Dimensipers.com — Kamis, 21 Jan­u­ari 2022 Per­him­punan Pers Maha­siswa Indone­sia (PPMI) Dewan Kota (DK) Tulun­ga­gung men­gadakan work­shop terkait opti­mal­isa­s­ai web­site bersama Kabartrenggalek.com. Kegiatan ini meng­gaet peser­ta dari beber­a­pa Lem­ba­ga Pers Maha­siswa (LPM) anggota DK Tulungagung.

Acara ini dilakukan guna mem­berikan pema­haman lebih terkait web­site LPM mas­ing-mas­ing ser­ta opti­mal­isas­inya. Work­shop ini diiku­ti oleh del­e­gasi beber­a­pa LPM di antaranya LPM Aksara Tulun­ga­gung, LPM Dimen­si Tulung­gaung, LPM Laun Bli­tar, LPM Free­dom Bli­tar, LPM Sket­sa Tulun­ga­gung, dan LPM Banu­tir­ta Bli­tar. Mas­ing-mas­ing LPM yang hadir men­gir­imkan dua del­e­gasinya seba­gai peserta.

Acara ini berlang­sung sela­ma dua hari yakni mulai 21 hing­ga 22 Jan­u­ari 2022. Dim­u­lai 21 Jan­u­ari sek­i­tar 11.30 WIB dan akan berakhir sek­i­tar pukul 12.00 WIB pada ming­gu 22 Jan­u­ari. Dan dipan­du oleh salah satu anggota Kabartrenggalek.com, Tri­gus D. Susi­lo yang meru­pakan web­mas­ter pada media tersebut. 

Ia men­je­laskan mulai dari dasar pengert­ian dan isti­lah-isti­lah yang digu­nakan dalam web­site sam­pai unsur-unsur yang mem­pen­garuhi kin­er­ja web­site seper­ti plat­form, Search Engine Opti­ma­tion (SEO), hing­ga men­ge­nai pen­gun­jung web­site. Men­ge­nai pen­gun­jung web­site, ia men­je­laskan bah­wa peng­gu­naan Top Lev­el Domain (TLD) dalam web­site lem­ba­ga akan menam­bah kesan pen­gun­jung dan juga dap­at mem­pen­garuhi SEO dalam menarik pen­gun­jung di mesin pen­car­i­an google.

Plat­form juga pent­ing untuk  dip­il­ih dan diper­tim­bangkan oleh peng­gu­na den­gan kelebi­han dan keku­ran­gan­nya, hal ini diper­lukan agar tahu plat­form apa yang seharus­nya dipakai dalam web­site mas­ing-mas­ing. Selain itu, Tri­gus juga men­je­laskan ten­tang bagian ter­pent­ing dalam sebuah web­site yakni kon­ten yang ada di dalamnya. 

Bagaimana kon­ten yang dis­ajikan sebuah web­site dap­at mem­pen­garuhi jum­lah pen­gun­jungnya. Selain itu juga dap­at mem­pen­garuhi iklan yang masuk dan pen­da­p­atan yang bisa dida­p­atkan sebuah web­site. Ia men­je­laskan beber­a­pa materi den­gan menun­jukan con­tohnya secara lang­sung pada peserta.

Sete­lah pema­paran materi usai, Tri­gus mem­berikan tugas yang harus dis­e­laikan peser­ta pada wak­tu itu juga. Tugas terse­but yakni mem­bu­at sebua tulisan yang akan diung­gah pada web­site mas­ing-mas­ing sete­lah melalui beber­a­pa tahap pen­gorek­sian. Hara­pan dari adanya acara kali ini yakni opti­mal­nya web­site LPM ser­ta menam­bah skill web­mas­ter mas­ing-mas­ing LPM.

Penulis: Nurul
Reporter: Nurul, Fathoni
Edi­tor: Wahyu (edi­tor Kabartrenggalek.com)