close
Newscamp

Rutinan Kampus: Follow Up dan Inagurasi

Dimensipers.com (13/09). Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I) menggelar follow up dan inagurasi yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 September 2018. Acara ini mengusung tema “Peran Pemuda dalam Berbangsa, Bernegara, dan Beragama Demi Mewujudkan Cita-Cita NKRI.”

Hari pertama, digunakan untuk follow up dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) seluruh fakultas. Follow up menekankan pada materi Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang sudah dikonsep oleh panitia. Materi yang disajikan guna menyadarkan kembali pola pikir mahasiswa yang berbangsa, bernegara, dan beragama. Selain itu, adanya follow up bertujuan untuk membekali mereka ketika mereka terjun ke masyarakat tidak hanya dari segi akademis melainkan juga mampu memberikan kontribusi untuk pengembangan nasional dan religius.

Dilanjut pada hari kedua, dimulai Pukul 09.00-20.00 WIB. digunakan untuk inagurasi seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di IAIN Tulungagung. Inagurasi juga dimeriahkan dengan penampilan Band dari luar kampus, seperti Weeping of Strangler, Paskadog, dan Guest Star.

Ibrahim Kholil Majid selaku Presiden Mahasiswa IAIN Tulungagung mengungkapkan, “Inagurasi kali ini untuk pentas seni dan pengambilan stempel tetap. Pertama, penekanan saya adalah pada sosialisasi pengenalan UKM. Kedua, terkait pengadaan Open Recruitment serentak untuk seluruh UKM IAIN Tulungagung. Ketiga, untuk pentas seni sesuai kreativitas UKM. Kami memberikan wadah mereka, entah untuk sosialisasi atau melakukan perform itu monggo.”

Inagurasi kali ini dilakukan dua gelombang sesuai jadwal per fakultas. Mengingat jumlah mahasiswa yang meningkat tahun ini, menjadi pertimbangan dari pihak DEMA-I untuk membagi jadwal inagurasi. Tujuannya tidak lain agar jalannya inagurasi berjalan tertib.

“Antusias Mahasiswa Baru (Maba ;red) sangat meningkat dari tahun sebelumnya. Inagurasi memang sengaja dibuat menjadi dua gelombang dan dibagi waktunya sesuai fakultas. Pukul 08.00-12.00 untuk FASIH dan FEBI. Pukul 13.00-16.00 untuk FTIK dan FUAD. Untuk malam hari, pukul 08.30 sampai selesai diperuntukkan seluruh fakultas,” imbuh Ibrahim.

Acara inagurasi ini juga ditanggapi positif oleh beberapa Maba. Ardiana Devikri dari jurusan Akuntansi Syariah mengungkapkan, “Inagurasi merupakan suatu bentuk hal yang positif dan tidak ada di tempat lain. Ya, kalau disini kan lebih diutamakan jadi mahasiswa kan tidak hanya aktif di kelas tetapi juga di luar kelas.”

Emilia Mustikaningsih jurusan Manajemen Bisnis Syariah mengatakan, “Kalau menurut saya inagurasinya waktunya kurang tepat karena ini sudah aktif Kegiatan Belajar Mengajar jadi mengganggu mata kuliah. Sistemnya cukup kondusif karena dibagi-bagi menurut fakultasnya dan bisa dititipkan ke ketua kelas.”

Menindaklanjuti acara follow up dan inagurasi, diharapkan nantinya mahasiswa bisa lebih mengetahui organisasi yang ada di kampus IAIN Tulungagung dan juga ikut serta di dalamnya. []

 

 

Tags : inagurasiPBAKmahasiswabaru
Mia Chan

The author Mia Chan

Leave a Response