Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) UIN Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung yang dis­e­leng­garakan pada 16–17 Agus­tus 2023 meli­batkan 4.545 maha­siswa baru. Den­gan men­gusung tema “Abdi Bumi Gay­a­tri Peng­ger­ak Intelek­tu­al Negeri”, tema kali ini dihara­p­kan dap­at men­jadikan maha­siswa baru seba­gai roda peng­ger­ak intelektual.

..tema kali ini meny­atakan bah­wasanya kita ten­gah mengab­dikan diri. Abdi diar­tikan seba­gai mengab­di atau mengab­dikan diri di bumi Gay­a­tri, bumi Tulun­ga­gung. Den­gan kita berku­li­ah ataupun men­em­puh pen­didikan di bumi Gay­a­tri Tulun­ga­gung, hara­pan­nya kita semua ter­lebih maba bisa meng­ger­akkan intelek­tu­al di negeri kita. Kami juga mengutip dari sejarah memang dulun­ya di bumi Gay­a­tri Tulun­ga­gung ini, dulun­ya adalah bumi intelek­tu­al.” Jelas Zah­wa selaku Ket­ua Pelak­sana PBAK U.

Sewak­tu pem­bukaan PBAK pada hari per­ta­ma, maha­siswa baru dis­ug­uhkan den­gan penyambu­tan Rek­tor UIN SATU Tulun­ga­gung yang diirin­gi penampi­lan reog ken­dang. Acara diteruskan den­gan sapa maha­siswa dan flash­mob yang dipan­du oleh MC (mas­ter of cer­e­mo­ny). Selepas acara ser­e­mo­ni­al, kegiatan dis­am­bung den­gan pem­ber­ian materi PBAK kepa­da maha­siswa baru sam­pai pukul dela­pan malam.

Sedan­gkan untuk hari ked­ua yang bertepatan den­gan HUT RI ke 78, selu­ruh civ­i­tas aca­d­e­m­i­ca beser­ta maha­siswa baru turut melang­sungkan upacara ben­dera. Selan­jut­nya kegiatan beral­ih den­gan melakukan pem­ben­tan­gan luk­isan kaligrafi Asmaul Hus­na sep­a­n­jang 1.502,8 meter untuk pen­catatan rekor muri.

Sela­ma pra PBAK hing­ga PBAK, seti­ap maha­siswa baru diwa­jibkan melakukan per­syaratan yang telah diten­tukan melalui petun­juk pelak­sanaan dan petun­juk tek­nis (Juklak/Juknis). Hel terse­but meliputi pem­bawaan kuas lukis den­gan merk sama untuk melukis karya luk­isan rekor muri, jenis paka­ian yang dike­nakan sela­ma dua hari, hing­ga menyi­ap­kan bekal makanan den­gan tidak memakai wadah plas­tik sekali pakai turut men­ja­di per­syaratan yang harus dipenuhi.

(Foto: Per­syaratan pem­bawaan bekal bagi Maba – Sum­ber: Juk­lak-Juk­nis PBAK 2023)

Dari tahun ke tahun, jenis makanan untuk maha­siswa baru dike­mas dalam sebuah teka-teki yang harus dipec­ahkan. Meskipun men­ja­di sebuah kewa­jiban, mem­bawa bekal dan menye­suaikan jenis bekal makanan terny­a­ta tidak dilakukan oleh selu­ruh maha­siswa baru.

(Foto: Per­syaratan pem­bawaan bekal bagi Maba – Sum­ber: Juk­lak-Juk­nis PBAK 2023)

Seper­ti Jodi  (bukan nama sebe­narnya) maba pro­gram stu­di Psikolo­gi Islam men­gatakan bah­wa dirinya tidak mem­bawa bekal melainkan ia mem­be­li dan memakan­nya di luar kampus.

..kalau saya beli sendiri, cuma lima ribu, lang­sung saya makan dis­ana – ngga saya bawa kesini.”

Keja­di­an terse­but memicu keluhan dari maha­siswa baru. Rif­ki salah satu maha­siswa dari pro­gram stu­di  Aqi­dah dan Fil­safat Islam men­gatakan bawa dirinya juga men­e­mui teman­nya yang tidak mem­bawa bekal makanan sesuai den­gan per­at­u­ran, dan tidak diper­masalahkan oleh pani­tia. Ia menam­bahkan dari­pa­da buang-buang uang dan wak­tu untuk meme­san kater­ing, lebih baik tidak diberi keten­tu­an seper­ti itu.

…ada kaya temanku juga tau kan dis­u­ruh bawa nasi yang diten­tukan, tapi dia bawa nasi pecel di ker­tas ya nggak apa-apa. Ya, kan kami expect­nya kalau ada juk­nis kayak gitu pastinya dari kam­pus ada penge­cekan, terny­a­ta nggak ada, nggak jelas sama sekali. Itu bikin kami buang wak­tu dan buang uang, mend­ing nggak usah dikasih keten­tu­an aja.” Ucap Rifki.

Sena­da den­gan Rif­ki, Abas salah satu maha­siswa dari Bimbin­gan Kon­sel­ing Islam men­gungkap­kan bah­wa  dirinya merasa rugi kare­na telah men­gelu­arkan biaya untuk meme­san kater­ing demi melengkapi keten­tu­an PBAK U.

…kalau tau kayak begi­tu acaran­nya mend­ing beli aja dilu­ar dari­pa­da kater­ing. Ya mohon maap dari 85.000 itu soal­nya cuma 2 kali dap­at makan.”

Menang­gapi hal terse­but, Zah­wa selaku ket­ua pelak­sana PBAK 2023 men­gatakan bah­wa pihaknya masih kali ini menge­tahui jika ada maha­siswa baru yang mem­bawa bekal tidak sesuai den­gan atu­ran yang ada.  Bahkan seba­gian maba memil­ih untuk makan dilu­ar. Ia men­gatakan jika pihaknya memang tidak melakukan penge­cekan. Zah­wa juga menam­bahkan jika penge­cekan tidak dilakukan kare­na kon­disi dari maha­siswa baru yang bersikap terburu-buru.

..baru kali ini den­gar teman-teman maba yang nggak bawa bekal atau sing bawa bekal, tapi ndak sesuai juk­lak juknis­nya. Untuk penge­cekan, di awal iku emang nggak ada, soal­nya kan cepet-cepet, kemarin aja tgl 16 itu, maba masuk jam 5 kurang. Soal­nya  maba kan gopoh, makanya jam 5 seperem­pat itu jalan raya tir­to ke utara sudah ramai.”

Peng­gu­naan wadah bekal dan botol yang bukan sekali pakai oleh pani­tia ditu­jukan seba­gai upaya anti­si­pasi adanya sam­pah yang mem­blu­dak seper­ti tahun kemarin.  “Kami melakukan eval­u­asi dari pbak di tahun lalu. Kalau di tahun lalu kita meng­gu­nakan besek, jadi untuk men­gan­tisi­pasi adanya sam­pah, kami meng­gu­nakan wadah atau bekal makan.”  Jelas Zahwa.

Sekalipun begi­tu adanya per­syaratan pem­bawaan bekal  sedemikan rupa tetap tidak dap­at menekan adanya sam­pah yang masih dite­mui pada beber­a­pa titik lokasi PBAK U. Sam­pah yang sen­ga­ja dit­ing­galkan selan­jut­nya diber­sihkan oleh petu­gas keber­si­han UIN SATU.

(Foto: Sam­pah bekas bekal makan dok. Dimensipers)

Bukan hanya per­i­hal pem­bawaan bekal, kegiatan yang berlang­sung sela­ma dua hari bertu­rut-turut ini juga men­u­ai keluhan lain dari beber­a­pa maha­siswa baru. Muham­mad Rohisul dari pro­di Man­a­je­men Pen­didikan Islam men­geluhkan pelak­saan PBAK yang tak tepat wak­tu berim­bas pada ter­batas­nya jam isti­ra­hat. “..kegiatan­nya ga tepat wak­tu, isti­ra­hat jadi ter­batas.” Terangnya.

Nikmat­ul Mah­mu­dah maha­siswa pro­di Ilmu Alquran dan Tafsir  juga menim­pali hal seru­pa bah­wa PBAK dini­lai ter­lalu molor. “Wak­tun­ya ter­lalu molor, ngga tepat wak­tu, katanya kami harus cepat-cepat, ayo gini dan begi­tu tapi malah seper­ti ini.”

Lebih dari itu ada­pu­la maha­siswa baru yang men­gaku harus berde­sak-desakan sela­ma PBAK. “..panas, ger­ah, desak-desakan, pas masuk kam­pus, pas materi juga.” Ujar Ahmad maha­siswa pro­di Hukum Tata Negara.

Penulis: Lulu
Reporter: Tika, Lulu, Sil­vi, Fatra

Edi­tor: Vidya