kemu­di­an dial­ihkan menu­ju gedung Pascasarjana.

(Kon­disi MPM di Audi­to­ri­um Pas­casar­jana — Dok. dimensipers)

Kegiatan tahu­nan yang meru­pakan musyawarah tert­ing­gi maha­siswa ini meli­batkan selu­ruh per­wak­i­lan ormawa UIN SATU yang  terba­gi men­ja­di peser­ta aktif dan pasif. Selain itu MPM juga turut meng­hadirkan peser­ta pen­in­jau yang berasal dari pen­gu­rus demi­sion­er Sema‑U dan Dema‑U.

MPM tahun ini ren­cananya berlang­sung sela­ma lima hari dari tang­gal 25–29 Sep­tem­ber. Namun dalam pelak­sanaan­nya, rupa­nya kegiatan telah berakhir lebih awal pada hari Selasa (26/09). Hari per­ta­ma MPM dim­u­lai pukul 10.00 WIB den­gan mem­ba­has tat­ib per­si­dan­gan hing­ga pukul 12.00 WIB. Kemu­di­an per­si­dan­gan berlan­jut men­ge­nai pem­ba­hasan Anggaran Dasar (AD).

Jika meli­hat run­down kegiatan, seharus­nya pem­ba­hasan hari per­ta­ma hanya menyoal tat­ib dan pemil­i­han pre­sid­i­um. Namun kare­na masih ter­da­p­at sisa wak­tu, per­si­dan­gan diteruskan sam­pai pada pem­ba­hasan AD yang sebe­narnya meru­pakan rangka­ian pem­ba­hasan pada hari ked­ua – keti­ga, dan memakan wak­tu sela­ma dua jam.

(Run­down MPM 2023 — Sum­ber: Lam­pi­ran pem­ba­caan AD/ART MPM)

Keesokan­nya di hari ked­ua MPM, per­si­dan­gan dibu­ka kem­bali den­gan mem­u­lai pem­ba­hasan Anggaran Rumah Tang­ga (ART). Keti­ka pem­ba­hasan ART berlang­sung, peser­ta sidang sem­pat mem­per­soalkan pasal 5 men­ge­nai masa keang­gotaan yang meru­pakan bun­tut dari keja­di­an pelang­garan per­ma pasal 28 Ayat 4 Poin L oleh wak­il ket­ua Dema‑U.

Peser­ta sidang selan­jut­nya mem­inta sko­rs­ing untuk isti­ra­hat sekali­gus klar­i­fikasi dari yang bersangku­tan untuk dim­intai keteran­gan melalui pang­gi­lan video Whats App. Dalam pang­gi­lan terse­but, Bayu Afrizal melakukan klar­i­fikasi den­gan mem­inta maaf kepa­da selu­ruh peser­ta sidang dan men­je­laskan men­ga­pa dia memil­ih untuk men­gakhiri sta­tus­nya seba­gai wak­il dema lebih dulu. Sete­lah menden­garkan klar­i­fikasi Bayu Afrizal, per­si­dan­gan kem­bali dibu­ka untuk dilanjutkan. 

Menu­ju sesi ked­ua sete­lah ishoma, sidang terus berlan­jut den­gan tetap mem­ba­has ART. Tak lama kemu­di­an sek­i­tar pukul 15.00 WIB, selu­ruh peser­ta musyawarah dari per­wak­i­lan Fakul­tas Ushu­lud­din Adab dan Dak­wah (FUAD) melakukan Walk Out  atau kelu­ar dari forum per­si­dan­gan yang selan­jut­nya dis­usul oleh selu­ruh per­wak­i­lan dari Fakul­tas Syari­ah dan Ilmu Hukum (FASIH).

Aksi  kelu­arnya mere­ka dari per­si­dan­gan dipicu oleh forum yang sudah tidak kon­dusif. Hal terse­but dikon­fir­masi oleh Didin selaku per­wak­i­lan maha­siswa FUAD dari HMPS Sejarah Per­ad­a­ban Islam (SPI).

 “..forum sudah tidak kon­dusif. Pre­sid­i­um lelah, kami juga.  Tapi pre­sid­i­um tidak mengin­dahkan isi dari pasal-pasal yang kita sidan­gkan wak­tu itu.”

Didin turut menye­butkan pun­caknya keti­ka salah satu peser­ta dari per­wak­i­lan Sema FUAD yang meng­in­terup­sikan kepa­da pre­sid­i­um untuk melakukan pend­ing atau penun­daan sidang kare­na tidak kon­dusifnya forum namun terny­a­ta juga tidak dipedu­likan oleh pre­sid­i­um. Hal terse­but kemu­di­an men­ja­di salah satu alasan  yang mem­bu­at peser­ta dari per­wak­i­lan FUAD melakukan Walk Out.

Dis­amp­ing itu Didin juga men­gatakan bah­wa aksi walk­out­nya adalah imbas dari pre­sid­i­um yang tidak mem­berikan wak­tu telaah keti­ka melakukan pem­ba­caan ART. Sela­ma itu pula sebe­narnya pre­sid­i­um sudah ser­ing men­da­p­atkan tegu­ran oleh peser­ta sidang.

Calvin selaku per­wak­i­lan dari Dema FUAD  turut men­je­laskan atas kelu­arnya FUAD dari forum kare­na keti­dak ter­i­maan­nya atas sikap pre­sid­i­um yang telah seenaknya mem­per­mainkan wak­tu telaah sedemikian rupa.

Saya rasa untuk wak­tu telaah juga san­gat dipak­sakan untuk segera dis­e­le­saikan jadi ini bisa dikatakan hasil yang ada pada hari ini bukan dari hasil tela’ah para peser­ta tapi hasil  dari set­tin­gan yang ingin dilakukan oleh pre­sid­i­um.” Ungkap Calvin.

Selaras den­gan hal diatas, Ahmad Bin Efen­di selaku per­wak­i­lan Maha­siswa FASIH dari HMPS Hukum Kelu­ar­ga Islam (HKI) meny­atakan bah­wa kepu­tu­san kelu­ar forum per­si­dan­gan adalah sebuah kepu­tu­san yang berat. Dirinya menam­bahkan bah­wa sidang kepu­tu­san kali ini adalah milik pre­sid­i­um, bukan ada pada forum atau peser­ta sidang.

…. Fasih dan Fuad kelu­ar itu sudah kepu­tu­san yang san­gat berat. Namanya sidang musyawarah kepu­tu­san­nya ya ada dalam forum, bukan hanya di pre­sid­i­um – dan kepu­tu­san pre­sid­i­um ada di peser­ta sidang. Seharus­nya sidang itu bisa pend­ing kalau sudah tidak kon­dusif, apala­gi kemarin peser­ta juga sudah banyak yang men­gop­sikan untuk pend­ing.” Jelas Efendi.

Menang­gapi hal terse­but, Maf­tuh seba­gai pre­sid­i­um sidang meman­dang bah­wa per­si­dan­gan masih ter­go­long kon­dusif. Pihaknya juga men­gaku tetap berkomit­men dalam men­jalankan sidang seba­gai pre­sid­i­um hing­ga sele­sainya acara.

Itu masih ter­go­long kon­dusif, per­tim­ban­gan­nya adalah temen-temen tidak ada yang banyak bicara, hanya teri­ak-teri­ak saja. Mere­ka hanya lelah  tan­pa mere­ka bergeser atau pin­dah posisi. Men­ge­nai yang WO kalau menu­rut kaca­ma­ta sy selaku pre­sid­i­um sekali­gus pen­gu­rus sema. Saya tetap berkomit­men untuk men­jalankan sidang seba­gaimana semestinya atau seba­gaimana logis­nya seper­ti itu.”  Ungkap Maftuh.

Dampak dari banyaknya peser­ta yang melakukan aksi kelu­ar forum per­si­dan­gan berpen­garuh ter­hadap kuo­rum per­si­dan­gan. Fah­mi per­wak­i­lan dari Sema Fasih men­gungkap­kan bah­wa kelu­arnya peser­ta dari Fuad dan Fasih berim­bas pada tidak sah­nya hasil MPM kare­na kurang dari 50%+1 dari jum­lah peser­ta yang sudah dite­tap­kan MPM.

Menu­rut saya dari walk­out nya fakul­tas fasih dan fakul­tas Fuad itu, MPM mem­ba­has ad/art itu tidak sah kare­na kurang dari 50%+1 peserta.” 

Lain hal­nya den­gan Maf­tuh seba­gai pre­sid­i­um pihaknya men­erangkan bah­wa sekalipun peser­ta tidak memenuhi kuo­rum, per­si­dan­gan tetap dilak­sanakan. Kare­na menu­rut­nya, jika berbicara men­ge­nai hukum untuk atu­ran ayat dalam pasal. Tiap angka dalam ayat menun­jukkan hier­ar­ki yang apa­bi­la di urutkan secara tingkatan­nya akan berbe­da secara urgensi.

 “Kalau berbicara hukum untuk uru­tan ayat­nya, ayat 4 itu logis­nya men­ja­di opsi yang ter­akhir digu­nakan. Mis­al di ayat 4 itu berbun­yi seper­ti itu (red. tat­ib) lalu ayat 3 nya kalo nggak salah sidang tidak akan bisa dim­u­lai apa­bi­la anggota kuo­rum 2/3 peser­ta MPM. Nah sebe­narnya saya ingin melu­ruskan ayat 3 ini ter­lebih dahu­lu biar temen-temen bisa untuk mengkuo­rumkan, tetapi tadi temen-temen pada WO jadi akhirnya saya memakai ayat 4 sehing­ga sidang tetap dilan­jutkan.” Jelasnya.

Pada akhirnya MPM hanya berlang­sung sela­ma dua hari dan tidak mengiku­ti kete­ta­pan awal seper­ti yang telah dise­butkan di run­down.  Fah­mi men­gungkap­kan bah­wa per­si­dan­gan dalam MPM kali ini hanyah sebuah can­daan yang dibu­at per­mainan oleh Sema. Ia juga menye­butkan bah­wa hasil kepu­tu­san MPM akan ia tolak kare­na per­si­dan­gan yang diang­gap tidak sah.

Per­si­dan­gan itu cuma can­da tawa, dibu­at per­mainan oleh Sema‑U. Hasil kepu­tu­san dari MPM ini kita tolak, mas. Kare­na per­si­dan­gan itu tidak sah, terus kena­pa per­at­u­ran dibu­at dan harus dilak­sanakan jika per­si­dan­gan­nya saja  tidak sah? Kalau kita lak­sanakan sama saja Pus­p­lo (red. Tidak bergu­na).” Ungkap Fahmi.

Penulis: Musto­fa
Reporter: Fad­hilla, Noval, Yahya
Edi­tor: Vidya