Dimensipers.com — 06-Sep­tem­ber 2018. Kumpu­lan maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung berkumpul dalam acara peng­galan­gan dana untuk Lom­bok. Yang mana maha­siswa bersatu di dalam satu komu­ni­tas yang berna­ma “KOMA” KOmu­ni­tas tan­pa naMA”. Ter­diri dari 20 komu­ni­tas dan beber­a­pa UKM dari kam­pus bersatu dalam komu­ni­tas tersebut.


Sol­i­dar­i­tas yang dim­i­li­ki teman-teman maha­siswa, men­ja­di ger­akan yang kuat untuk mem­ban­tu kor­ban-kor­ban ben­cana alam di Lom­bok. Ben­cana alam yang ter­ja­di di wilayah terse­but men­gak­i­batkan beber­a­pa kor­ban hing­ga memakan kor­ban nyawa.
KOMA men­gadakan peng­galan­gan dana yang dim­u­lai dari hari Selasa dan Rabu tang­gal 04–05 Sep­tem­ber 2018. Dalam peng­galan­gan dana ini pula, menampilkan beber­a­pa penampi­lan dari teman-teman komu­ni­tas dan UKM.
Hasil dari hari per­ta­ma yang dim­u­lai dari pukul 12.00 hing­ga 17.00 WIB. Men­da­p­atkan donasi yang cukup banyak untuk dis­alurkan kepa­da kor­ban-kor­ban Lom­bok. Yang mana pada peng­galan­gan hari per­ta­ma mere­ka men­da­p­atkan donasi Rp. 14.989.000 dan pada hari ked­ua Rp 5.533.100.
“Dari jam 12 hing­ga jam 5 sore kita terkumpul den­gan jum­lah Rp. 14.989.000, dan untuk hari yang ked­ua kita men­da­p­atkan dana sebe­sar Rp 5.544.100 dan untuk total sela­ma peng­galan­gan dana ini sebe­sar Rp 20.533.100” ujar Febry dari UKM MENWA selaku Ben­da­hara KOMA.
Antu­sias dari teman-teman maha­siswa dan dosen-dosen kam­pus cukup diapre­si­asikan, bah­wasan­nya dalam pen­galan­gan dana terse­but, den­gan rasa ikhlas dan tan­pa pam­rih mere­ka mem­berikan sum­ban­gan beru­pa uang untuk para kor­ban Lombok.
Hasil dari peng­galan­gan dana yang diu­mumkan melalui media sosial beru­pa via Wah­stApp, sudah cukup untuk mem­ber­i­tahukan kepa­da selu­ruh maha­siswa dan dosen, bah­wasan­nya hasil dari peng­galan­gan dana tersebut.

Kita akan melalui media sosial yakni Waht­sapp, untuk sekarang khusus­nya anak-anak maha­siswa pasti seti­ap anak sudah memi­li­ki WA, maka dari itu sudah cukup kita sebarkan melalui via WA,” ungkap Baid­owi selaku ket­ua pelak­sana KOMA.

Bukan hanya itu pula. Untuk melakukan transparasi dana den­gan meng­gu­nakan ben­ner dan pam­phlet keku­ran­gan lokasi untuk pemasan­gan terse­but, maka dari itu usu­lan yang dikatakan oleh ket­ua pelak­sana, pengu­mu­man hasil dari peng­galan­gan terse­but sudah cukup melalui via WA.
Dana yang sudah terkumpul sejauh ini, akan dikir­im lang­sung melalui Reken­ing, yang akan diter­i­ma oleh salah satu relawan yang bera­da di sana. Dan salah satu relawan terse­but meru­pakan Maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung tersendiri yang sedang KKN di Lombok. []