Dimensipers.com- Senin, 9 Desem­ber 2019 Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) Kabu­pat­en Tulun­ga­gung bek­er­jasama den­gan juru­san Sosi­olo­gi Aga­ma IAIN Tulun­ga­gung men­gadakan Sem­i­nar Demografi Sosial dan Sosial­isasi Sen­sus Pen­duduk 2020. Sem­i­nar berlang­sung di Audi­to­ri­um Gedung Arief Mus­taqiem. Pema­teri yang mengisi sem­i­nar adalah Yuni S. dari Badan Peren­canaan Pem­ban­gu­nan Daer­ah (BAPPEDA) Kabu­pat­en Tulun­ga­gung, Budi Harianto seba­gai Ket­ua Juru­san (Kajur) Sosi­olo­gi Aga­ma (SA) IAIN Tulun­ga­gung, dan Moham­mad Amin seba­gai Kepala BPS Kabu­pat­en Tulun­ga­gung, ser­ta dimod­er­a­tori oleh Muk­ti Sumar­sono dari BPS Kabu­pat­en Tulungagung.

Kegiatan sem­i­nar dan sosial­isasi dari BPS dilakukan di selu­ruh per­gu­ru­an ting­gi yang berba­sis mil­len­ni­al. Tujuan­nya adalah mem­berikan pema­haman kepa­da maha­siswa pada sen­sus pen­duduk 2020. “Kita bek­er­jasama den­gan pihak rek­torat, kebe­tu­lan dia­jukkan­nya untuk bek­er­jasama den­gan fakul­tas ini. Dihara­p­kan sete­lah adanya kegiatan ini maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung ikut berpar­tisi­pasi di sen­sus pen­duduk 2020 nan­ti,” ungkap Amin, Ket­ua BPS.

Peser­ta yang mengiku­ti sem­i­nar dipe­run­tukkan untuk umum, namun diwa­jibkan bagi selu­ruh maha­siswa SA. “Maha­siswa SA ada mata kuli­ah demografi sosial dan per­nah men­gun­jun­gi BPS, seba­gai tim­bal baliknya dari BPS yaitu sosial­isasi ini. Maka dihara­p­kan selu­ruh maha­siswa SA bisa mengikutinya,” ujar Budi, Kajur SA.

Sen­sus yang akan diadakan pada 2020 nan­ti akan berbe­da den­gan sen­sus-sen­sus ter­dahu­lu. Pada 2020 BPS meman­faatkan teknolo­gi berba­sis inter­net seba­gai sarananya. BPS bek­er­jasama den­gan Dinas Kepen­dudukan dan Pen­catatan Sip­il (Dis­penduk­capil) untuk mem­per­mu­dah pelak­saan sen­sus. “Sudah ada NIK, kita akan mem­bu­at web yang semu­dah mungkin dap­at dipa­ha­mi semua orang agar dap­at berpar­tisi­pasi untuk mengisi soal-soal yang dise­di­akan. Tetap ada pen­dampin­gan dari pihak BPS, kare­na ada sosial­isasi akan san­gat pasif. Jadi, mendekati sen­sus tang­gal 15 Feb­ru­ari nan­ti akan san­gat mudah. Ada 14 per­tanyaan yang nan­ti akan diisi masyarakat,” tutur Amin.

Di balik gen­car­nya pen­ingkatan akred­i­tasi juru­san di IAIN Tulun­ga­gung, Budi men­gungkap­kan bah­wa kegiatan ini tidak berhubun­gan den­gan akred­i­tasi juru­san, khusus­nya SA. “Sebe­narnya tidak ada hubun­gan­nya, tapi kare­na adanya acara terse­but yang bek­er­jasama den­gan bidang pen­didikan, penelit­ian, dan pengab­di­an maka akan berman­faat den­gan juru­san SA”.

Rente­tan acara ber­jalan den­gan lan­car, peser­ta mem­ber respon posi­tif ter­hadap acara ini ser­ta san­gat beram­bisi mel­on­tarkan per­tanyaan-per­tanyaan mere­ka. “Acara ber­jalan lan­car dan antu­sias banget. Saya dari SA ingin ter­jun lang­sung dalam sen­sus. Acara ini san­gat bagus kare­na mem­perke­nalkan sen­sus pen­duduk online ke lingkun­gan. Hara­pan saya sen­sus pen­duduk dap­at lan­car, dan teman-teman SA bisa ikut di dalam­nya,” tutur Mari­am, maha­siswa SA semes­ter 1.[] (Nat/Ai/Frd/Ars)