Kon­gres Maha­siswa ke-VI sem­pat beru­lang kali tersendat. Pada Kamis (30/5), akhirnya kem­bali berlan­jut sete­lah diadakan medi­asi antara peser­ta den­gan Irfan Wahyu, selaku Ket­ua Sen­at Maha­siswa Insti­tut (SEMA‑I). Medi­asi berakhir sete­lah Irfan meny­atakan kepu­tu­san­nya untuk kem­bali melan­jutkan kon­gres. “… kon­gres maha­siswa dilan­jutkan tang­gal 30 Mei 2019 pukul 20.00 di aula Zuhri. Apa­bi­la tidak melak­sanakan kon­gres, kon­gres tetap bisa dijalankan KBM den­gan penang­gung­jawab saudara Aam Ibnu Farid selaku CO insti­tusi SEMA I,” ujarnya lewar surat pernyataannya.

Sesuai den­gan surat perny­ataan, kon­gres kem­bali dilan­jutkan di Aula Gedung Syai­fudin Zuhri, meskipun kem­bali molor kare­na reg­is­trasi yang rumit. Peser­ta aktif dan pen­in­jau harus menun­jukkan KTM sebelum mema­su­ki ruang per­si­dan­gan. Selain itu, juga ada penge­cekan ulang nama peser­ta meng­gu­nakan undan­gan kon­gres yang ter­lam­pir, ser­ta SK lem­ba­ga terkait. Oleh kare­na itu, forum baru bisa dim­u­lai pukul 22.00 WIB.

Per­si­dan­gan melan­jutkan pem­ba­hasan terkait tata tert­ib kon­gres Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa (KBM) IAIN Tulun­ga­gung 2019. Suasana kemu­di­an men­ja­di gaduh keti­ka peser­ta pasif berar­gu­men­tasi, pada­hal tidak memi­li­ki hak suara. Hal ini menye­babkan peser­ta aktif menyerukan bah­wa pre­sid­i­um kurang tegas.

Salah satu peser­ta aktif per­si­dan­gan, yang tidak mau dise­butkan iden­ti­tas­nya, mem­beri perny­ataan, “Per­si­dan­gan ber­jalan lancar kare­na pre­sid­i­um mener­i­ma segala pen­da­p­at dari peser­ta aktif. Men­ge­nai kemu­nduran per­si­dan­gan, mungkin kare­na banyaknya ques­tion yang meny­im­pang dari pem­ba­hasan.” Hal seru­pa diny­atakan oleh Dona, peser­ta aktif dari del­e­gasi HMJ Per­bankan Syari­ah, bah­wa per­si­dan­gan ber­jalan cukup lan­car diband­ingkan den­gan hari kemarin.

Ham­pir sama den­gan hari lalu, Jumat (31/5), kon­gres yang dis­ep­a­kati mulai pukul 07.00 WIB, baru dim­u­lai pukul 10.10 WIB, sebab menung­gu kesi­a­pan quo­ta forum (quo­rum) dan kehadi­ran pre­sid­i­um. Pem­ba­hasan masih sep­utar tata tert­ib dan masih ber­jalan kon­dusif. Namun, peser­ta mulai berku­rang, ter­li­hat dari banyaknya kur­si yang kosong. Satu jam seten­gah berlalu, per­si­dan­gan harus dije­da untuk salat Jumat ser­ta kem­bali ke forum pada 13.05 WIB.

Per­si­dan­gan kem­bali dibu­ka pukul 14.50 WIB. Di ten­gah jalan­nya per­si­dan­gan, kem­bali ter­ja­di ker­icuhan, sebab salah satu peser­ta pasif dida­p­ati men­ja­di peser­ta aktif, den­gan alasan baru men­da­p­atkan id card. Namun, pre­sid­i­um tidak segera mengam­bil kepu­tu­san, sehing­ga men­gak­i­batkan peser­ta lain kesal, dan ham­pir seten­gah lebih bergilir mening­galkan ruan­gan. Sulkhan Zuh­di, selaku peser­ta aktif dari del­e­gasi HMJ AFI, men­gungkap­kan keke­ce­waan­nya ter­hadap jalan­nya per­si­dan­gan. “Sep­a­n­jang kon­gres banyak keti­dak­je­lasan dan ham­bat­an-ham­bat­an, mulai dari kemoloran sidang, keti­dak­te­gasan, ser­ta keti­dak­je­lasan dari pimp­inan sidang,” paparnya.

Di samp­ing itu, Annisa peser­ta aktif del­e­gasi HMJ HTN, juga men­gelu­arkan keluhan,  “Saya kelu­ar forum, kare­na adanya sal­ing pihak memi­hak, baik pre­sid­i­um ataupun peser­ta dan kemarin juga sem­pat cek­cok. Kon­gres ini cacat dari awal kare­na tidak ada kon­sis­ten wak­tu, dilakukan tan­pa per­si­a­pan.” Sete­lah itu, akhirnya pre­sid­i­um memu­tuskan untuk men­gelu­arkan peser­ta pasif yang beral­ih men­ja­di aktif. Bahkan selan­jut­nya, semua peser­ta pasif dim­inta mening­galkan forum.

Menyikapi banyaknya peser­ta aktif yang mening­galkan per­si­dan­gan tan­pa izin pre­sid­i­um, pani­tia maupun pre­sid­i­um eng­gan ditanyai pen­da­p­at­nya. Di samp­ing itu, per­si­dan­gan tetap ber­jalan, walaupun peser­ta kurang dari 50%+1 per­wak­i­lan lem­ba­ga. Sete­lah berlang­sung kem­bali sek­i­tar 30 menit, sidang kem­bali dije­da dan dipu­tuskan kem­bali pada pukul 20.30 WIB

Tepat pukul 22.00 WIB, per­si­dan­gan kem­bali dim­u­lai den­gan esti­masi kemu­nduran 1,5 jam, sebab pin­tu gedung ter­lam­bat ter­bu­ka. Menang­gapi banyaknya peser­ta yang tidak lagi berpar­tisi­pasi saat per­si­dan­gan, Aziz salah satu peser­ta aktif del­e­gasi HMJ Tadris Fiska, memil­ih untuk tetap hadir. “Menu­rut saya itu kan hak peser­ta untuk kelu­ar forum atau tidak. Tapi kare­na tadi menu­rut saya mere­ka itu kelu­arnya tan­pa seizin pre­sid­i­um. … Ya nan­ti kalo yg sudah log out (kelu­ar, red.) harus ter­i­ma kon­sekuen­si dari pre­sid­i­um.

Sete­lah kon­sid­er­at tata tert­ib, selan­jut­nya dilak­sanakan sidang Lapo­ran Per­tang­gung Jawa­ban (LPJ) oleh Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I), den­gan pimp­inan pres­i­den maha­siswa, Ibrahim Kho­lil Majid. Sidang ini dihadiri 9 lem­ba­ga dari 53 lem­ba­ga yang ada. Per­si­dan­gan sem­pat dije­da sela­ma  20 menit, sebab keti­dak­si­a­pan DEMA‑I, salah sat­un­ya yakni kuran­nya personil. 

Menang­gapi jalan­nya per­si­dan­gan Jumat (31/5) malam, Ella peser­ta aktif dari del­e­gasi HMJ  Tadris Biolo­gi men­gungkap­kan, “Cukup lan­car, kare­na ber­jalan berdasarkan tat­ib yang dis­ep­a­kati, walaupun pre­sid­i­um kurang tegas.”

Sam­pai saat ini, pen­demi­sion­er­an pen­gu­rus DEMA‑I belum legal, sebab harus menung­gu per­se­tu­juan rek­tor atau wak­il rek­tor. Den­gan demikian, per­si­dan­gan kem­bali dije­da sam­pai hari Sab­tu (01/06) pukul 11.00 WIB

Hari ini, per­si­dan­gan kem­bali dige­lar. Berhubung Aula Syai­fud­din Zuhri tidak diop­erasikan pada hari Sab­tu dan Ming­gu, peser­ta sidang sem­pat dipin­dahkan ke aula UKM. Namun, tak lama kemu­di­an SEMA‑I selaku penye­leng­gara dan DEMA‑I diin­struk­sikan ke ruang Dekan FTIK, untuk diperte­mukan den­gan peser­ta yang walk out (kelu­ar), beser­ta Warek III, Wadek III FTIK, dan Wadek III FUAD. Akhirnya, dilakukan­lah medi­asi yang menyepakati ditun­danya kon­gres. [Nat,Pril]