Sedekah bumi kem­bali dirayakan masyarakat Pucangla­ban pada tang­gal 13 Novem­ber 2020. Rit­u­al ini dilak­sanakan seti­ap awal musim cocok tanam, tepat­nya per­pin­da­han dari musim kema­rau ke musim penghu­jan. Tem­pat pelak­sanaan bera­da di makam kera­mat Mbah Tro­ji­wo atau yang ser­ing dike­nal den­gan sebu­tan Pade­pokan Pun­den Tro­ji­wo, Dusun Apak Bran­jang, Desa Pucanglaban. 

Ada beber­a­pa obser­vasi yang men­gatakan bah­wa makam terse­but sebe­narnya meru­pakan pemuki­man rumah kuno. Hal itu dibuk­tikan den­gan adanya godong pedang-pedan­gan dan lumpang di pojokan punden. 

Menu­rut ceri­ta dari Tumi­jan selaku juru kun­ci pun­den, bah­wasanya Mbah Tro­ji­wo itu meru­pakan orang yang per­ta­ma kali babat alas Pucangla­ban. “Mbah tro­ji­wo niku tiyang per­ta­ma ingkang babat alas mri­ki. Asale tiyang niku keng mataram, kerono lon­do dewek e soyo nge­tan soyo nge­tan trus made­pok teng tem­pat mri­ki, awal per­ta­ma seng di babat nggeh niki Pucangla­ban”, jelas­nya.

Sedekah bumi di Desa Pucanglaban

Rit­u­al ini dim­u­lai sejak ter­ben­tuknya Desa Pucangla­ban, yaitu sek­i­tar tahun 1904. Tujuan dari dilakukan­nya rit­u­al ini adalah seba­gai wujud per­mo­ho­nan kepa­da Tuhan Yan­ga Maha Esa agar bumi Pucangla­ban diberikan tanah yang sub­ur, hasil panen yang memuaskan, dijauhkan dari hama-hama tana­man, dan juga seba­gai tolak-bal­ak. Selain itu, rit­u­al ini juga seba­gai wujud syukur atas kea­manan bumi Pucangla­ban dari virus coro­na yang mewabah.

Acara ini turut men­gun­dang mus­pi­ka, koramil, kapolsek, perangkat desa, tokoh aga­ma, sesepuh pini sepuh, dan selu­ruh masyarakat Pucangla­ban. Run­tu­tan acara dalam rit­u­al ini dim­u­lai den­gan pem­bukaan, kemu­di­an dis­usul den­gan sambutan-sambutan. 

Acara kemu­di­an berlan­jut den­gan doa bersama, lalu dis­usul den­gan hajatan sela­matan (sedekah bumi) yang dip­impin oleh Juru Kun­ci Mbah Tumi­jan. Rit­u­al ini diakhiri den­gan pen­tas seni. Seni yang dipen­taskan adalah seni jaranan sen­therewe dari komu­ni­tas Seni Jaranan Trid­ho Taruna Pucanglaban. 

Alasan dari adanya pemen­tasan jaranan ini menu­rut Madu­ki selaku Lurah Pucangla­ban adalah untuk melestarikan seni tra­disi, selain itu memang seni jaranan adalah kege­maran dari Mbah Trojiwo.

Acara ini cukup meri­ah, kare­na selain pemen­tasan seni jaranan juga ada makan bersama. Masyarakat mem­bawa makanan den­gan wadah lengkong, sebuah wadah dari pelepah pisang berben­tuk kotak. Lengkong terse­but berisi nasi nasi lengkap den­gan berma­cam-macam seper­ti ayam gor­ing, telur, mie, sron­deng, sam­bal gor­ing, tahu, tempe, urap, sam­bal goreng, dan lain-lain. 

Sete­lah itu war­ga makan bersama-sama, mem­baur jadi satu tan­pa ada batas sosial yang meng­ha­lan­gi. Hara­pan kede­pan­nya untuk acara ini dari Madu­ki selaku Kepala Desa Pucangla­ban adalah semoga tra­disi ini tetap lestari, agar anak cucu kita nan­ti bisa ikut menikmatinya. 

Semoga di masa pemer­in­ta­han saya seti­daknya dap­at segera mem­ban­gun pang­gung yang digu­nakan untuk pemen­tasan seni jaranan”, tam­bah­nya.

Penulis: Hamim Musto­fa
Redak­tur: Nifa Kur­nia F.