Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung (UIN SATU) seleng­garakan Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK) pada 17–18 Agus­tus 2021. Sama seper­ti tahun lalu, acara PBAK tahun ini masih Vir­tu­al Dari Tem­pat Ting­gal (VDTT). Sebelum pros­es PBAK VDTT berlang­sung, maha­siswa baru (Maba) wajib melakukan pendaf­taran ter­lebih dahu­lu pada 10–13 Agus­tus 2021.

Beber­a­pa syarat pendaf­taran PBAK VDTT yakni seba­gai berikut:

a. Fol­low insta­gram @pbak.uinsatu

b. Sub­scribe YouTube PBAK UIN SATU

c. Sub­scribe YouTube DEMA UIN SATU

d. Sub­scribe YouTube SATU Televisi

e. Fol­low tik­tok @pbak2021uinsatu

f. Fol­low twit­ter @DemaTulungagung

Selain per­syaratan dari poin a hing­ga f, Maba juga diharuskan bergabung di chan­nel Telegram “pbakuin­satu” dan wajib melakukan pendaf­taran di web­site pbakuinsatu.com. Pendaf­taran ren­cananya dim­u­lai tang­gal 10–13 Agus­tus 2021. Namun, pada tang­gal yang telah diten­tukan terse­but banyak Maba yang tidak bisa men­gak­ses web­site.

Web­site-nya ser­ing eror. Sekali kena, terus beber­a­pa menit kemu­di­an eror. Dan akhirnya gagal daf­tar. Harus men­gu­lang lagi dari awal,” tutur Syarwan­ti Maba Tadris Fisi­ka. Selaras den­gan keluhan Syarwan­ti, Irhas salah satu Maba Tadris Biolo­gi juga men­gala­mi kendala serupa.

Pendaf­taran yang men­gala­mi trou­ble juga mem­bu­at maha­siswa bin­gung. “Bin­gung sih pasti, keber­atan juga lah. Sem­pet mikir kena­pa daf­tarnya gak lewat google form aja gitu,  nangis juga iya.  Secara kita maba pasti takut lah kalau gak bisa daf­tar PBAK, kita masih baru, harus taat ya. Terus ser­ti­fikat­nya itu juga katanya pent­ing banget,” jelas Nur Layli, Maba Tadris Bahasa Ing­gris. Hing­ga pada 13 Agus­tus 2021 pihak pani­tia PBAK mem­berikan pengu­mu­man jika serv­er pendaf­taran ditut­up sementara.

Pani­tia pen­damp­ing Maba sudah berusa­ha semak­si­mal mungkin untuk mem­ban­tu Maba. Hal terse­but diungkap­kan oleh Irhas, “kalau dari pani­tia alham­dulil­lah mere­ka sigap mem­ban­tu seti­ap ada kendala dalam pendaf­taran PBAK. Semi­sal mene­nangkan teman-teman yang mungkin panik kare­na dike­jar wak­tu. Para pani­tia sudah berusa­ha keras untuk tetap men­jalankan PBAK tahun ini den­gan baik.” Pen­da­p­at seru­pa juga dis­am­paikan oleh Nur Lai­ly­atun, salah satu Maba Tadris Bahasa Inggris.

Di hari yang sama den­gan info sebelum­nya, ditin­dak­lan­ju­ti den­gan infor­masi per­pan­jan­gan pendaf­taran yang dis­am­paikan lang­sung melalui Instas­to­ry akun Insta­gram res­mi @pbak.uinsatu. Wal­hasil, pendaf­taran pun bisa dilak­sanakan oleh Maba.

Pengumuman pendaftaran diperpanjang

 “Kemarin aku gak bisa daf­tar sam­pai tang­gal 14.  Jadi dari awal buka pendaf­taran sam­pai tang­gal 14, tuh, dico­ba terus di-refresh sam­pai tidurnya jam 2/3 pagi. Terus diban­tu­in temen juga, minta tolong ke pani­tia juga tetep ngga bisa. Tapi alham­dulil­lah pas tang­gal 14 sete­lah sub­uh daf­tar sendiri malah bisa,” jelas Syi­fa Khan­za, Maba Hukum Ekono­mi Syariah.

PBAK VDTT pada tahun ini memi­li­ki kesan tersendiri.  Hal terse­but dikare­nakan Grand Open­ing PBAK dis­e­leng­garakan betepatan den­gan Hari Kemerdekaan Indone­sia, yaitu 17 Agus­tus. PBAK VDTT dis­e­leng­garakan melalui kanal YouTube PBAK UIN SATU 2021 dan Zoom Meet­ing.

Semen­tara itu, untuk pros­esi acara pem­bukaan PBAK VDTT dilak­sanakan pada pukul 14.19 WIB. Kemu­di­an, dilan­jutkan den­gan penye­matan tan­da maha­siswa, uca­pan sela­mat, doa, per­form SATU Voice, pem­ba­caan puisi, penyam­pa­ian materi per­ta­ma ten­tang Birokrasi oleh Maf­tukhin selaku Rek­tor UIN SATU, dan Talk­show.

Materi dilan­jutkan pada hari ke‑2 yakni pada 18 Agus­tus. Materi yang dis­ampiakan beru­pa Kema­ha­siswaan oleh Muham­mad Abdul­lah Syukri, Kebangsaan dis­ampiakan oleh Muham­mad Sabri, Keis­la­man oleh Reza Ahmad Zahid dan materi ter­akhir terkait Pen­didikan dis­am­pa­iakan lang­sung oleh Abd. Aziz.

Pada sesi penyam­pa­ian materi, pani­tia hanya mem­beri kuo­ta 2 orang per kelom­pok untuk per­wak­i­lan mengiku­ti pros­esi PBAK VDTT di laman Zoom Meet­ing.Sela­ma sesi penyam­pain materi, diam­bil dua orang per­wak­i­lan seti­ap kelom­pok untuk 2 bergabung di room­Zoom semen­tara yang lain melalui Live stream­ing YouTube,“tutur Irhas.

Rangka­ian acara sem­pat men­gala­mi kemoloran run­down di hari ked­ua. Hal terse­but dis­am­paikan oleh Irhas, “seper­ti kemarin (PBAK hari ke‑2), sesuai jad­w­al ter­tulis jam 8, tapi mundur sam­pai kira-kira jam 9‑an.”

Menang­gapi hal terse­but, Khoiri selaku pani­tia bagian kre­atif menyam­paikan jika peruba­han jad­w­al sudah biasa dalam suatu acara. “Ada beber­a­pa peruba­han sih, aki­bat dari situ­asi yang ada. Tapi, ya, itu saya rasa udah biasa di suatu acara.”

Ada­pun masukan dari peser­ta terkait pendaf­taran dan rangka­ian acara PBAK VDTT dis­am­paikan oleh Syai­ful Kamil, Maba juru­san Hukum Kelu­ar­ga Islam. “Kalau ada kendala gitu lagi sebaiknya lang­sung digan­ti den­gan pendaf­taran di google form, biar tidak men­gu­lur-ulur wak­tu dan tidak mem­bu­at semua Maba jantungan,”

Syi­fa Khan­za juga menyam­paikan untuk mem­berikan sedik­it refresh­ing keti­ka acara PBAK berlang­sung agar tidak ter­lalu kaku. “Acaranya kurang seru gitu. Isinya for­mal gitu, materi terus jadi kaya ga ada refresh­ing. Saran­nya web-nya kalau bisa diper­bai­ki supaya tahun depan lebih lan­car gitu. Terus mis­al wak­tu pendaf­taran itu dijad­w­al supaya tidak rebu­tan. Untuk acaranya bisa dis­elin­gi game atau sesi tanya jawab biar ga ter­lalu formal.”

Menang­gapi per­masala­han keluhan keti­ka pendaf­taran, Khoiri menu­turkan jika link tidak bisa diak­ses, “itu kare­na link yang digu­nakan tidak bisa diak­ses. Untuk keje­lasan­nya saya kurang paham, mungkin bisa tanya ke sie sekret atau ket­ua pelak­sana.”

Kru LPM Dimen­si telah menghubun­gi Muza­k­ki selaku ket­ua pelak­sana dari 17–21 Agus­tus 2021 guna menanyakan per­i­hal pendaf­taran eror. Namun, belum ada kon­fir­masi yang jelas. Pun pihak sekret menghin­dar den­gan dal­ih mem­inta kru Dimen­si untuk lang­sung berte­mu den­gan Mah­da, selaku ket­ua Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (Dema).  Sayangnya, Mah­da juga belum mem­berikan respon hing­ga beri­ta ini diterbitkan.

Penulis: Ela
Reporter: Hal­im, Titan, Ria, Ardi, Umi, Kozin, Dadang
Redak­tur: Nata­sya