close
Cangkruk

(Masih) Peringatan Hari Bumi, HMJ TBio gelar Kegiatan Tanam Pohon

Dimensipers.com (28/04)  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Biologi menggelar kegiatan peringatan hari Bumi. Kegiatan ini dilaksanakan di gunung Budheg di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat Tulungagung pada hari Sabtu 28 April 2018. Bentuk kegiatannya berupa tanam pohon. Tema dari kegiatan tersebut adalah “Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi untuk Generasi Bangsa”.

Peringatan hari Bumi merupakan kegiatan wajib jurusan Tadris Biologi. Kegiatan tersebut juga termasuk serangkaian kegiatan untuk menyambut Diesnatalis jurusan Tadris Biologi yang ke-3. Kegiatan dimulai pukul 07.00 check in peserta di kampus IAIN Tulungagung. Dilanjutkan perjalanan ke lokasi Gunung Budheg. Kegaiatan diawali dengan sambutan-sambutan yang kemudian dilanjutkan penanaman satu Pohon Sengon oleh Dosen Tadris Biologi Nanang Purwanto dan Haslinda Yasti Agustin diikuti seluruh mahasiswa Tadris Biologi.

“Tujuan diadakannya kegitan  ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa Tadris Biologi untuk mencintai lingkungan.” Jelas Ja’far Shodiq selaku Ketua Pelaksana.

Peringatan hari Bumi ini dihadiri oleh mahasiswa Tadris Biologi dari semester 2 dan 4 yang berjumlah sekitar 68 mahasiswa serta juga dosen.

”Mahasiswa Tadris Biologi menanam tanaman sengon dan dibagi menjadi 4 kelompok, kelompok 1 menanam bagian paling bawah, kelompok 2 di atasnya dan seterusnya.” Tutur Mukhtar Abdul Ali selaku panitia. Peserta cukup antusias mengikuti jalannya rangkaian kegiatan.

Berbagai tanggapan muncul dalam kegiatan ini mulai dari dosen, mahasiswa, dan juga panitita. “Kegiatan seperti ini bisa meningkatkan akreditasi jurusan, tetapi sayang apabila kegiatan seperti ini tidak didokumentasikan dalam bentuk laporan akan percuma, karena dokumentasi sangat penting dan nantinya bisa dimuat di web Tadris Biologi.” Terang Nanang Purwanto selaku dosen Tadris Biologi.

“Kegiatan ini bagus, tetapi sebenarnya masih bisa dikembangkan lebih baik lagi.” Tutur Baha’uddin mahasiswa Tadris Biologi kelas 4B.

“Acaranya sedikit molor sehingga waktu tanam pohon cuacanya panas dan cukup melelahkan.” Tutur Rafinda selaku panitia.

Seusai tanam pohon kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari dosen Haslinda Yasti Agustin dan Nanang Purwanto mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Kegiatan berakhir dan ditutup pukul 11.00 WIB. []

Malikipuk

The author Malikipuk

Leave a Response