Angka hara­pan hidup (AHH) adalah perki­raan rata-rata tam­ba­han umur sese­o­rang yang dihara­p­kan dap­at terus hidup. AHH digu­nakan untuk men­gukur atau mengeval­u­asi kin­er­ja pemer­in­tah dalam mense­jahter­akan pen­duduk khusus­nya pada ranah kese­hatan. Hal ini men­gak­i­batkan muncul AHH antara perem­puan dan laki-laki pun berbeda. 

Salah sat­un­ya dise­babkan oleh kro­mo­som yang ada pada tubuh perem­puan dan laki-laki. Kemu­di­an adanya denyut jan­tung dan ting­gi badan antara perem­puan dan laki-laki. Denyut jan­tung perem­puan meningkat sela­ma men­stru­asi, hal ini dap­at menu­runk­an risiko kar­dio­vasku­lar. Sedan­gkan semakin ting­gi badan akan memi­li­ki banyak sel di tubuh, dan kemu­ngk­i­nan besar sel terse­but akan lebih besar mutasinya ser­ta mem­ba­hayakan tubuh seseorang.

Untuk men­gu­ran­gi risiko terse­but maka per­lu per­an pemer­in­tah melakukan pence­ga­han stunt­ing. Den­gan adanya hal terse­but maka diper­lukan pemer­ataan ekono­mi untuk men­gu­ran­gi kemiski­nan dan mence­gah kema­t­ian pada ibu dan bayi baru lahir.

Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­catat AHH perem­puan Provin­si Jawa Timur pada tahun 2020 rata-rata sebe­sar 74,16 tahun. Hal ini dap­at diin­ter­pre­tasikan bah­wa bayi perem­puan yang lahir pada 2020 memi­li­ki pelu­ang berta­han hidup hing­ga usia 74,16 tahun. 

Data AHH perem­puan di Provin­si  Jawa Timur pada tahun 2016–2020 dap­at diak­ses di bps.go.id.  Laman terse­but akan menampilkan berba­gai kri­te­ria data, diantaranya data terkait sosial dan kepen­dudukan. Di dalam pil­i­han data sosial dan kepen­dudukan meny­im­pan berba­gai jenis data terkait gen­der, poli­tik, hing­ga tena­ga kerja.

Untuk menge­tahui bera­pa AHH perem­puan di Provin­si Jawa Timur pada tahun 2016–2020 dap­at dip­il­ih data jenis gen­der. Secara otoma­tis laman BPS akan mema­parkan kon­sep, metodolo­gi, tabel/indikator, pub­likasi, tabel dinamis, dan prana­ta luar terkait gen­der. Gunakan pil­i­han tabel dinamis untuk mem­per­mu­dah pengam­bi­lan data tahun 2016–2020. Kemu­di­an pil­ih indika­tor AHH perem­puan menu­rut Kota/Kabupaten dan jenis kelamin.

Tabel dinamis meru­pakan struk­tur data yang dap­at dibu­at sesuai den­gan kebu­tuhan. Tabel ini digu­nakan untuk pen­go­la­han data­base seper­ti keuan­gan, jum­lah pen­duduk atau pen­go­la­han lain­nya. Tabel dinamis ini ser­ing dite­mukan pada data yang sifat­nya berkala. Berbe­da den­gan data sta­tis­tik yang sifat­nya tetap dan tidak berubah. Hal ini dikare­nakan pem­baru­an data yang dilakukan akan mem­pen­garuhi data dinamis tersebut.

Den­gan tampi­lan seder­hana sebuah tabel dinamis mem­per­mu­dah dalam pem­ba­caan sebuah data. Hal ini dikare­nakan data dalam sebuah tabel telah dikelom­pokkan. Den­gan adanya pem­ba­caan tabel yang mudah, mem­per­cepat dalam pros­es pen­guba­han data men­ja­di infor­masi atau narasi. Namun, data dalam tabel dinamis dap­at diubah lang­sung dari web­site pengam­bi­lan tabel. Hal ini dap­at mem­pen­garuhi infor­masi atau narasi yang telah dis­ajikan. Berikut adalah cara pengam­bi­lan tabel dinamis di laman BPS (bps.go.id).

Untuk mem­per­mu­dah pen­gelom­pokkan tahun AHH perem­puan dap­at dilakukan check­list yang ter­da­p­at di sebe­lah indika­tor. Kemu­di­an pil­ih tam­bah untuk memisahkan indika­tor dan wak­tu yang telah dipilih

Untuk pros­es selan­jut­nya dap­at memil­ih provin­si atau kabu­pat­en yang diper­lukan. Untuk menge­tahui rata-rata AHH perem­puan di Jawa Timur sendiri harus check­list Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Lalu memil­ih tata letak atau tabel yang digu­nakan, kemu­di­an klik dan pil­ih sub­mit.

Tampi­lan akan berubah di tab baru, dan ter­da­p­at berba­gai macam jenis data den­gan for­mat berbe­da. Untuk memas­tikan bera­pa AHH perem­puan tahun 2016–2020 dap­at men­gun­duh data dalam ben­tuk Excel.

Hal yang ser­ing ter­ja­di dalam pen­gun­duhan data ben­tuk Excel, tampi­lan tidak sama seper­ti data di web­site. Untuk pros­es selan­jut­nya, data yang telah diun­duh dari BPS den­gan for­mat Excel per­lu diber­sihkan ter­lebih dahu­lu. Untuk hal ini berfungsi untuk mem­per­mu­dah pen­car­i­an rata-rata AHH perem­puan tahun 2020. Data yang telah diun­duh dap­at dibu­ka kemu­di­an sorot dan pil­ih “Data”, kemu­di­an ubah dari “Text to Columns”.

Untuk mem­per­mu­dah per­hi­tun­gan atau infor­masi terkait visu­al­isasi dap­at men­gubah­nya di Google Sheets. Copy ter­lebih dahu­lu data yang telah diubah men­ja­di for­mat kolom dari Excel ke Google Sheets. Lalu paste ke Google Sheets . Kemu­di­an atur data dalam ben­tuk angka den­gan memil­ih “For­mat”, lalu pil­ih “Angka” (sesuai gam­bar). Hal ini akan mem­per­mu­dah dalam pros­es penghi­tun­gan rata-rata.

Keti­ka data yang telah diubah men­ja­di angka tidak dap­at dihi­tung, maka pros­es pem­ber­si­han pun diper­lukan. Fungsi dari pros­es pem­ber­si­han digu­nakan untuk mende­tek­si angka yang tidak ter­ba­ca, maupun for­mat data yang tidak sesuai sehing­ga tidak dap­at dihi­tung meng­gu­nakan rumus. Untuk pros­es pem­ber­si­han, dap­at pil­ih “Data” lalu “Saran pem­ber­si­han”. Sebe­lah kanan Google Sheets akan muncul peringatan dan jenis data yang rusak.

Jika masih men­gala­mi kendala dalam penghi­tun­gan, dap­at men­gubah for­mat data. Sorot data yang diubah lalu klik “Edit”. Sete­lah itu akan muncul beber­a­pa pil­i­han dan klik Cari dan gan­ti (Sesuai pada gam­bar. Kare­na data per­lu diubah, per­lu mema­sukkan 0,00 untuk menghi­langkan angka yang tidak diper­lukan. Lalu check­list cocokkan huruf besar/kecil kemu­di­an pil­ih gan­ti semua.

Kemu­di­an akan muncul data seper­ti gam­bar di bawah ini. Lalu ubah for­mat titik (.) men­ja­di (,) den­gan cara mema­sukkan (SUBSTITUTE (teks untuk ditelusuri ;telusuri; gan­ti den­gan; [jumlah_kemunculan]

Masukkan rumus, pil­ih kolom dan baris yang ingin diubah. Sete­lah berubah sesuai den­gan gam­bar di atas, kemu­di­an dap­at men­cari rata-rata den­gan rumus (AVERAGE (nilai1; [nilai2]). 

Dari penghi­tun­gan di atas, dite­mukan rata-rata AHH perem­puan di Jawa Timur pada 2020 sebe­sar 74,16 tahun, pada 2019 sejum­lah 74,03 tahun, dan 2018 sejum­lah 73,82 tahun, ser­ta 73,96 tahun pada 2017. Sedan­gkan AHH perem­puan di Jawa Timur pada tahun 2016 tidak dite­mukan di  tabel dinamis BPS

Dap­at dis­im­pulkan bah­wa AHH perem­puan di Jawa Timur mulai tahun 2016 hing­ga 2020 pal­ing ren­dah ada di tahun 2018. Dap­at diin­ter­pre­tasikan bah­wa bayi perem­puan yang lahir pada tahun 2018 hanya memi­li­ki pelu­ang berta­han hidup hing­ga usia 73,82 tahun.

Penulis: Aini
Edi­tor: Ulum