Uang Kuli­ah Tung­gal atau yang biasa dis­ingkat UKT adalah uang yang diba­yarkan seti­ap awal semes­ter perku­li­a­han. UKT diba­yarkan berdasarkan kon­disi ekono­mi orang tua maha­siswa. UKT men­cakup semua biaya penun­jang perku­li­a­han, mulai dana gedung hing­ga dana prak­tikum. Seti­ap maha­siswa yang telah mem­ba­yar beban UKT maka berhak mem­per­oleh dan meman­faatkan fasil­i­tas yang ada.

Dalam masa pan­de­mi Coro­n­avirus Disease-2019(Covid-19) pemer­in­tah men­gin­struk­sikan selu­ruh lini masyarakat untuk melakukan aktiv­i­tas dari rumah. Ter­ma­suk aktiv­i­tas dalam bidang pen­didikan. Mulai dari pros­es bela­jar hing­ga penu­gasan bersi­fat abstrak. Hal ini bertu­juan untuk men­gu­ran­gi pros­es penye­baran virus. Pan­de­mi ini menye­babkan semua kegiatan dalam kam­pus diliburkan. 

Pelak­sanaan kuli­ah secara online berar­ti maha­siswa maupun dosen tidak dap­at menikmati sarana prasarana yang terse­dia sete­lah mem­ba­yar UKT kam­pus. Beber­a­pa maha­siswa men­geluhkan perku­li­a­han e‑learning. Kare­na tidak adanya free access sela­ma perku­li­a­han e‑learning, dan berdampak pada perekono­mi­an maha­siswa. Apala­gi yang tingkat perekono­mi­an­nya di kelas menen­gah ke bawah.

Pelak­sanaan kuli­ah secara online di awal dis­am­but gem­bi­ra maha­siswa. Menu­rut maha­siswa tugas yang diberikan akan berku­rang sehing­ga dap­at mem­ban­tu orang tua. Namun, nam­paknya hanya khay­alan bela­ka. Nyatanya tugas yang diberikan bertam­bah banyak.

Seakan-akan menden­gar keluh kesah maha­siswa dan mungkin memi­li­ki rasa kemanu­si­aan di ten­gah Pan­de­mi Covid-19. Pemer­in­tah melalui Kementer­ian Aga­ma Repub­lik Indone­sia (Keme­nag-RI) men­gelu­arkan sepu­cuk edaran per­i­hal “Pen­gu­ran­gan UKT/SPP PTKIN Aki­bat Pan­de­mi Covid-19” Edaran terse­but ter­tang­gal 6 April 2020. Edaran yang isinya mem­bu­at jiwa sedik­it ten­ang dari rasa gun­dah gulana sela­ma pan­de­mi Covid-19, serasa mem­berikan angin segar.

Dalam edaran yang berisi tiga point terse­but ter­tulis jelas bah­wa tiap-tiap maha­siswa min­i­mal akan men­da­p­atkan poton­gan UKT 10%. Namun, seir­ing ber­jalan­nya wak­tu dan berkem­bangnya piki­ran pemer­in­tah. Pemer­in­tah men­co­ba untuk men­ge­labui maha­siswa dan orang tua mahasiswa. 

Keme­nag-RI kem­bali men­gelu­arkan dua edaran yang kurang lebih sama yaitu ten­tang Uang Kuli­ah Tung­gal. Per­ta­ma per­i­hal “Hasil Notu­len­si Rap­at” ter­tang­gal 13 April 2020. Dimana point per­ta­ma berhubun­gan den­gan Pen­cabu­tan Surat Edaran tang­gal 6 April 2020 ten­tang Pen­gu­ran­gan UKT/SPP PTKIN Aki­bat Pan­de­mi Covid-19. Edaran ked­ua per­i­hal “Pen­er­a­pan Kebi­jakan dan Keten­tu­an UKT pada PTKIN” ter­tang­gal 20 April 2020. Edaran ked­ua ini ten­tang instruk­si untuk tetap men­er­ap­kan kebi­jakan dan keten­tu­an UKT seba­gaimana diatur dalam Kepu­tu­san Menteri Aga­ma (KMA) yang berlaku dan meny­atakan surat edaran ter­tang­gal 6 April 2020 tidak berlaku lagi.

Keme­nag-RI melakukan tarik ulur sebuah kebi­jakan besar di ten­gah Pan­de­mi Covid-19 yang sedang mewabah di Indone­sia. Seakan-akan Keme­nag-RI bermain-main, tidak ada keseriu­san dalam mengem­bangkan pen­didikan Indonesia.

Kebi­jakan men­ge­nai pem­bat­a­lan pen­gu­ran­gan UKT/SPP aki­bat pan­de­mi Covid-19 menye­bar begi­tu cepat dikalan­gan maha­siswa. Respon maha­siswa may­ori­tas meno­lak kepu­tu­san atas kebi­jakan Keme­nag-RI. Maha­siswa melalui Sen­at Maha­siswa Per­gu­ru­an Ting­gi Keaga­maan Negeri (Sema-PTKIN) ikut menyuarakan pen­da­p­at  den­gan men­gelu­arkan Perny­ataan Sikap. Dalam edaran yang dikelu­arkan, Sema-PTKIN menghim­bau kepa­da maha­siswa di lingkun­gan PTKIN untuk ikut ser­ta dan ter­li­bat untuk mem­per­juangkan kebi­jakan pen­gu­ran­gan UKT semes­ter gan­jil 2020/2021. Selain menghim­bau maha­siswa, Sema-PTKIN juga mende­sak Direk­tur Jen­der­al Pen­didikan Islam Kementer­ian Aga­ma dan Forum Pimp­inan PTKIN untuk ikut mem­per­juangkan kebi­jakan pen­gu­ran­gan UKT semes­ter gan­jil 2020/2021 bagi maha­siswa PTKIN. Sema-PTKIN menun­tut Menteri Aga­ma Repub­lik Indone­sia untuk men­gelu­arkan kebi­jakan pen­gu­ran­gan UKT semes­ter gan­jil 2020/2021 bagi maha­siswa di lingkun­gan PTKIN dan dimu­at dalam KMA.

Di sisi lain dalam masa pan­de­mi ini pemer­in­tah memu­tuskan kebi­jakan untuk tetap di rumah saja den­gan meng­gaungkan tagar #diruma­ha­ja. Beber­a­pa kota/kabupaten hing­ga desa men­gala­mi karan­ti­na wilayah, artinya tidak ada yang boleh kelu­ar kota/kabupaten dan desa. Ada pula kota/kabupaten yang men­er­ap­kan Pem­bat­asan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lan­tas bagaimana den­gan masyarakat yang perekono­mi­an­nya menen­gah ke bawah? Bagaimana nasib pen­jual di pasar, peda­gang-peda­gang kecil, hing­ga peda­gang kaki lima? Besaran UKT kuli­ah anak-anak mere­ka berju­ta-juta. Berjualan saat masa pan­de­mi ini san­gat sepi, war­ga dila­rang kelu­ar rumah. Hasil dari pen­jualan mere­ka untuk sesuap nasi saja sudah kesuli­tan, apala­gi untuk mem­ba­yar UKT

Memang pemer­in­tah mem­berikan ban­tu­an melalui staf mile­nial, men­er­ap­kan kebi­jakan ban­tu­an 600 ribu seti­ap kelu­ar­ga, tetapi hanya ter­batas yang mem­pun­yai kar­tu prak­er­ja saja. Tetapi apakah kebi­jakan terse­but akan mak­si­mal? Keme­nag-RI menarik kebi­jakan pemo­ton­gan UKT terse­but san­gat men­jer­at maha­siswa den­gan perekono­mi­an menen­gah ke bawah.

Memang tidak ada yang menginginkan pan­de­mi Covid-19 ter­ja­di dan kebi­jakan sela­ma pan­de­mi Covid-19 adalah bela­jar dari rumah. Namun, kesi­a­pan pen­didikan masih dipertanyakan.

Pen­in­jauan kem­bali san­gat dihara­p­kan oleh maha­siswa ter­hadap Keme­nag-RI kare­na kurang lebih 3 bulan maha­siswa tidak meng­gu­nakan fasil­i­tas perku­li­a­han sete­lah mem­ba­yar UKT. Min­i­mal menge­sahkan ulang edaran ten­tang Pen­gu­ran­gan UKT/SPP PTKIN.

Penulis: Muham­mad Zuhri
Redak­tur: Rifqi Ihza F. 

Tidak sela­manya diam itu emas, saat­nya yang muda berkarya dan berjaya.”