Sete­lah menye­leng­garakan vaksi­nasi dosis 1 pada Rabu, 14 Juli 2021, Uni­ver­si­tas Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulung­ga­gung (UIN SATU)  melak­sanakan vaksi­nasi dosis 2 pada Kamis, 12 Agus­tus 2021. Ter­da­p­at tiga rangka­ian kegiatan, yaitu vaksi­nasi mas­sal maha­siswa, galang dana untuk masyarakat yang ter­dampak coro­n­avirus dis­ease 2019 (covid-19), dan doa bersama kese­la­matan bangsa.  Kegiatan vaksi­nasi dim­u­lai pukul 08.00 WIB, bertem­pat di gedung Arief Mus­taqiem lan­tai 1. Ter­da­p­at 300 vaksin dosis 2 yang telah disi­ap­kan, sesuai den­gan jum­lah vaksin dosis 2 bulan lalu.

Berbe­da den­gan vaksi­nasi dosis 1, antre­an pada vaksi­nasi dosis 2 ter­pan­tau lebih leng­gang. Pada­hal vaksi­nasi ini meru­pakan kelan­ju­tan dari dosis 2. Lut­fi, salah satu peser­ta vaksi­nasi men­gungkap­kan, bah­wa antu­sias peser­ta kali ini lebih kecil bila diband­ingkan den­gan vaksi­nasi dosis 2. Ia menam­bahkan, saat vaksi­nasi bulan lalu pukul 11.00 WIB antre­an masih pan­jang, sedan­gkan untuk dosis 2 ini pada wak­tu yang sama antre­an telah sepi.

Per­i­hal turun­nya antu­sias peser­ta vaksi­nasi terse­but, Mah­da selaku ket­ua Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (DEMA) UIN SATU juga sepen­da­p­at “Kalau antu­sias masyarakat ini teruta­ma maha­siswa  yang dosis per­ta­ma, yang per­ta­ma itu san­gat antu­sias. Terus sete­lah dia men­da­p­atkan ser­ti­fikat, bisa digu­nakan untuk peng­gu­naan. Peng­gu­naan  fasil­i­tas pub­lik atau yang lain­nya. Nah untuk tahap ked­u­anya ini mere­ka seakan akan sudah acuh, sudah agak acuh kare­nakan ‘saya toh sudah vaksin’ dadi itu yang men­ja­di per­masala­han. Sebe­narnya juga sudah kita sosial­isas­ikan jauh-jauh hari,” jelas Mahda.

Per­syaratan vaksi­nasi dosis 2 sendiri masih sama den­gan bulan lalu. Ter­da­p­at perbe­daan yaitu tam­ba­han per­syaratan den­gan meny­er­takan kar­tu vaksi­nasi dosis 1. “Bagi yang belum bisa mengiku­ti vaksi­nasi dosis 2 sesuai jad­w­al, akan diadakan vaksin dosis 2 bersama teman-teman pen­cak silat”, tam­bah­nya.

Rangka­ian acara yang ked­ua adalah kegiatan galang dana. Pener­i­ma donasi adalah masyarakat yang terke­na dampak Pem­ber­lakuan Pem­bat­asan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara sig­nifikan. “Ada, tim­nya dari temen temen KBM itu, yang sudah melakukan survei” ujar Mahda.

Dalam acara galang dana, pihak DEMA bek­er­ja sama den­gan KBM (Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa). Seba­gai alian­si atau asosi­asi, KBM secara kelem­ba­gaan tidak dap­at men­gelu­arkan surat guna memenuhi per­iz­inan melakukan aksi galang dana. Oleh kare­na itu, seba­gai lem­ba­ga ekseku­tif tert­ing­gi di kam­pus, DEMA mem­fasil­i­tasi kegiatan terse­but dalam hal admin­is­trasi, seper­ti per­mo­ho­nan izin ke Kepala Kepolisian Resor (Kapol­res) dan pihak lain yang terkait.

Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa (KBM) sudah melakukan peng­galan­gan dana satu hari sebelum kegiatan vaksi­nasi . (Dap­at diba­ca di dimensipers.com.2021/08/11/mahasiswa-uin-satu-gelar-aksi-sosial-dan-apresiasi-seni/). Shibi, selaku koor­di­na­tor galang dana KBM men­gaku telah mener­i­ma pang­gi­lan dari pihak DEMA bah­wa rangka­ian ked­ua dari vaksi­nasi diam­bil dari acara galang dana KBM.

Semen­tara pihak DEMA baru akan melak­sanakan peng­galan­gan dana bersamaan den­gan vaksi­nani, pun hanya untuk inter­nal. Mes­ki begi­tu, Mah­da mene­gaskan bah­wa ked­u­anya ter­ma­suk dalam rangka­ian kegiatan vaksi­nasi 2. “Sebenarnya galang dana yang itu (galang dana KBM. Red). sudah dilakukan kemarin. Tapi nan­ti akan galang dana untuk di inter­nal sini. Untuk apa? untuk peser­ta yang vaksin, seper­ti itu, sete­lah kegiatan ini sele­sai penyalu­ran hasil galang dana kemarin dan juga hari ini. Kita jadikan satu rangka­ian kegiatan­nya,” tutur Mah­da.

Terkait penyalu­ran dana, rupa­nya belum ada kon­fir­masi antara pihak DEMA den­gan teman-teman dari KBM. “Belum, belum. Sam­pai detik ini belum ada kon­fir­masi dari DEMA. Terus hasil­nya dis­u­ruh dari temen-temen KBM untuk menyalurkan belum ada kon­fir­masi,” terang Shibi. Hal seru­pa pun diungkap­kan Robi, selaku del­e­gasi sekali­gus anggota KBM kemarin. Ia men­gungkap­kan, bah­wa dirinya belum men­da­p­atkan kon­fir­masi dari DEMA hing­ga saat ini.

Namun, survei dan penyalu­ran galang dana KBM sudah dilakukan. “Lek surveine secara kul­tur mak­sute nggak survei detail, wong-wong ngen­di, (Kalau suvei secara kul­tur mak­sud­nya tidak survei secara detail, orang-orang mana. Red) Cuma kan kemarin di pra­p­atan jepun, di tamanan, sama di pasar ngem­plak, di belakang Pem­da itu ada tukang-tukang becak, juru parkir, sama ada yang nye­bran­gin jalan.” ujar Shibi. Menu­rut penu­tu­ran Mah­da, kegiatan vaksi­nasi akan ditut­up den­gan doa bersama dip­impin oleh rek­tor UIN SATU secara vir­tu­al melalui zoom. Namun, hing­ga saat ini tidak ada keje­lasan terkait rangka­ian acara ketiga.

Penulis: Nat­ul
Reporter: Laila, Nurul, Nat­ul
Redak­tur: Nata­sya