Dimensipers.com — Kebi­jakan kam­pus men­ge­nai Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) dalam Kepu­tu­san Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung Nomor 174 tahun 2020 tang­gal 21 April lalu mengam­bang. Pasal­nya, petun­juk tek­nis (juk­nis) PBAK di masa pan­de­mi Covid-19 terse­but mengu­mumkan bah­wa PBAK akan dige­lar pada tang­gal 15–17 Agus­tus 2020 secara daring. 


Kepu­tu­san Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung Nomor 174 tahun 2020 tang­gal 21 April 

Juk­nis itu juga mem­beri gam­baran struk­tur, per­syaratan pani­tia, metode, materi beser­ta pema­teri yang mene­tap­kan bah­wa sela­ma 3 hari: materi tang­gal 15 Agus­tus ialah insti­tu­sion­al (wawasan umum ten­tang IAIN Tulun­ga­gung) den­gan pema­teri dari Rek­tor, para wak­il rek­tor (warek), dan Kepala Biro AUAK IAIN Tulun­ga­gung. Lalu tang­gal 16 Agus­tus, materi kefakul­tasan akan diisi dekan, para wak­il dekan (wadek), dan Kepala Bagian Tata Usa­ha IAIN Tulun­ga­gung, ser­ta tang­gal 17 Agus­tus akan diisi aktiv­i­tas mas­ing-mas­ing maha­siswa beru­pa wawasan kebangsaan. 

Para steer­ing com­mit­tee (SC) baik insti­tut atau pun fakul­tas yang menge­tahui pengu­mu­man itu kemu­di­an mem­bu­at gam­baran kon­sep untuk segera menyi­ap­kan keper­lu­an PBAK. Tang­gal 22 Juni, pada rap­at koor­di­nasi kam­pus mengu­mumkan bah­wa PBAK akan diadakan dalam rentan pelak­sanaan tang­gal 31 Agustus‑4 Sep­tem­ber den­gan tek­nis acara tang­gal 1 dan 3 Sep­tem­ber, sedan­gkan tang­gal 2 Sep­tem­ber sebatas koor­di­nasi pengumpu­lan tugas maha­siswa baru. 

Saat itu beber­a­pa pani­tia telah berprasang­ka bah­wa PBAK akan molor, mengin­gat pengu­mu­man ujian mandiri dari kam­pus belum dipub­likasi. Dalam grup What­sApp PBAK CO_19 IAINTA 2020 pada Kamis, 9 Juli, Warek (3) Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja sama, Abad Badruz­za­man mem­ber­i­tahukan bah­wa PBAK akan mundur lagi pada tang­gal 25–26 Sep­tem­ber lan­taran pendaf­taran UM-PTKIN dan Mandiri pun demikian. Lewat embaran ini Abad menan­daskan bah­wa 2 hari pelak­sanaan itu atas per­tim­ban­gan wak­tu yang ter­lalu jauh dari bulan Agustus. 

Screen­shot What­sapp Group, Ter­tang­gal 9 Juli

Galang Abu Nizam, selaku koor­di­na­tor SC PBAK Insti­tut men­gatakan bah­wa per­i­hal keter­batasan dana juga dis­am­paikan Muham­mad Asrori, selaku Kepala Bagian Akademik dalam menang­gapi PBAK 2 hari itu, bah­wa semakin lama pelak­sanaan semakin banyak biaya yang dikelu­arkan hing­ga akhirnya diminimalisir. 

Pada tang­gal 5 Agus­tus, Wak­il Rek­tor Bidang Akademik dan Pengem­ban­gan Lem­ba­ga mem­pub­likasi Lam­pi­ran Kepu­tu­san Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung Nomor 243 Tahun 2020 ten­tang Kalen­der Akademik IAIN Tulun­ga­gung Tahun Akademik 2020/2021 yang meny­atakan bah­wa PBAK dia­gen­dakan tang­gal 23–24 September.

Kalen­der Akademik IAIN Tulun­ga­gung 2020–2021

Zam-Zam selaku Ket­ua Pelak­sana (Ketu­pel) PBAK Fakul­tas Ushu­lud­din Adab dan Dak­wah (FUAD), men­gatakan bah­wa pani­tia yang menge­tahui lam­pi­ran terse­but  pada tang­gal 9 Agus­tus menghubun­gi Gus Muham­mad Al-Fayyadl dari Pon­dok Pesantren Nurul Jadid, Probol­ing­go untuk men­ja­di salah satu pema­teri PBAK FUAD. Lan­taran tang­gal pelak­sanaan berubah-ubah, pani­tia menyam­paikan ke Gus Fayyadl  bah­wa materi akan dis­am­paikan pada akhir Sep­tem­ber. Menden­gar hal ini, Gus Fayyadl pun menyanggupi.

Dihadiri Warek 3 dan para wadek, rap­at diadakan tang­gal 7 Sep­tem­ber yang meng­hasilkan kepu­tu­san bah­wa PBAK dilak­sanakan tang­gal 28–29 Sep­tem­ber. Pada tang­gal 8 Sep­tem­ber, pani­tia PBAK FUAD men­gon­fir­masi ke Gus Fayyadl dan men­da­p­ati bah­wa Gus Fayyadl tidak bisa menyam­paikan materi di tang­gal itu. “Pema­teri tem­atik ini dari luar kam­pus, gitu plan­ning awal…, terny­a­ta PBAK-nya mundur tang­gal 29 (Sep­tem­ber), jadi untuk pema­teri tem­atik ini berubah (gan­ti) seper­ti itu,” ucap Zam-Zam. 

Ran­can­gan untuk meng­hadirkan pema­teri ekster­nal pun gagal dan akhirnya diisi oleh Mulia Ard­hi, dosen Fil­safat IAIN Tulun­ga­gung. Tak cukup den­gan diun­durnya pelak­sanaan PBAK, rap­at hari Jumat, 18 Sep­tem­ber, mengu­mumkan bah­wa kam­pus akan meny­isip­kan pelun­cu­ran kanal YouTube baru IAIN Tulun­ga­gung: Satu Televisi.

Pelun­cu­ran ini dini­lai seba­gai ben­tuk inter­ven­si dari kam­pus yang merom­bak kon­sep acara yang telah dibu­at oleh maha­siswa. Pani­tia yang turut kece­wa menang­gapi hal ini adalah A. Khusen Mundzir, Ketu­pel PBAK Fakul­tas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FaSIH).

Ia men­gatakan,  “Ada instruk­si men­dadak dari Rek­tor, bah­wasanya dekanat ya, dekanat semua fakul­tas, ya jadi ada wak­il dekan 1,2, dan 3 itu dis­u­ruh tap­ing (reka­man), tadi siang tap­ing dan terny­a­ta hasil tap­ing itu akan ditayangkan di hari Selasa, pas PBAK fakul­tas…, artinya ini akan men­gubah run­down kita di fakul­tas, harus­nya wadek itu berbicara apa, di ranah fakultas.

Jad­w­al acara yang awal­nya dim­u­lai pukul 6 pagi dan disiarkan secara lang­sung melalui kanal PBAK insti­tut, harus dipo­tong den­gan penyiaran kanal Satu Tv hing­ga pukul 12 siang. PBAK Insti­tut pun hanya bisa dige­lar sela­ma 4 jam: pukul 1–5 sore.

Yang mem­bu­at kita sedik­it pus­ing itu rap­at pada Jumat tang­gal 18 Sep­tem­ber. Itu mulai merubah kon­sep, tap­ing sama Satu Tv, kemu­di­an di situ ada materi-materi baru, yang di-tap­ing itu mulai dari pem­bukaan, launching, dst. Den­gan berat hati kita ter­i­ma,” tutur Galang.

Kebi­jakan kon­tan dan labil yang dilon­tarkan kam­pus mem­bunc­ahkan pani­tia. Wawan salah satu pani­tia PBAK FaSIH menu­turkan bah­wa jad­w­al  PBAK FaSIH, tang­gal 29 Sep­tem­ber masih dire­bus sebab dile­ma kepu­tu­san kam­pus terkait peng­gu­naan kanal Satu Tv untuk menayangkan materi-materi dari para wadek.

Hing­ga tulisan ini dipub­likasi ket­ua pelak­sana PBAK Fakul­tas Tar­biah dan Ilmu Kegu­ru­an (FTIK) dan Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis Islam (FEBI) tak kun­jung bisa dihubun­gi guna menim­pali per­i­hal ini.

Reporter: Sholahud­din Nur­cho­lis A., Muham­mad F. Rohman, Irsyad Umam M., Hen­drick Nur Cho­lis.
Penulis: Muham­mad F. Rohman
Redak­tur: Rifqi Ihza F.